Comscore Tracker
TECH

Mengenal Dunia Metaverse, Teknologi Terbaru dari Facebook

Metaverse berhubungan dengan dunia nyata?

Mengenal Dunia Metaverse, Teknologi Terbaru dari FacebookIlustrasi Metaverse/ Shuterstock Poptika

by SuheriadiSurti

Jakarta,FORTUNE - Metaverse adalah sebuah istilah yang baru-baru ini ramai diperbincangkan oleh para pengguna internet. Hal ini karena media sosial Facebook yang kini berubah nama menjadi Meta berencana mengadopsi konsep metaverse.

Lantas sudah tahukah Anda apa itu metaverse? Simak penjelasan berikut mengenai metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah ruang virtual yang diciptakan sebagai versi digital dari berbagai aspek yang ada di dunia. Bahkan, metaverse juga berhubungan langsung antara interaksi manusia maupun fungsi ekonomi.

Sementara itu, dari segi etimologis sendiri metaverse berasal dari kata meta yang memiliki arti 'melampaui' dan verse yang berarti 'alam semesta'. Jadi metaverse bisa diartikan sebagai 'sebuah ruang yang melampaui semua hal yang terlihat di dunia ini'.

Dengan demikian, dapat disimpulkan metaverse ialah ruang virtual yang membuat kita bisa berinteraksi satu dengan lain layaknya di dunia nyata.

Karakteristik metaverse

Pengalaman metaverse sebenarnya pernah Anda rasakan, salah satunya melalui dunia game online, seperti Minecraft, Roblox, atau The Sims. Hal tersebut memberi bukti bahwa metaverse bukan merupakan sebuah hal baru, hanya belum diperhatikan.

Melalui metaverse, teknologi menghubungkan dunia virtual dengan dunia nyata melalui digitalisasi atau tautan koordinat grafis yang sebenarnya. Jadi, dapat dikatakan metaverse menjadi jembatan dunia virtual dan dunia nyata.

Metaverse sendiri dapat dikenali dengan beberapa karakteristik dasar di antaranya:

  • Karakter persisten, yakni metaverse akan terus berjalan tanpa pernah mengalami jeda dan tidak akan pernah berakhir.
  • Karakteristik real-time atau didesain secara real-time. Dengan demikian, waktu jam dan tanggal metaverse disamakan dengan dunia nyata.
  • Karakteristik ekonomi, di ruang metaverse, aktivitas jual beli berfungsi secara penuh. Selain itu, transaksi produk dan layanan dilakukan dengan mata uang asli berbasis blockchain.

Kegiatan yang biasa dilakukan di metaverse

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di metaverse, yakni mulai dari konser virtual, melihat karya seni, melakukan perjalanan secara online, hingga melihat pakaian digital untuk dibeli.

Selain itu, dunia virtual ini juga mendukung bagi Anda yang bekerja dengan sistem Work From Home. Suasana kerja akan tampak nyata dengan bersama-sama bekerja di kantor virtual.

Perusahaan Facebook telah meluncurkan Horizon Workrooms sebuah software meeting dan headset Oculus VR-nya. Hal ini membuat pengalaman Anda di dunia metaverse semakin nyata dan menjangkau orang lebih luas lagi.

Metaverse adalah bentuk internet yang ditingkatkan

Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa gambaran metaverse sendiri adalah internet yang tingkatkan. Di sini, para pengguna memiliki pengalaman yang berbeda saat berselancar di internet dengan mengakses aplikasi atau halaman web 2D.

Metaverse tidak hanya sekedar proyek dari Facebook saja. Beberapa perusahaan teknologi, seperti Microsoft dan pembuat chip Nvida, juga menjadikan metaverse sebagai objek yang menarik untuk diperbincangkan.

Pihak Facebook juga menyatakan bahwa metaverse bukan sekedar produk tunggal dari satu perusahaan saja. Metaverse seperti internet, baik dari Facebook atau tidak.

Berbagai perusahaan juga melirik metaverse sebagai rencana jangka panjang, seperti perusahan video game Epic Games, platform game Roblox, hingga rumah mode Italia Gucci.

Metaverse di kripto

Luasnya bisnis kripto juga membuat para pegembang memanfaatkan metaverse sebagai peluang bisnis. Dilansir laman Medium, Arthur Madrid selaku CEO dan salah satu pendiri The Sandbox juga mengatakan bahwa teknologi blockchain dan cryptocurrency akan memainkan peran penting dalam pertumbuhan metaverse di masa depan.

Dengan begitu, ada beberapa jenis kripto yang juga ikut ada dalam metaverse, di antaranya Axie Infinity (AXS), Decentraland (MANA), The Sandbox (SAND), THETA (THETA) hingga Enjin Coin (ENJ) dan Sushiwap (SUSHI). Itulah pengertian Metaverse.

Metaverse adalah sebuah bentuk baru dari dunia virtual. Jadi, apakah Anda sudah siap dengan teknologi terbaru ini?

Related Articles