BUSINESS

Ini Prediksi Tren Industri Kopi Indonesia di Tahun 2024!

Kopi makin disukai, lebih dari sekadar gaya hidup.

Ini Prediksi Tren Industri Kopi Indonesia di Tahun 2024!Biji kopi di karung. (ShutterStock/Visual Intermezzo)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

27 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia tentu memiliki ciri khasnya sendiri dan perjalanan industri yang berbeda dengan negara penghasil kopi lainnya. Pada 2024, tren Industri Kopi di Indonesia pun akan memasuki babak baru.

Melansir dari laman resmi Otten Coffee, industri kopi memiliki daya tarik tersendiri, bahkan kultur peminum kopi yang masif secara organik menciptakan tren kopi. Peminat yang menggemari aktivitas minum kopi masih tetap bertambah, baik minum kopi di kedai kopi sambil menikmati ruang sosial hingga minum kopi di rumah dengan menyeduhnya sendiri.

Selain itu, variasi resep minuman kopi bermunculan, inovasi kecanggihan peralatan kopi pun seakan tiada henti. Menyambut tahun 2024, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas beberapa hal yang mungkin akan ramai berdasarkan pengamatan personal melalui beberapa literatur yang diulas Otten Coffee.

Peracik kopi rumahan makin banyak

Segelas kopi hangatilustrasi kopi (unsplash.com/John Schnobrich)

Tren peminum kopi di kedai kopi untuk menikmati ruang sosial tidak berkurang, hanya saja peminum kopi semakin banyak yang lebih memilih untuk meracik sendiri resep kopi mereka. Akses biji kopi specialty dan ragam peralatan kopi yang sesuai dengan selera penyeduhan kopi, kini makin mudah didapatkan. Bahkan, bisa dibeli langsung di berbagai tempat secara offline maupun online.

Memasuki 2024, peminum kopi yang menggemari aktivitas meracik minuman kopi di rumah diperkirakan akan makin banyak. Mereka mencoba variasi resep kopi favorit mereka, mulai dari manual brew, espresso milk based dan coffee mocktail.

Peralatan kopi makin canggih dan gaya

mesin kopiilustrasi mesin kopi (dok.nespresso.com)