Comscore Tracker
TECH

Grup Modalku Raih Pendanaan Rp2 Triliun dari SoftBank

Dana digunakan untuk pengelolaan B2B payment UMKM.

Grup Modalku Raih Pendanaan Rp2 Triliun dari SoftBankIlustrasi Modalku, Dok Istimewa

by Suheriadi

Jakarta,FORTUNE - Grup Modalku melalui Funding Societies yang merupakan platform pendanaan digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memperoleh pendanan senilai US$ 144 juta atau setara Rp2,06 triliun. Pendanaan tersebut dilaksanakan dalam Seri C+ yang dipimpin oleh SoftBank Vision Fund 2. 

Selain itu, perusahaan juga menerima fasilitas dana pinjaman sebesar US$150 juta dari pendana institusi di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia yang sebagian telah dicairkan sejak 2021. Pendanaan ini menyusul ronde Seri C senilai US$45 juta yang diperoleh antara tahun 2020 dan 2021.  

Co-founder Funding Societies atau Modalku, Reynold Wijaya mengatakan, pihaknya akan memperluas bisnis menuju neobanking. "Kami berkomitmen untuk dapat mendukung UMKM lebih baik, memperkuat kehadiran kami di Asia Tenggara, dan membawa dampak positif yang lebih besar ke masyarakat," kata Reynold melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (16/2).

Dana digunakan untuk pengelolaan B2B payment UMKM

Menurutnya, pendanaan yang diraih akan memperkuat posisi Grup Modalku sebagai salah satu leader dalam pendanaan digital regional. Reynold menyatakan, dana tersebut akan digunakan perusahaan untuk mengelola pengeluaran serta meningkatkan layanan business to business (B2B) payments bagi UMKM di Asia Tenggara. 

Dirinya jugamenjelaskan, senilai US$ 16 juta atau sekitar Rp 229 miliar dari pendanaan terbaru ini akan digunakan untuk berkontribusi ke opsi rencana saham perusahaan dalam bentuk pembelian kembali saham bagi karyawan terdahulu maupun saat ini. 

Penyaluran pembiayaan Grup Modalku tembus Rp 29,4 triliun

Grup Modalku saat ini sudah memiliki lisensi di empat negara ASEAN, yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan sudah beroperasi di Vietnam. 

Hingga saat ini, Grup Modalku tercatat telah menyalurkan pendanaan usaha lebih dari Rp 29,4 triliun kepada lebih dari 4,9 juta transaksi pinjaman UMKM di Asia Tenggara. 

Grup Modalku juga  terus berupaya membantu  UMKM dalam memecahkan permasalahan finansial. Di mana Grup Modalku hadir untuk menawarkan pinjaman hingga Rp 2 miliar yang dapat dicairkan dalam waktu 24 jam, sehingga menjadi solusi bagi para UMKM terhadap tantangan terkait akses modal untuk bisnis. 

Managing Partner SoftBank Investment Advisers Greg Moon juga menambahkan, Grup Modalku bisa hadir dan menjembatani para pengusaha untuk mengakses pendanaan yang lebih sesuai kebutuhan mereka. 

"Kami senang dapat mendukung misi mereka berkontribusi bagi Asia Tenggara dengan mendanai UMKM yang layak namun belum terlayani," kata Greg. 

Pendanaan Group Modalku hingga akhir 2021 tembus US$ 1 Miliar

Sebagai informasi saja, pendanaan tahunan Grup Modalku, telah melebihi US$1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun pada Kuartal-4 2021. Selain itu, sebagian dari fasilitas dana pinjaman yang didanai Grup Modalku tersebut berasal dari pendana institusi yang berbasis di Eropa. 

Sejak 2019, Grup Modalku telah memperluas layanan keuangannya di luar pinjaman dan berencana untuk melakukan ekspansi ke lebih banyak lokasi di Asia Tenggara dalam 12 bulan ke depan.

Related Articles