Produk yang Paling Diminati Konsumen Belanja Online Saat Ramadan

Berikut daftar barang terlarisnya

Produk yang Paling Diminati Konsumen Belanja Online Saat Ramadan
Ilustrasi belanja online (pexels/Negative Space)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Beberapa tahun terakhir, tren belanja online cukup digemari di tengah masyarakat. Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dengan berbelanja online.

Bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun menjadi salah satu kemudahan yang ditawarkan belanja online

Di bulan Ramadan ini, ternyata ada cukup banyak konsumen yang berbelanja lewat berbagai platform belanja online. Barang yang dibeli cukup beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Diantara barang-barang tersebut, ada delapan produk yang paling diminati konsumen belanja online saat Ramadan melansir laman YouGov. Berikut rangkuman daftar barangnya.

1. Paket data internet

Di tahun 2024, ternyata produk yang paling diminati konsumen belanja online saat Ramadan adalah paket data internet.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan YouGov, ada sebanyak 86 persen responden yang mengaku sudah mempersiapkan bujet untuk membeli paket data di bulan Ramadan ini.

Hal tersebut tentu di luar prediksi karena biasanya produk fashion menempati posisi teratas sebagai barang yang paling diminati setiap tahunnya.

Namun, hasil survei berkata lain dengan menunjukkan hasil yang cukup besar pada paket data internet. 

Meskipun begitu, hasil tersebut cukup masuk akal karena penggunaan internet di era ini begitu banyak.

Dilansir dari laman Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, jumlah pengguna Internet di Indonesia berhasil menembus angka 221 juta orang. 

Bayangkan saja ada berapa banyak paket data yang dibutuhkan para pengguna untuk bisa berselancar di Internet. Maka dari itu, kebutuhan internet menjadi hal yang cukup penting di era yang serba digital ini.

2. Produk Fashion

Produk fashion tahun ini berada di peringkat kedua. Hanya terpaut 8 persen saja, tercatat ada 78 persen responden yang mengaku akan membeli produk fashion selama bulan Ramadan.

Barang fashion ini bervariasi mulai dari pakaian, alas kaki, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Di bulan Ramadan dan Idulfitri, tidak lengkap rasanya jika belum membeli pakaian atau barang-barang yang menunjang penampilan.

Bahkan, tidak sedikit toko online yang membuat produk fashion khusus bulan Ramadan bagi para konsumennya. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak konsumen berbondong-bondong membeli berbagai produk fashion selama bulan puasa atau menjelang hari raya Idulfitri.

Selain itu, peningkatan pembelian tersebut juga didorong oleh keinginan untuk tampil rapi dan menarik selama bertemu dengan banyak orang nantinya.

3. Perawatan wajah

Selain dari pakaian, perawatan wajah juga masuk ke wishlist belanja yang dibeli selama bulan Ramadan. Kini, sudah banyak orang yang memulai memperhatikan tampilan wajahnya tetap bersih dan menarik. 

Untuk menunjang penampilan wajah. tidak sedikit yang sudah menyiapkan bujet tersendiri untuk membeli produk perawatan wajah, seperti makeup dan skincare

Hampir sebagian besar konsumen juga memilih e-commerce untuk membeli berbagai produk perawatan wajah tersebut. 

Dari total responden, hampir 70 responden sudah mempersiapkan bujet untuk membeli produk kecantikan di platform belanja online.  

Selain lebih mudah, harga yang ditawarkan juga kerap lebih murah dari toko offline. Tidak jarang, produk yang dijual sudah bentuk paket sehingga lebih praktis untuk dibeli tanpa harus repot membeli item lainnya.

4. Donasi

Rupanya, lebih dari setengah responden yang mengaku akan berdonasi via online di bulan puasa ini. Dengan total 59 persen, donasi masuk ke dalam produk yang paling diminati konsumen belanja online saat Ramadan. 

Di bulan yang penuh berkah ini, tentunya ada banyak umat muslim yang beramai-ramai menambah amal ibadah, mulai dari rajin beribadah, menjalankan puasa, dan lain sebagainya. Berdonasi menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan di bulan puasa ini. 

Maka itu, ada beberapa plaform belanja online yang menyediakan fitur bersedekah atau berdonasi bagi yang ingin berbagi pada sesama.

5. Perlengkapan rumah tangga

Perlengkapan rumah tangga ternyata berhasil membawa namanya dalam produk yang diminati pembeli di bulan Ramadan di peringkat kelima.

Dari hasil survei, total ada 53 persen responden yang akan membeli perlengkapan rumah tangga lewat platform belanja online

Di bulan puasa, ada cukup banyak umat muslim yang lebih memilih untuk memasak menu sahur dan berbuka yang akan disantap bersama keluarga.

Untuk memenuhinya, tentunya membeli perlengkapan rumah tangga di dapur jadi hal utama yang harus dibeli. 

Selain itu, pembelian sofa, kursi, meja, dan perlengkapan untuk ruang tamu ataupun keluarga juga kerap dibeli.

Pada perayaan Idulfitri, akan ada banyak tamu yang datang karena itu mempersiapkan perlengkapan tersebut juga menjadi pertimbangan.

6. Makanan dan minuman

Sama dengan perlengkapan rumah tangga, produk makanan dan minuman juga mendapatkan 53 persen responden yang memilihnya.

Untuk mendukung kebutuhan asupan selama bulan puasa, tentu produk makanan dan minuman masuk dalam daftar belanjaan. 

Selain berbelanja di toko atau mal, ada banyak konsumen yang lebih memilih berbelanja lewat online karena lebih praktis.

Anda tidak perlu repot mengantre atau pergi ke mal untuk berbelanja kebutuhan pokok tersebut, cukup memesannya lewat online, barang akan datang setelah beberapa jam atau hari.

7. Barang elektronik

Rupanya, barang elektronik juga termasuk ke dalam produk yang paling diminati konsumen belanja online saat Ramadan.

Ada sebanyak 48 persen responden yang sudah merencanakan membeli barang elektronik baru selama bulan Ramadan. 

Membeli barang elektronik, tentunya menjadi pertimbangan yang tidak mudah karena harganya yang cukup mahal dari jenis barang lainnya. 

Namun, ada cukup banyak orang yang nyatanya memanfaatkan momen menjelang Idulfitri untuk membeli barang elektronik baru, mulai dari smartphone, laptop, ataupun produk elektronik lainnya.

8. Vitamin dan obat-obatan

Selain berolahraga, Anda juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan selama bulan Ramadan. Ternyata ada sebanyak 44 persen responden yang sudah membeli berbagai kebutuhan tersebut di berbagai aplikasi belanja online

Agar tubuh tetap fit dan sehat selama bulan Ramadan, menjaga kesehatan juga penting. Karena tidak ada asupan yang masuk ke dalam tubuh selama berpuasa, tubuh rentan terhadap berbagai penyakit jika tidak didukung oleh badan yang sehat.

Vitamin dan obat-obatan bisa dijadikan alternatif untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat selama berpuasa. 

Itu tadi beberapa produk yang paling diminati konsumen belanja online saat Ramadan tahun 2024 ini. Dari daftar barang di atas, adakah yang sudah Anda beli atau sudah masuk dalam rencana pembelian selama Ramadan?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu