7 Negara dengan PPh Terendah di Dunia, Mana Sajakah?

Daftar negara ini memiliki tarif pajak penghasilan kecil

7 Negara dengan PPh Terendah di Dunia, Mana Sajakah?
Ilustrasi pajak penghasilan (pexels.com/TaraWinstead)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Setiap negara memiliki struktur perPajakan yang berperan penting dalam penentuan kinerja perekonomian. Bahkan, pendapatan sebuah negara umumnya mengacu pada sistem perpajakan yang berlaku.  

Termasuk dalam sumber pendapatan negara, pajak sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat. Salah satunya PPh atau pajak penghasilan. Seperti yang diketahui, pajak penghasilan adalah pajak yang dibebankan pada penghasilan yang diperoleh wajib pajak baik pribadi atau perusahaan.

Tidak sedikit negara yang menetapkan tarif yang cukup besar. Namun, ada juga negara yang tidak membebankan terlalu banyak pajak penghasilan pada masyarakatnya. Bahkan, ada negara yang tidak mematok pajak penghasilan. Kira-kira, siapa saja negara dengan PPh terendah di dunia? Berikut Daftar Negara yang termasuk ke dalamnya.

1. Rumania

Termasuk ke dalam salah satu negara terbesar di Eropa Tenggara, jarang ada yang tahu bahwa tarif pajaknya yang dibebankan cukup kecil. Meskipun mematok tarif yang cukup rendah, Rumania ternyata salah satu negara di Eropa yang masyarakatnya cukup makmur. 

Dilansir dari insidermonkey, tarif pajak penghasilan untuk pribadi tertingginya hanya sekitar 10 persen. Sementara itu, pajak untuk badan atau perusahaan sebesar 16 persen. Dengan angka tersebut, Rumania dapat masuk ke dalam negara dengan PPh terendah di dunia.

2. Paraguay

Paraguay menjadi negara selanjutnya yang tidak terlalu membebankan masyarakatnya dengan pajak yang terlalu tinggi. Mengingat negara ini cukup diandalkan dalam sektor perekonomian di Amerika Selatan, tarif pajaknya ternyata tidak begitu besar untuk PPh. 

Baik pribadi maupun perusahaan, negara ini hanya mewajibkan untuk membayar pajak sekitar 10 persen dari total pendapatan yang diperolehnya.

3. Bulgaria

Berdekatan dengan Rumania, Bulgaria juga menjadi negara yang pajaknya cukup kecil. Sebagai salah satu negara dengan sejarah panjang di Eropa, pajak penghasilan yang perlu dibayarkan masyarakatnya tidak lebih dari 10 persen. 

Tidak jauh berbeda dengan Paraguay, Bulgaria hanya membebankan pajak sekitar 10 persen pada untuk pajak penghasilan pribadi dan perusahaan. Sebagai informasi, tarif pajak tersebut merupakan tarif tertinggi yang harus dibayarkan sesuai dengan peraturan di negara tersebut.

4. Brunei Darussalam

Dari daftar negara dengan PPh terendah di dunia, Brunei Darussalam ternyata masuk ke dalamnya. Negara tetangga Indonesia ini ternyata mengatur pajak penghasilan yang cukup rendah. 

Untuk pajak penghasilan perusahaan atau badan, pemerintah Brunei Darussalam hanya mematok 55 persen dari total penghasilannya. Tak tanggung-tanggung, negara ini bahkan tidak membebani masyarakatnya untuk membayar pajak penghasilan pribadi. Artinya, tidak ada pajak penghasilan untuk perorangan.

5. Qatar

Dikenal sebagai negara terkaya dengan pariwisata mewahnya, tidak ada yang menduga bahwa negara ini memiliki pajak penghasilan yang rendah. Hal tersebut tentu di luar ekspektasi banyak orang mengingat negara ini memiliki pendapatan yang cukup besar. 

Bagi perusahaan yang terdaftar di Qatar, pemerintah hanya mengenakan tarif sebesar 10 persen. Berbeda dengan perusahaan yang bergerak di sektor perminyakan, pihak mereka harus membayar pajak sekitar 35 persen dari penghasilannya. 

Menariknya, Qatar tidak membebankan biaya pajak sepeser pun atas penghasilan pribadi.  

6. Monako

Memiliki pemandangan yang indah di tepi Laut Mediterania, Monako banyak diimpikan banyak orang untuk ditinggali di Eropa. Di balik itu semua, ternyata Monako dikenal sebagai surga pajak.

Pasalnya, negara ini sama sekali tidak mengenakan pajak penghasilan pribadi pada warganya. Dengan begitu, Monaco mengamankan tempatnya sebagai salah satu negara dengan PPh terendah di dunia. Sementara bagi perusahaan, negara hanya mewajibkan membayar pajak sebesar 25 persen yang banyak berasal dari luar Monako.

Meskipun dianggap bebas pajak penghasilan, negara ini cukup sulit ditinggali bagi warga negara asing. Untuk bisa mendapatkan izin di sana, sangatlah sulit dan memakan banyak waktu dalam perizinannya.

7. Bermuda

Berada di Samudra Atlantik Utara, Bermuda cukup dekat dengan pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat. Sama seperti Monako, Bermuda sama sekali tidak membebankan warganya atas pajak penghasilan pribadi maupun perusahaan. 

Itu dia beberapa negara dengan PPh terendah di dunia yang mematok tarif pajak yang tidak terlalu besar bagi masyarakatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Related Topics

PPhDaftar NegaraPajak

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Ketahui Cara Pecah Sertifikat Tanah Warisan serta Biayanya
Antipasi Kasus Kecelakaan Terulang, Kemenhub Akan Atur Jual-Beli Bus
8 Rekomendasi Smartwatch di Bawah Rp2 Juta, Teknologi Canggih!
BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital
Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik