Danamon dan Pegadaian Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp1 Triliun

Ini sektor yang disasar dalam pembiayaan.

Danamon dan Pegadaian Salurkan Pembiayaan Berkelanjutan Rp1 Triliun
Bank Danamon berkolaborasi dengan Pegadaian dalam Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) (18/1).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bank Danamon berkolaborasi dengan Pegadaian dalam Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) senilai Rp500 milliar yang akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp1 triliun. 

Pinjaman Sosial Berkelanjutan ini berpedoman pada “Social Financing Framework” milik Pegadaian yang diselaraskan dengan Prinsip Ikatan Social International Capital Market Association (ICMA) dan Prinsip Pinjaman Sosial Loan Market Association (LMA). 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Pegadaian, Ferdian Timur Satyagraha menjelaskan, hasil dari pinjaman sosial berkelanjutan ini akan digunakan untuk penyediaan layanan keuangan. Upaya ini penting untuk mempromosikan inklusi keuangan dalam komunitas yang kurang terlayani dan tidak memiliki layanan perbankan. 

“Kami memberikan penyediaan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil dan menengah melalui produk gadai," kata Ferdian melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (18/1). 

Ini sasaran sektor pembiayaan

Wanita Pengrajin Bambu di Desa Penglipuran Bali/Fortune Indonesia Suheriadi

Ia juga menjelaskan, program pembiayaan ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM dan pinjaman individu. 

Pembiayaan ini juga diarahkan untuk individu yang memulai usaha serta merupakan salah satu program untuk mewujudkan implementasi Keuangan Berkelanjutan di Pegadaian. Ferdian menilai, transaksi ini menjadi tonggak penting bagi Pegadaian karena merupakan Pinjaman Sosial Berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia. 

Ferdian juga mengatakan,  program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan dilaksanakan bertujuan untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.

Dukung pertumbuhan bisnis UMKM

UMKM kerajinan gelas kayu. (dok. Kemenkeu)

Selain itu, juga mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan. Hal tersebut juga dalam rangka meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sosial. 

Sementara itu, Thomas Sudarma selaku Direktur Enterprise Banking & Financial Institution Danamon juga mengatakan,  selain dari sudut pandang sosial, kerja sama ini juga menunjukkan kapabilitas Danamon dalam bidang pembiayaan kepada institusi keuangan melalui pinjaman sindikasi. 

Sebab, pembiayaan ini juga didukung oleh solusi pengelolaan kas yang komprehensif yang ditunjang dengan penggunaan e-channel dan solusi digital yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. 

"Fokus kami adalah untuk memperkuat seluruh ekosistem financial supply chain, dan kami berharap melalui kerja sama ini, kami dapat menyentuh masyarakat dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan keuangan," pungkas Thomas.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M