Bantu Bisnis UMKM, Lazada Perkuat Integrasi Logistik dengan Teknologi

JaringaLazada Logistics ada di lebih dari 500 kota Indonesia

Bantu Bisnis UMKM, Lazada Perkuat Integrasi Logistik dengan Teknologi
Operasional Lazada Logistics. (dok. Lazada)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lazada Indonesia mengembangkan sistem logistik terintegrasi dengan layanan berbasis teknologi, yang akan memudahkan mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya secara online.

SVP Logistics Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja, mengatakan infrastruktur dan jaringan logistik Lazada akan terus fokus mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. “Dukungan teknologi berbasis data serta jaringan luas terintegrasi di Indonesia dan Asia Tenggara memungkinkan kami menjalankan operasional logistik yang efektif dan efisien, serta memberikan layanan logistik berkualitas dengan harga kompetitif,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (13/9).

Melalui layanan logistik yang terintegrasi dan berbasis teknologi, kata Adiputra, Lazada Indonesia mampu mendorong UMKM, memenuhi kebutuahn pelanggan di setiap saluran penjualannya. Hal ini dinilai tak hanya menguntungkan bagi UMKM dan para pelanggan saja, namun juga bagi seluruh pemangku kepentingan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

Basis teknologi

Operasional Lazada Logistics. (dok. Lazada)

Adiputra menuturkan, salah satu kecanggihan teknologi Lazada Logistics yang digunakan untuk mendukung armada mitra kurir Lazada adalah teknologi smart allocation dan smart routing.

Teknologi ini masing-masing dapat memastikan kualitas layanan logistik dan kelancaran pengiriman dalam mengatur pembagian paket dan membantu mitra kurir mencari rute pengiriman paket secara efisien.

Selain itu, sistem live tracking yang tertanam dalam ekosistem layanan logistic Lazada pun mempermudah pemantauan pengiriman paket secara real-time. “Penggunaan berbagai teknologi juga memungkinkan kami untuk menjaga produktivitas sembari menjalankan operasional logistik yang efisien dan efektif,” ujarnya.

Inisiatif ‘Handle with Care’ sebagai landasasan logistik Lazada akan menjamin penanganan paket di setiap proses logistik dilakukan dengan baik dan dikirim tepat waktu secara utuh. Pelanggan dapat berbelanja di platform Lazada dengan menyenangkan, aman, dan terpercaya.

Jaringan gudang logistik

Armada Lazada Logistics yang layani distribusi barang jualan di Lazada. (dok. Lazada)

Saat ini, jaringan Lazada Logistics terdapat di lebih dari 500 kota di Indonesia, dengan lebih dari 15.000 karyawan dan mitra kurir. Jaringan ini juga tersebar di enam negara di Asia Tenggara–Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

“Seluruh fasilitas yang ada di Lazada Logistics juga memungkinkan kami untuk memproses jutaan paket setiap harinya dengan mulus, termasuk pada saat festival belanja online seperti saat ini, di mana jumlah paket yang kami tangani meningkat tajam,” kata Adiputra.

Adapun, gudang Lazada Indonesia yang berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, menjadi gudang e-commerce terbesar di Indonesia, yang menempati lahan lebih dari 90.000 meter persegi. Gudang ini pun menjadi fasilitas logistik utama Lazada Logistics dengan berbagai solusi logistik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis di Indonesia.

Selain layanan seperti Multi-channel Logistics atau Contract Logictics yang memudahkan bisnis para mitra Lazada, infrastruktur gudang–seperti di Cimanggis–mengakomodir kebutuhan mitra bisnis dalam penyimpanan, sehingga mereka hanya perlu fokus pada pengembangan bisnis tanpa harus berpikir soal pengiriman atau pemindahan produk.

“Kami mampu menawarkan harga yang kompetitif untuk para mitra brand dan penjual UMKM kami,” kata Adiputra.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya