NEWS

Riset: Penikmat Konser Musik Makin Banyak, Musisi Lokal Lebih Diminati

Jadi peluang untuk menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia.

Riset: Penikmat Konser Musik Makin Banyak, Musisi Lokal Lebih DiminatiIlustrasi keramaian konser musik. (Fortuneidn/Bayu)
12 January 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bisnis Konser musik sepanjang 2023 semakin menggeliat dan  perlahan pulih, setelah pandemi Covid-19. Minat masyarakat Indonesia pada pertunjukkan konser diperkirakan bakal terus meningkat tahun ini. Musisi lokal pun masih menjadi daya tarik yang diminati para pencinta konser musik.

Survei yang dilakukan lembaga penelitian Populix pada lebih dari 1.000 responden berusia 17-55 tahun di Indonesia menunjukkan, minat dan partisipasi masyarakat Indonesia terhadap konser musik terbilang sangat tinggi dengan 77 persen responden mengutarakan ketertarikan untuk menonton konser musik di dalam maupun luar negeri.

Co-Founder & COO Populix, Eileen Kamtawijoyo, mengatakan antusiasme ini akan terus meningkat di tahun 2024. Tingginya antusiasme dan minat masyarakat Indonesia terhadap konser musik ini diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian kreatif dan pariwisata. "Sehingga bisnis dan penyelenggara acara pun harus semakin kreatif dan proaktif untuk memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menikmati hiburan di era pasca pandemi,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (12/1).

Lebih suka musisi lokal

Salah satu konser BMTH.
Salah satu konser BMTH. (IG @bringmethehorizon)

Tingginya animo penonton terhadap musisi lokal juga terungkap dari hasil survei. Sebanyak 51 persen responden memilih penampil konser dari dalam negeri sebagai bintang yang ingin ditonton, disusul oleh penyanyi atau group band K-Pop (26 persen) dan penyanyi atau band internasional lainnya (23 persen).

“Hal tersebut menjadi sinyal positif untuk industri musik di Indonesia,” katanya dalam laporan Populix yang bertajuk ‘Beyond Borders: A Study of Indonesian Concert-Goers' Behavior’.

Para responden mayoritas memiliki preferensi pada harga tiket konser yang kurang dari satu juta Rupiah untuk satu kali menonton konser. Selain itu, mayoritas juga lebih menyukai konser musik dalam bentuk festival, dengan 57 persen responden.

Konser di luar negeri

Konser Blackpink.
Konser Blackpink. (ANTARA FOTO/Rianti)

Related Topics