NEWS

Apa itu Love Scamming? Pengertian, Modus, dan Tips Menghindarinya

Hati-hati, modus penipuan melalui aplikasi kencan online!

Apa itu Love Scamming? Pengertian, Modus, dan Tips Menghindarinyailustrasi love scamming (unsplash.com/Pratik Gupta)
04 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin beberapa dari Anda penasaran apa itu love scamming. Pertanyaan ini ramai diperbincangkan akibat kasus love scamming yang terjadi di Batam, Kepulauan Riau.

Beberapa waktu lalu, aparat kepolisian setempat berhasil menangkap puluhan pelaku penipuan dengan modus love scamming. Aparat kepolisian Indonesia bekerja sama dengan pemerintahan China untuk menuntaskan kasus love sccamming yang melibatkan WNA ini.

Dari 88 orang pelaku, 83 orang adalah laki-laki dan 5 orang lainnya perempuan. 88 pelaku tersebut merupakan warga negara China. Korbannya sendiri pun adalah warga negara China sekaligus orang yang tinggal di negara Tirai Bambu tersebut. 

Berbeda dengan jenis penipuan lainnya, love scamming dilakukan dengan memanipulasi perasaan korbannya, sehingga mereka akan bersedia memberikan apa saja yang diminta pelaku.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih detail apa itu love scamming dan tips menghindarinya!

Apa itu love scamming?

love scamming
ilustrasi love scamming (unspash.com/JESHOOTS.COM)

Romance scam atau love scamming adalah jenis penipuan dengan memanipulasi emosional korban. Para pelaku akan melakukan rayu-rayuan dengan tujuan untuk mendapatkan sejumlah uang dengan berbagai alasan.

Biasanya, pelaku tidak akan menjerat korbannya secara langsung, tetapi melalui aplikasi kencan online atau berbagai platform lainnya. Para penipu akan membuat akun profil palsu dan mulai menjalin hubungan dengan banyak korban. 

Mereka akan memulai dengan hubungan yang baik atau bahkan menggunakan kata-kata yang indah untuk didengar. Pelaku dan korban akan menjalin hubungan di media sosial secara intens.

Korban yang sudah terjebak dalam hubungan romantis palsu menjadi mudah tergoda dan terbuai. Pada saat itulah para pelaku akan mulai menguras harta korban.

Modus penipuan ini sebenarnya sudah lama terjadi. Bahkan, rekor penipuan love scamming ini mencapai US$547 juta atau Rp8,3 triliun pada 2021 lalu.

Modus love scamming

love scamming
ilustrasi love scamming (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Related Topics