Strategi Memasarkan Karya Musik Agar Bisa Dikenal Publik

Pastikan Anda sudah memiliki karya lagu yang berkualitas.

Strategi Memasarkan Karya Musik Agar Bisa Dikenal Publik
Ilustrasi Studio rekaman. (Shutterstock/Gorodenkoff)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEMusik adalah bagian dari ekonomi kreatif yang menghadirkan peluang karir, tak terkecuali bagi musisi independen. Namun, pada tahapan Strategi pemasaran atau promosi musik kepada Publik merupakan salah satu tantangan yang biasa dialami para pemusik.

Banyak musik yang dibuat dengan kualitas baik secara independen, namun tidak banyak dikenal oleh publik. Padahal, dengan perkembangan teknologi saat ini, promosi musik bisa semakin dipermudah.

Hal ini memberikan peluang bagi musisi independen untuk memulai karir mereka tanpa dukungan label besar atau anggaran yang besar. Namun, dengan semakin banyaknya artis yang tidak memiliki kontrak yang mencoba untuk menonjol di industri musik, banyak talenta baru menghadapi tantangan dari mana dan bagaimana mempromosikan musik mereka secara efektif.

Oleh karena itu, situs Ampedstudio.com, menyebutkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan karya lagu Anda, sebelum akhirnya bisa dijual ke publik dan diterima baik oleh masyarakat. 

Buat situs web resmi

Sebelum mempromosikan karya lagu, pastikan penggemar atau target audience Anda bisa dengan mudah menemukannya secara online.

Oleh sebab itu, sebagai langkah awal Anda dapat membuat situs musik yang menampilkan semua informasi tentang karya musik Anda, mulai dari profil, tautan dengan media sosial, sampai cara untuk mengontak manajemen Anda.

Selain itu, keberadaan situs web menunjukkan profesionalitas Anda sebagai seorang musisi bisa berdampak pada kepercayaan para konsumen yang mungkin belum menjadi penggemar Anda. Manfaatkan teknologi untuk membuat situs web secara instan, mudah, dan tentunya murah.

Buat email resmi

Langkah berikutnya adalah membuat email resmi, untuk jadi sarana promosi dan komunikasi selanjutnya.

Dengan pemasaran email, Anda memiliki akses langsung ke kotak masuk orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan musik Anda.

Jika penggemar memberikan alamat emailnya kepada Anda, hal ini menunjukkan mereka memiliki  ketertarikan dengan musik Anda, rilis lagu terbaru atau tur mendatang Anda lebih mungkin diterima oleh mereka dibandingkan postingan media sosial, yang mungkin memiliki keterbatasan jangkauan karena algoritma platform.

Pastikan lagu ada di platform streaming musik

Saat ini banyak platform streaming musik populer yang sudah tersedia, seperti Spotify, Apple Music, sampai Amazon.

Untuk bmemasarkan musik Anda, Anda harus bisa memastikan musik Anda bisa ditemukan secara mudah oleh para penggemar maupun calon penggemar Anda. Hal ini bisa jadi cara terbaik untuk berpromosi, tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Untuk mengoptimalkan penggunaannya, Anda bisa membuat playlist yang menggabungkan lagu Anda dengan sejumlah lagu begenre sama, yang sudah lebih dulu populer dari para musisi. Bila lagu Anda menarik bagi pendengar, mereka bisa mencari tahu lebih lanjut, tentang lagu Anda yang menarik untuk mereka dengar.

Kelola jaringan media sosial

Seperti halnya para kreator konten, media sosial adalah platform yang sangat penting untuk mempromosikan karya musik Anda.

Platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Facebook tetap menjadi sarana penting bagi musisi untuk mempromosikan musik mereka dan terhubung dengan pendengar baru.

TikTok juga memiliki peran penting dalam penemuan musik. Musisi dapat memanfaatkan platform ini untuk berbagi kreativitas mereka dan berinteraksi dengan khalayak yang lebih luas.

Bekerja sama dengan stasiun radio

Langkah ini memang merupakan salah satu metode tradisional untuk mempromosikan lagu Anda, namun sangat layak untuk dilakukan.

Stasiun radio lokal sering kali mencari musik baru untuk diputar, terutama oleh artis dari daerah tersebut. Selain itu, saat ini juga sudah banyak terdapat saluran radio yang konsepnya streaming online.

Musisi dapat menghubungi stasiun-stasiun ini dan membagikan lagu terbaru mereka, meskipun itu berarti melakukan panggilan telepon atau mengirim email dingin. Ini mungkin memerlukan usaha, namun mendapatkan eksposur ke khalayak yang lebih luas akan sangat bermanfaat.

Melakukan publikasi media

Dalam berpromosi, keberadaan jurnalis musik atau media-media pemberitaan cukup penting untuk membantu Anda. Untuk itu, pendekatan pada mereka sebagai bagian dari publikasi harus dilakukan. Membuat siaran pers elektronik yang mencakup semua informasi relevan tentang Anda dan musik Anda sangatlah penting.

Menampilkan karya Anda di publikasi musik, baik majalah populer atau blog khusus dan publikasi online, dapat menciptakan kegembiraan dan memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan karier musik Anda.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan sebagai musisi, untuk berpromosi atau memasarkan karya lagu orisinil yang Anda buat. Bila lagu Anda sudah dikenal dan memiliki penggemar, maka bersiaplah untuk berkarya lebih lanjut dan melakukan penampilan secara offline. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?