Tumbuh 6%, Danamon Bukukan Laba Rp3,5 triliun di 2023

DPK Danamon mampu tumbuh 10%.

Tumbuh 6%, Danamon Bukukan Laba Rp3,5 triliun di 2023
Menara Bank Danamon/ Dok. Istimewa
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) senilai Rp3,5 triliun di tahun 2023, meningkat 6 persen secara year on year (yoy). 

Direktur Utama Danamon, Daisuke Ejima menjelaskan, pencapaian ini terjadi melalui eksekusi strategi yang disiplin dan menguatnya kolaborasi secara grup dengan MUFG dan Adira Finance. 

"Sejalan dengan arahan strategis kami di tahun 2024-2026, hal ini memberikan landasan bagi Danamon untuk tumbuh sebagai financial group dan terus memberikan kontribusi nyata terhadap perekenomian Indonesia," ujar Daisuke melalui konferensi video di Jakarta, Senin (19/2). 

Di tengah kondisi tingkat suku bunga yang tinggi, Danamon juga berhasil meningkatkan Net Interest Margin (NIM) sebesar 20 bps menjadi 8,2 persen. Laba itu lanjut Daisuke juga ditopang oleh pendapatan operasional juga meningkat sebesar 7 persen (yoy) menjadi Rp18,2 triliun.
 

Kredit & trade finane tumbuh 19%

Next Generation Branch Concept Bank Danamon/Dok Bank Danamon

Danamon juga mencatatkan total kredit dan trade finance yang tumbuh sebesar 19 persen (yoy) menjadi Rp174,9 triliun didukung oleh pertumbuhan dari keempat lini bisnis utama Danamon. 

Dari data itu, kredit dari segmen Enterprise banking & financial institution memberikan kontribusi portofolio tertinggi mencapai Rp78,8 triliun, tumbuh 15 persen (yoy). 

Berfokus pada peningkatan produktivitas dan perbaikan proses, segmen Kredit UKM meningkatkan kreditnya sebesar 9 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan kredit yang pesat ini didukung dengan manajemen kualitas aset yang baik. Rasio Non-Performing Loan (NPL) - gross berhasil diturunkan menjadi 2,2 persen.

DPK mampu tumbuh 10%

Next Generation Branch Concept Bank Danamon/Dok Bank Danamon

Danamon juga mampu membukukan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 10 persen, mencapai Rp140,4 triliun. Ia menyebut, program berskala nasional seperti Danamon Hadiah Beruntun menjadi penopang. 

Apalagi, implementasi Next Generation Branchserta pengembangan platform digital secara berkelanjutan telah meningkatkan jangkauan dan keterlibatan nasabah.  

Di sisi lain, rasio Loan at Risk (LAR) berhasil turun menjadi 11,6 persen membaik 100 basis poin (bps) (yoy). Danamon juga menyeimbangkan pertumbuhan kredit yang tinggi dengan rasio cakupan NPL yang kuat pada 265,9 persen.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Digitalisasi Pengelolaan Polis, FWD Luncurkan Aplikasi Omne
Apa Itu Starlink milik Elon Musk?