5 Strategi Bisnis Kopi Untuk Antisipasi Musim Liburan

Liburan bisa membuat rugi dan untung bagi bisnis kopi.

5 Strategi Bisnis Kopi Untuk Antisipasi Musim Liburan
ilustrasi kedai kopi (pexels.com/Afta Putta Gunawan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan adalah momentum membuka peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi Bisnis Kopi. Pada satu sisi, menurunnya aktivitas harian masyarakat bisa mengakibatkan penurunan penjualan. Di sisi lain, momentum liburan bisa mendongkrak penjualan.

Pebisnis kopi bila tidak mengantisipasi libur nasional, bisa saja mengalami penurunan omset, kenaikan biaya produksi bahkan tantangan internal. Meski pada saat libur nasional finansial masyarakat sedang dalam kondisi baik, namun daya beli terpusat untuk kebutuhan liburan keluarga.

Oleh sebab itu, liburan perlu disikapi secara strategis oleh para pemiiki bisnis kopi. Memanfaatkan momen liburan menjadi sebuah potensi yang mendukung bisnis kopi terus beroperasi, dibutuhkan rencana yang tepat dengan pertimbangan yang logis.

Menukil dari laman Otten Coffee, berikut beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan oleh bisnis kopi selama musim liburan, untuk mendulang keuntungan.

Ciptakan menu kopi edisi liburan

ilustrasi bisnis kopi (unsplash.com/Tina Guina)

Masa liburan bisa dimanfaatkan oleh bisnis kopi untuk berkreasi dengan produk kopi edisi liburan limited edition

Cara ini bisa diterapkan, dengan melakukan konsep cita rasa musim liburan tersebut, kemasan unik yang didesain secara khusus, dan tentunya promosi dengan cerita paling menyentuh momen liburan.

Beberapa merek ternama di bisnis kopi sudah mulai sebulan sebelum memasuki libur panjang, kedai kopi sudah mulai mengeksplorasi resep kopi spesial secara khusus, hingga roastery pun sudah mulai meneliti racikan kopi house blend untuk mendukung aktivitas minum kopi di libur panjang.

Buat paket kopi khusus liburan

ilustrasi kopi termahal di dunia (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Beberapa pembeli memanfaatkan masa liburan untuk membeli apa yang ingin mereka beli, karena banyak penawaran khusus hanya di masa-masa liburan. Pebisnis kopi sudah pasti harus memanfaatkan momen untuk menjangkau pembeli yang memburu penawaran spesial di libur panjang ini.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah membuat pake beberapa produk kopi dalam edisi terbatas. Bahkan, paling berkesan lagi ketika paket produk tersebut bisa dikustomisasi oleh pembeli sehingga menciptakan ruang interaktif terkait apa yang mereka butuhkan.

Sebelum merencanakan paket produk liburan, lakukan analisa produk apa yang diharapkan oleh para pembeli melalui media sosial atau survei berhadiah potongan harga eksklusif.

Lakukan personalisasi pelanggan

ilustrasi kopi termahal di dunia (unsplash.com/Mike Kenneally)

Hubungi rekanan bisnis kopi atau pelanggan, sampaikan secara personal karena telah menjadi mitra bisnis sejak lama, hadiahkan penawaran menarik dari produk-produk kopi pilihan.

Anda juga dapat menyampaikan kumpulan penawaran dari ragam produk, hingga katalog penawaran bersama hadiah eksklusif yang didesain secara khusus.

Banyak program penawaran yang bisa dirancang dengan menganalisa secara tepat bentuk penawaran seperti apa yang berkesan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menawarkan kustomisasi paket hadiah liburan, ajakan kolaborasi untuk menciptakan paket penawaran bersama, bahkan memberikan komplimen produk kopi tertentu untuk pemesanan dalam jumlah tertentu pula selama masa liburan.

Buat paket hadiah untuk instansi yang ingin berbagi ke karyawan

Proses pemanggangan kopi. (ShutterStock/MISTER DIN)

Beberapa instansi memiliki inisiatif untuk memberikan penghargaan pada karyawa berupa hadiah menyambut liburan. Namun, bayangkan jika karyawan yang ingin dihadiahi berjumlah 100 orang, pasti merepotkan.

Pebisnis kopi bisa menangkap peluang ini dengan menghadirkan penawaran paket hadiah ke karyawan. Produknya beragam, bisa berupa biji kopi maupun alat kopi traveling dan lainnya.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan merancang penawaran ke instansi untuk menjadi hadiah karyawan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Atur produk kopi apa saja yang masuk ke dalam paket hadiah untuk karyawan mereka, berikan penawaran melalui harga beli, volume beli, dan mendetail tentang paket kopi hadiah tersebut.
  2. Atur tenggat waktu untuk menerima pesanan, karena kamu tidak akan bisa menangani pesanan dalam jumlah banyak di hari yang sama akan diberikan satu per satu.
  3. Atur alamat pengiriman dan metode pengantaran paket hadiah karyawan, apakah kamu sendiri yang akan mengantarkannya atau menggunakan jasa pengantaran.

Hadirkan promosi berkesan dan menarik

Mesin roaster kopi di gerai '% Arabica' Gunawarman, Jakarta. (Fortuneidn/Bayu)

Beberapa strategi promosi bisa Anda terapkan menyambut hari libur panjang dengan mempertimbangkan produk kopi apa yang akan ditawarkan dan adaptasi strategi promosinya.

Lakukan konten promosi yang berkesan dan menarik perhatian pembeli untuk melakukan pembelian di momen liburan, berikut rekomendasi taktik promosinya:

  1. Program loyalitas adalah promosi yang memberikan penghargaan khusus yang terkesan hanya untuk para pelanggan yang loyal, tujuannya untuk membuat pembeli datang kembali.
  2. Harga terbatas adalah promosi dengan harga khusus yang bertujuan untuk menghadirkan urgensi agar membeli produk pada saat itu juga, bisa berupa gratis produk tertentu, gratis ongkos kirim, maupun potongan harga.
  3. Potongan harga berdasarkan kuantitas adalah promosi yang menghadirkan potongan harga jika membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa membuat penawaran promosi dengan produk lain yang masih bersinggungan misalkan dripper dan kettle kopi.

Demikian beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi musim liburan dan memastikan bisnis kopi bisa tetap berjalan lancar, tanpa khawatir terjadi penurunan pendapatan karena alokasi biaya liburan dari para konsumen.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI