Progres Perundingan FTA Indonesia dan Eurasian Economic Union

Kedua pihak berhasil menyepakati 2 bab tambahan.

Progres Perundingan FTA Indonesia dan Eurasian Economic Union
Suasana bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (15/11/2021). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Fortune Recap

  • Perundingan I-EAEU FTA memasuki putaran ke-4 di Yerevan, Armenia.
  • Kedua pihak berhasil menyepakati 2 bab tambahan dari 15 bab yang dirundingkan.
  • Delegasi Indonesia dipimpin oleh Johni Martha, delegasi EAEU dipimpin oleh Anton Tsetsinovskiy.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perundingan Perjanjian Indonesia-Eurasian Economic Union Free Trade Agreement (I-EAEU FTA) telah memasuki putaran ke-4 yang dilaksanakan pada 18–20 Maret 2024 di Yerevan, Armenia.

Pada putaran ini, kedua pihak berhasil menyepakati dua bab tambahan. Dengan demikian, Perundingan I-EAEU FTA telah berhasil menyelesaikan 4 dari 15 bab yang dirundingkan.

Pada perundingan, delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan (Kemendag), Johni Martha. Sedangkan Delegasi EAEU dipimpin oleh Head of Division for Special Issues in Trade Regulation, Trade Policy Department, Anton Tsetsinovskiy.

"Perundingan Indonesia-EAEU FTA menunjukkan hasil yang positif," kata Johni dalam keterangan resminya, Jumat (22/3).

Perundingan putaran keempat membahas 13 isu, yaitu penyelesaian sengketa, perdagangan barang, perdagangan elektronik, ketentuan hukum dan isu kelembagaan, pengamanan perdagangan, kerja sama, serta ketentuan asal barang dan standar, transparansi, ketentuan institusi, ketentuan umum, peraturan teknis, dan prosedur penilaian kesesuaian.

Selanjutnya, untuk isu persaingan usaha serta sanitari dan fitosanitari dibahas secara daring setelah putaran keempat.

Pada putaran ini, Indonesia dan EAEU berhasil mencapai kesepakatan terkait bab standar, peraturan teknis dan prosedur penilaian kesesuaian, serta bab transparansi. Sebelumnya, kedua pihak telah menyelesaikan bab administrasi kepabeanan dan fasilitasi perdagangan, serta bab hak kekayaan intelektual.

Perundingan akan dilanjutkan di Indonesia

Johni mengatakan perkembangan substansial juga terlihat pada pembahasan teks ketentuan asal barang, perdagangan elektronik, kerja sama, pengamanan perdagangan, penyelesaian sengketa, ketentuan hukum, dan isu kelembagaan.

Di sisi akses pasar barang, kedua pihak telah menyusun rencana untuk menyelesaikan pembahasan, termasuk pertukaran daftar penawaran (offer list) ke-2 dalam waktu dekat.

“Perundingan putaran selanjutnya direncanakan berlangsung di Indonesia pada Juli 2024. Dengan laju perundingan yang konsisten seperti ini, saya optimistis perundingan Indonesia-EAEU FTA dapat diselesaikan tahun ini sesuai target yang telah ditetapkan,” kata Johni.

Johni mengatakan EAEU merupakan kerja sama ekonomi yang terdiri atas Armenia, Belarus, Federasi Rusia, Kazakhstan, dan Kyrgystan. Perjanjian ini bertujuan untuk mendorong diversifikasi pasar ekspor Indonesia.

“Dengan menjalin hubungan perdagangan yang lebih erat dengan negara-negara di luar Asia dan Eropa Barat, Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada pasar-pasar tradisional,” ujar Johni.

Pada 2023, total perdagangan Indonesia dan EAEU mencapai US$3,8 miliar, turun 12,8 persen dibandingkan dengan 2022 yang tercatat US$4,3 miliar.

Pada tahun yang sama, ekspor Indonesia ke EAEU mencapai US$1,1 miliar, sedangkan impor Indonesia dari EAEU US$2,7 miliar.

Produk ekspor Indonesia ke EAEU pada 2023 didominasi minyak sawit, kopra, perangkat televisi, serta mesin dan peralatan listrik. Sementara produk impor utama Indonesia dari EAEU adalah batu bara, pupuk, produk setengah jadi besi baja bukan paduan, dan gandum.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru 2024, Siapa Saja?
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Hobi Melancong Usai Pandemi, Makau Lirik Potensi Wisatawan RI
Pebisnis RI Jadi Target Bruteforce Karena Literasi Digital Rendah