Ini Jenis Investasi yang Harus Diketahui dan Paling Populer

Harus pertimbangkan modal, pengalaman, sampai momentum.

Ini Jenis Investasi yang Harus Diketahui dan Paling Populer
ilustrasi investasi (unsplash.com/micheile dot com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sebelum berinvestasi ketahui jenis-Jenis Investasi yang akan dijelaskan di bawah ini. Namun, tak semua investasi bisa dilakukan begitu saja, mengingat banyak pertimbangan yang harus diperhatikan.

Yang harus diperhatikan mulai dari modal, pengetahuan, sampai momentum yang sedang terjadi. Bila kita adalah seorang pemula, tidak perlu kuatir dalam memilih jenis investasi apa yang cocok.

Melansir laman resmi SAP-Xpress, Fortune Indonesia akan mengulas tentang jenis investasi apa saja yang paling cocok untuk pemula?

Deposito

ilustrasi deposito syariah (unsplash.com/ Moja Msanii)

Deposito adalah simpanan yang hanya dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Salah satu karakteristik deposito yang membuat investasi ini aman adalah adanya jaminan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS). Selain itu, hasil bunga deposito umumnya lebih tinggi dari bentuk investasi lainnya. Investasi ini cocok untuk pemula karena cara kerjanya yang cukup mudah bagi kita yang baru belajar.

Deposito bisa dijadikan agunan sekaligus jadi instrumen yang memudahkan kita mengelola keuangan secara lebih terencana, sesuai kebutuhan dan jangka waktu yang diinginkan. Deposito mempunyai jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, dan 12 sampai dengan 24 bulan.

Reksa dana

Ilustrasi bisnis berkelanjutan. Shutterstock/Miha Creative

Reksadana adalah jenis investasi, di mana dana yang disetorkan oleh nasabah akan dikelola oleh manajer investasi. Tujuannya agar mendapatkan keuntungan. Dengan begitu, reksadana bisa menjadi salah satu jenis investasi terbaik untuk pemula karena cukup aman dan bisa menghasilkan cuan.

Investasi reksa dana tergolong aman dan mudah, karena bisa dimulai dengan modal kecil. Bahkan, ada beberapa sekuritas yang menawarkan investasi reksa dana dengan modal Rp10.000 sebagai instrumen investasi modal kecil profit harian.

Emas

Ilustrasi : tambang emas

Emas adalah jenis investasi yang cukup populer dipilih oleh berbagai kalangan, mulai dari anak muda sampai orang tua. Hal ini disebabkan oleh karakteristik emas yang nilainya relatif stabil dengan nilai yang terus naik, meski perlahan dalam jumlah kecil.

Jadi, emas lebih cocok dijadikan investasi untuk jangka panjang. Dengan demikian, emas cukup aman tidak tergerus inflasi dan bisa mendatangkan keuntungan dalam waktu panjang.

Rekening valas

Mata Uang Lira (dok.currenct exchange international)

Membuka rekening valas untuk investasi modal adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berinvestasi dalam  bentuk mata uang asing. Investasi ini cukup menjanjikan karena nilainya diperkirakan akan terus meningkat, meski perlu waktu lama.

Investasi ini berpotensi untuk mendatangkan untung besar. Walau begitu, saat memilih investasi ini, Anda harus lebih berhati-hati karena nilainya yang fluktuatif.

Sukuk

Ilustrasi sukuk. Shutterstock/Nor Sham Soyod

Jenis berikutnya adalah sukuk atau obligasi syariah. Investasi ini merupakan produk investasi syariah yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah RI dengan berdasarkan prinsip syariah islam.

Produk investasi ini berupa surat berharga yaitu surat pengakuan utang. Pemegang obligasi akan menerima keuntungan dari bagi hasil secara berkala.

Aplikasi

Tampilan aplikasi Ajaib. (Shutterstock/farzand01)

Seiring perkembangan teknologi, berinvestasi juga dapat dilakukan melalui berbagai jenis aplikasi yang menawarkan jasa investasi. Ada banyak pilihan aplikasi yang menyediakan layanan ini.

Bareksa misalnya, marketplace reksa dana yang menjual berbagai produk investasi dari berbagai perusahaan dan dikelola oleh manajer investasi profesional; Bibit yang menawarkan investasi dengan modal awal sangat kecil, seperti Rp20 ribu misalnya; dan Ajaib, aplikasi yang menawarkan layanan investasi dari modal kecil dengan dua pilihan, reksa dana atau emas.

Demikianlah beberapa jenis investasi yang bisa dipilih oleh para pemula. Meski tidak menghasilkan keuntungan investasi layaknya Saham atau mata uang kripto, namun kerugian yang bisa didapat pun peluanganya cukup rendah.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal