9 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Lakukan Ini!

Bebaskan diri dari jeratan pinjaman online

9 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Lakukan Ini!
ilustrasi pinjol (unsplash.com/Roman Synkevych)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Hal ini harus segera diatasi karena utang yang menumpuk membuat keuangan Anda berantakan.

Pinjol atau pinjaman online menjadi solusi bagi seseorang memerlukan dana cepat. Akan tetapi, kemudahan mengajukan pinjaman ini justru berakibat fatal. Terlebih lagi jika pinjaman yang diajukan mendekati waktu jatuh tempo dan memiliki bunga yang besar.

Lantas, bagaimana cara terbebas dari utang pinjol? Bagi Anda yang mengalami permasalahan serupa, berikut beberapa cara melunasi utang pinjol yang bisa Anda lakukan.

1. Hindari gali lubang tutup lubang

Cara melunasi utang pinjol yang menumpuk adalah hindari metode gali lubang tutup lubang. Artinya, mengambil pinjaman lain untuk melunasi pinjaman sebelumnya.

Mungkin langkah ini akan membuat Anda bisa bernafas lega beberapa waktu. Akan tetapi, kebiasaan ini justru menambah daftar utang dan bunga yang harus dibayarkan.Terlebih lagi jika pinjaman yang diambil memiliki bunga yang berbeda atau lebih besar dari sebelumnya.

2. Mencari pemasukan tambahan

Cara lainnya agar Anda terbebas dari pinjol adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan di waktu lain pekerjaan utama, seperti di malam hari atau di akhir pekan.

Ada banyak cara sederhana untuk mendapatkan pemasukan tambahan, mulai dari berjualan online, menjadi freelancer, menjadi affiliate marketing, dan sebagainya.

3. Membuat analisis pemasukan dan pengeluaran

Buatlah analisis pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa menemukan strategi yang tepat untuk melunasi utang. Anda bisa membuat rincian keuangan di buku maupun menggunakan aplikasi keuangan di HP.

4. Hidup lebih hemat

Cara melunasi utang pinjol agar tidak gagal bayar adalah dengan hidup berhemat. Untuk mempermudah, Anda bisa membuat daftar skala prioritas

Kurangi pengeluaran yang sekiranya tidak diperlukan, seperti pengeluaran untuk laundry, jajan makanan di luar, kuota internet, dan sebagainya.

5. Buat daftar utang

Langkah lainnya yang perlu Anda lakukan membuat daftar utang. Utamakan menyelesaikan utang dengan bunga besar dan tenor yang singkat.

Setelahnya, barulah Anda fokus dengan utang selanjutnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari denda atau bunga yang terus membengkak.

6. Rutin membayar

Hindari untuk menunda-nunda pembayaran. Bertujuan untuk menghindari penumpukan bunga atau denda. Sebaiknya, rutin bayar ciclian sesuai dengan kesepakatan di awal.

7. Menjual aset pribadi bila diperlukan

Cara melunasi utang pinjol selanjutnya dengan menjual aset pribadi. Anda bisa mulai menjual dari aset dengan nilai terkecil dulu, seperti perangkat elektronik, sepeda, sepeda motor, emas, hingga mobil.

Meski sedikit ekstrem, setidaknya cara ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan dengan cepat guna membayar cicilan.

8. Menggunakan dana darurat/tabungan

Cara terbebas dari utang pinjol adalah menggunakan dana darurat/tabungan. Anda bisa menggunakan opsi ini jika sudah sangat terdesak. Hal ini lebih baik ketimbang Anda masuk dalam daftar hitam OJK.

9. Mengajukan pembayaran bunga rendah

Cobalah untuk berdiskusi dengan pemberi pinjaman dan ajukan permohonan bunga rendah. Diskusikan pula kendala yang Anda hadapi. Meski pengajuan Anda belum pasti diterima, tapi langkah ini lebih baik dibanding Anda harus kabur menghindari tagihan.

Itulah tadi sejumlah cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda terbebas dari jeratan pinjol!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya