Niche Market: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menentukannya

Berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar!

Niche Market: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menentukannya
ilustrasi menentukan niche market (unsplash.com/Firmbee.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu niche market, baca artikel ini sampai tuntas. Istilah ini sangat penting untuk dipahami oleh para pebisnis dan marketer.

Niche market menjadi salah satu strategi marketing yang sangat penting untuk diterapkan di tengah persaingan yang begitu ramai. Strategi ini juga sangat mudah sekali untuk diterapkan.

Untuk memudah memahaminya, berikut artikel mengenai pengertian niche market, manfaat, serta cara menentukannya secara tepat. Simak bersama!

Apa itu niche market?

ilustrasi niche market (unsplash.com/Kaleidico)

Niche market adalah bagian dari sebuah strategi dengan cara menargetkan konsumen atau target pasar lebih spesifik. Dengan begitu, produk yang ditawarkan lebih tepat sasaran.

Adapun penentuan target pasar tersebut, mulai dari gender, usia, harga, geografis, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua produk bisa dijual ke semua orang. Dengan menentukan target pasar lebih spesifik, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar, bila dibandingkan menentukan target pasar secara luas. 

Sebagai contoh, dalam industri makanan, terdapat makanan untuk bayi dan orang dewasa. Penentuan inilah yang disebut dengan niche market.

Manfaat niche market

ilustrasi menentukan niche market (unsplash.com/Alvaro Reyes)

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapkan strategi niche market ke dalam bisnis Anda, antara lain:

  • Bisnis menjadi lebih fokus

Niche market dapat membuat bisnis Anda lebih fokus. Hal ini karena target pasar atau calon konsumen yang Anda sasar sudah jelas. Anda hanya perlu fokus menawarkan produk ke niche market tersebut. 

  • Persaingan menjadi berkurang

Manfaat lainnya dari niche market adalah persaingan akan menjadi berkurang. Alasannya adalah Anda tidak memilih target pasar yang terlalu luas.

  • Mudah untuk dikenal orang

Niche market akan membantu bisnis Anda lebih mudah dikenali banyak orang karena kompetitor lebih sedikit. Lain halnya jika target pasar Anda luas yang membuat jumlah kompetitor otomatis menjadi lebih banyak.

Jika produk Anda berhasil menarik minat mereka, orang-orang akan mudah mengenali produk tersebut dan merekomendasikan kepada orang lain.

Cara menentukan niche market

ilustrasi niche market (unsplash.com/UX Indonesia)

Lantas, bagaimana cara menentukan niche market? Simak panduannya berikut ini: 

1. Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan

Cara menentukan niche market pertama adalah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Dalam hal ini Anda bisa membuat riset atau mencari tahu permasalahan pelanggan.

Setelahnya, sesuaikan apakah produk yang Anda buat bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan begitu, produk atau layanan Anda akan lebih mudah diterima oleh pelanggan.

2. Mencari tahu minat bisnis Anda

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mencari tahu minat bisnis Anda. Apakah Anda ingin berfokus ke industri pakaian, kuliner, atau lainnya. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menemukan niche market yang tepat sesuai industri tersebut.

3. Riset kompetitor

Tidak ada salahnya untuk melakukan riset dengan kompetitor lainnya. Langkah ini membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar peluang Anda untuk masuk ke dalam pasar.

4. Tes pasar

Langkah terakhir adalah melakukan tes pasar dengan niche market yang telah ditentukan. Anda bisa mengetesnya dalam 1 minggu atau 1 bulan pertama, apakah bisnis Anda mengalami perkembangan atau tidak.

Itulah tadi artikel mengenai apa itu niche market. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda yang sedang menjadi marketer atau memiliki bisnis.

Related Topics

Niche MarketBisnis

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri