Cegah Boros, Ini Tips Menabung Harian hingga Bulanan

Bila menabung dengan bijak, bisa menguntungkan.

Cegah Boros, Ini Tips Menabung Harian hingga Bulanan
ilustrasi menabung (pexels.com/
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Ramalan ekonomi global tahun ini membuat sejumlah kalangan khawatir. Banyak masyarakat pun mengambil langkah menabung dan menyimpan uang dibandingkan atau investasi besar-besaran.

Menabung identik dengan persiapan kebutuhan di masa mendatang. Bila dilakukan dengan cukup baik, hal ini amat berguna dan berpotensi menguntungkan, meski situasi ekonomi makro sedang tidak menentu.

Agar tak terasa memberatkan, menabung bisa Anda dilakukan dalam berbagai tahap: harian, bulanan, atau bahkan tahunan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Melansir Glints, berikut bebebeberapa tips untuk menabung. 

Menabung harian

Ilustrasi menabung. Shutterstock/Worawee Meepian

Biasanya, tabungan harian dilakukan dalam nominal yang relatif kecil. Anda bisa memulai aktivitas ini agar dapat konsisten menabung. Meski tidak dilakukan dalam jumlah besar, bila Anda melakukannya secara disiplin cara ini bisa memberikan hasil maksimal. Berikut tips untuk menabung secara harian:

  1. Menabung secara manual
    Cara ini memungkinkan Anda menabung tanpa rekening bank atau tabungan online. Hal ini akan membuat kita lebih bijak dalam menggunakan keuangan kita karena menghindarkan kartu debit yang membuat kita lebih boros.
    Bersamaan dengan itu, alokasi tabungan bisa membuat kita lebih bijak dalam menggunakan keuangan. Menyisihkan sedikit uang saja tetap memiliki pengaruh, di saat kita juga bisa menghabiskan seluruh dana yang dialokasikan untuk pengeluaran.
  2. Pesan makanan dalam porsi kecil
    Salah satu tips menabung menurut Nerd Wallet adalah dengan membiasakan diri untuk memesan makanan dalam porsi kecil. Jika tidak bisa, kamu bisa menyisihkan atau membungkus setengah porsi sebelum disantap. Selain hemat, cara ini juga menghindarkan Anda agar tidak membuang makanan.
  3. Gunakan diskon hiburan
    Tips ini bisa digunakan untuk menyiasati pengeluaran kita tanpa harus mengorbankan kesenangan yang ingin kita dapatkan. Hangout bersama teman, keluarga, atau pasangan tetap bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar. Salah satu caranya adalah dengan mencari tempat-tempat rekreasi seperti museum yang biasanya memiliki diskon untuk pelajar, orang tua atau diskon member. Dengan begitu, kita bisa berhemat dan mengalihkan dana untuk tabungan harian.
  4. Batasi belanja online
    Belanja online bukan lagi menjadi bagian dari keperluan, belanja online saat ini sudah menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari yang tidak bisa dihindari. Godaan praktisnya belanja online dengan harga yang lebih murah kadang membuat kita tidak bisa menahan diri untuk membeli barang lain di luar kebutuhan.
    Mulai batasi diri untuk belanja online. Tulislah wishlist yang Anda ingingkan per minggu untuk mengetahui apa saja yang Anda butuhkan, lebih dari sekadar keinginan. Perlu diingat juga, jangan simpan atau hubungkan kartu kredit ke dalam akun e-commerce atau marketplace. Hal ini akan membuatmu menjadi impulsive buyer karena merasa uang harian tak dipakai untuk belanja.

Menabung secara bulanan

ilustrasi celengan (unsplash.com/Nick Fewings)

Tabungan bulanan biasanya lebih besar dan dilakukan secara lebih tertata daripada melakukannya secara harian. Berikut ini tips yang bisa dilakukan saat menabung secara bulanan:

  1. Batasi tagihan bulanan
    Tagihan bulanan seperti internet atau TV kabel bisa jadi pengeluaran yang membuat Anda sulit menabung. Ada baiknya kita mengevaluasi lagi pengeluaran bulanan ini, apalagi bila ternyata kita tak terlalu butuh produk tersebut. Kadang kita tak menyadari tagihan-tagihan bulanan yang kita anggap sebagai kebutuhan primer ternyata tak digunakan dengan baik. Coba dicatat kembali apakah kuota di smartphone harus dikurangi karena adanya wifi di rumah? Apakah paket wifi harus diturunkan karena jarang dipakai?
  2. Memonitor tagihan bulanan
    Selain tagihan yang berasal dari keinginan, Anda punya tagihan yang berasal dari kebutuhan, seperti halnya listrik atau air bersih. Hal ini tidak bisa Anda dihindari, namun bisa untuk dikendalikan. Jika Anda menggunakan token, Anda dapat mengontrolnya sehingga meteran listrik tak terus berjalan yang akan mengakibatkan tagihan bengkak tiap bulannya. Jika berhasil, kita akan mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu atau mematikan peralatan elektronik yang tidak dipakai.
  3. Batalkan langganan tak perlu
    Tips ini adalah tindal lanjut evaluasi yang sudah dilakukan sebelumnya. Hal ini bisa meliputi platform streaming film, gym yang terus dibayar tapi tak pernah dikunjungi, dan segala langganan yang auto payment kartu kredit. Hentikan semua yang jarang digunakan, sehingga tagihan bulanan kartu kredit akan sedikit berkurang dan jumlah tabungan bisa sedikit bertambah.

Menabung jangka panjang

ilustrasi menabung (unsplash.com/Annie Spratt)

Menabung dapat dilakukan dalam jangka panjang agar semua kebutuhan tetap terpenuhi. Berikut cara menabung jangka panjang:

  1. Telusuri pengeluaran
    Penelusuran pengeluaran per hari, per minggu bahkan per bulan, bisa membuat Anda tahu apa saja pengeluaranmu per bulannya. Selain itu, kita juga bisa tahu apa saja yang harus dikurangi untuk dijadikan tabungan. Untuk melakukannya, kita bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk smartphone maupun secara manual lewat Microsoft Excel. Dengan mendata pengeluaran, Anda dapat menyadari apa yang sudah kita habiskan untuk hal-hal yang bukan prioritas.
  2. Pasang target menabung
    Layaknya pekerjaan, target juga bisa diterapkan untuk tabungan sebagai bagian dari perencanaan. Contohnya, jika dalam bulan ini hanya bisa menabung Rp500 ribu, maka untuk bulan depan menjadi Rp600 ribu dan seterusnya. Bila dilakukan dengan berkala dan tertib, maka kita bisa menabung dengan hasil yang cukup besar dalam waktu cepat.

Demikiankah beberapa tips untuk bisa menabung dalam berbagai jangka waktu. Semoga tips tersebut membantu Anda memulai kebiasaan menabung dan menghindari pemborosan. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik