BUSINESS

Lazada Group Perkuat Komitmen Keberlanjutan Melalui Blue Vehicle

Lazada membuka kerja sama dengan banyak mitra strategis.

Lazada Group Perkuat Komitmen Keberlanjutan Melalui Blue VehicleArmada Blue Vehicle. (Lazbeat,com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Lazada Group memperkuat komitmennya pada aspek keberlanjutan melalui armada pengiriman paket yang ramah lingkungan melalui prgram Blue Vehicle.

Chief Logistic Officer Lazada Indonesia, Philippe Auberger, mengatakan bahwa Blue Vehicle merupakan bagian dari upaya Lazada Group dalam mengurangi jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan. “Lazada berkomitmen untuk membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang dijalankan diantaranya melalui kerja sama dengan para mitra strategis,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (27/6).

Salah satu mitra strategis yang digandeng Lazada dalam program ini adalah Westbike Messenger Service (WMS), sebuah layanan pengiriman paket dengan menggunakan sepeda. “Kami sangat mengapresiasi para mitra kurir sepeda yang berbagi semangat ramah lingkungan yang sama dengan kami dan berperan penting dalam mendukung operasional berkelanjutan di Lazada,” kata Auberger.

Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics telah tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan bakal diperluas ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Mitra kurir

Kurir sepeda Blue Vehicle dari Lazada Logistics.Kurir sepeda Blue Vehicle dari Lazada Logistics. (dok. Lazada)

Salah satu mitra kurir Lazada Logistics dari Hub Malang, Ervanny Alexander Redyan, menceritakan, sudah setahun bekerja sebagai kurir paket dengan menggunakan sepeda. Baginya, pekerjaan ini bukan sekadar hobi, namun juga jadi sumber pendapatan, yang sejalan dengan misi keberlanjutan Lazada.

Ketika ada pelanggan bertanya mengenai armada yang ia gunakan, ia selalu menjelaskan soal upaya perusahaan mengurangi polusi udara. “Tidak hanya baik untuk lingkungan kita, tapi juga untuk diri kita sendiri. Dapat sehatnya, dapat juga kebaikannya,” katanya.

Ervan berharap kerja sama kurir sepeda dari WMS dan Lazada Logistics ini bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungan di kotanya, Malang. “Saya melihat belum banyak perusahaan logistik yang memulai langkah seperti ini,” ujarnya.

Upaya lainnya

Kemasan ramah lingkungan kolaborasi Eiger dan Lazada.Kemasan ramah lingkungan kolaborasi Eiger dan Lazada. (Fortuneidn/Bayu)