International Trade: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Jenis perdagangan yang terjadi antarnegara.

International Trade: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya
ilustrasi international trade (unsplash.com/Andy Li)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Perdagangan internasional atau international trade adalah jenis perdagangan yang dilakukan antarnegara atau melewati batas-batas nasional, baik barang maupun jasa.

Bagi Anda yang mempelajari ilmu ekonomi, mungkin topik ini sudah cukup familier. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini yang membahas mengenai pengertian international trade, jenis, serta manfaatnya.

Apa itu international trade?

ilustrasi ekspor barang (pexels.com/Khunkorn Laowisit)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, international trade adalah jenis perdagangan dua negara, baik itu kesepakatan antar individu, perjanjian individu dengan pemerintah, maupun kesepakatan antar pemerintah negara.

Secara garis besarnya, perdagangan internasional mencakup kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa, mulai skala kecil maupun impor. Kerja sama antara negara ini bukanlah hal baru yang dilakukan.

Jenis international trade

ilustrasi international trade (unsplash.com/Vidar Nordli-Mathisen)

Selain impor dan ekspor, terdapat beberapa jenis perdagangan internasional yang bisa dilakukan. Berikut jenis international trade yang perlu Anda ketahui:

1. Barter

Barter merupakan jenis perdagangan dengan menukarkan barang dengan tidak melibatkan uang. Pada proses ini kedua belah pihak sudah sepakat dan setuju untuk menukarkan barang, baik dari fungsi maupun bentuk.

2. Package deal

Package deal adalah jenis international trade dengan membuat perjanjian dagang. Adapun perjanjian tersebut berisi ketetapan jumlah dan jenis barang yang akan diekspor atau diimpor.

3. Ekspor dan impor

Ekspor merupakan jenis perdagangan barang atau jasa ke luar negari, baik individu, negara, maupun badan usaha. Barang tersebut dijual ke negara lain yang sekiranya membutuhkannya.

Sementara itu, impor merupakan membeli barang atau jasa dari luar negeri ke dalam daerah pabean atau dalam negeri. Meski begitu, tidak semua barang bisa masuk ke tanah air. Ada jenis barang yang dilarang Direktorat Bea Cukai, seperti senjata api, obat-obatan terlarang, dan sebagainya.

4. Konsinyasi

Konsinyasi adalah jenis perdagangan dengan cara menitipkan barang ke pasar bebas. Nantinya, barang-barang tersebut akan dijual melalui sistem lelang.

Manfaat international trade

ilustrasi ekspor dan impor (pexels.com/Kai Pilger)

Di bawah ini beberapa manfaat international trade yang didapatkan masyarakat maupun negara, yakni:

1. Menjalin hubungan baik antar negara

Manfaat international trade yang didapatkan dirasakan oleh negara adalah terjalinnya hubungan yang baik antar kedua negara. Hal ini memungkinkan untuk mendatangkan hubungan kerja sama di bidang lainnya.

2. Meningkatkan kemakmuran negara

Perdagangan internasional juga dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan suatu negara. Negara yang kelebihan produksi dan negara yang kekurangan produksi saling bertukar barang atau jasa. Hal ini akan meningkatkan pendapatan negara bersangkutan.

3. Memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan

International trade juga menguntungkan perusahaan untuk memasarkan produk secara optimal. Tentu saja akan berdampak pada peningkatan pendapatan.

4. Peluang kerja lebih besar

Perdagangan internasional dapat membuka peluang kerja lebih besar. Hal ini karena tingginya permintaan akan membuat pemilik usaha membutuhkan banyak karyawan. Selain itu, perdagangan internasional tidak hanya sebatas pada barang, tetapi juga pelayanan jasa.

Jadi, international trade adalah jenis perdagangan yang melibatkan dua negara berdasarkan kesepakatan antara individu, kesepakatan individu dengan pemerintah, serta antarpemerintah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI