Sempat Diperebutkan, OCBC Akhirnya Resmi Akuisisi Bank Commwealth

Bank Commonwealth bakal diintegrasikan ke ekosistem OCBC.

Sempat Diperebutkan, OCBC Akhirnya Resmi Akuisisi Bank Commwealth
Bank Commonwealth/Shutterstock Muhammad Hanif MM
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Teka-teki perebutan akuisisi PT Bank Commonwealth Indonesia mulai terungkap. PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC Indonesia) menjadi pemenang atas akuisisi bank asal Australia tersebut.

Sebelumnya, dua group bank besar yakni CIMB dan JTrust sempat dikabarkan berminat  mengambil alih saham Bank Commonwealth Indonesia, meski pada akhirnya gugur.

Pada 16 November 2023, OCBC melakukan penandatanganan Sale and Purchase Agreement (SPA) dengan Commonwealth Bank of Australia (CBA) untuk membeli 99,00 persen saham di Bank Commonwealth dari CBA.

Berikutnya, OCBC akan mengajukan persetujuan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait rencana akuisisi ini dan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan pemenuhan kondisi lainnya.

Bank Commonwealth bakal diintegrasikan ke ekosistem OCBC

Presiden Direktur OCBC pada peluncuran logo baru/Dok OCBC

Presiden Direktur OCBC Indonesia, Parwati Surjaudaja mengungkapkan, setelah akuisisi ini rampung, Bank Commonwealth bakal diintegrasikan dalam ekosistem OCBC Indonesia.

Akuisisi ini akan meningkatkan skala bisnis OCBC Indonesia, terlebih Bank Commonwealth memiliki basis klien yang menarik dan komplementer pada segmen nasabah konsumen dan UKM (ritel).

“Rencana akusisi ditujukan untuk memperkuat dan melengkapi kapabilitas OCBC Indonesia dalam memberikan layanan keuangan yang komprehensif baik untuk segmen konsumen dan UMKM,” kata Parwati.

Penggabungan kemampuan kedua bank juga akan memperkuat platform OCBC Indonesia dalam mengambil peluang pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia.

Bank Commonwealth juga memiliki kemampuan yang komplementer dalam wealth management dan automative joint financing yang dapat dimanfaatkan untuk memperluas penawaran produk dan layanan OCBC Indonesia.

Aset OCBC capai Rp247 triliun

Ilustrasi OCBC Tower/Dok OCBC

OCBC Indonesia memiliki visi "menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan kualitas hidup" sehingga berkomitmen untuk terus membantu nasabah. Apalagi, perseroan telah berdiri lebih dari 82 tahun dan saat ini merupakan bank swasta terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan aset Bank per 31 Agustus 2023.

OCBC Indonesiajuga secara konsisten menghasilkan pertumbuhan yang solid di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Tercatat, total aset konsolidasi dari OCBC Indonesia sebesar Rp247,0 triliun, naik 12 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Sedangkan untuk rasio kecukupan modal atau CAR Bank senantiasa kuat di angka 23,2 persen, jauh di atas ketentuan minimum. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki pertumbuhan yang baik dan terus berkembang dari waktu ke waktu.

Hingga 30 September 2023, OCBC Indonesia mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 10 persen menjadi Rp144,7 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru 2024, Siapa Saja?
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Hobi Melancong Usai Pandemi, Makau Lirik Potensi Wisatawan RI
Kronologi Penyitaan 9 Mobil Milik Pengusaha Malaysia Versi Bea Cukai