7 Tips Menabung Untuk DP Rumah, Mulai dari Sekarang!

Langkah sederhana yang mampu mewujudkan mimpi

7 Tips Menabung Untuk DP Rumah, Mulai dari Sekarang!
ilustrasi membeli rumah (unsplash.com/Tierra Mallorca)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tips menabung untuk DP rumah berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin membeli hunian impian. Ada banyak cara membeli rumah, salah satunya dengan sistem kredit atau cicilan.

DP atau uang muka menjadi salah satu syarat yang diajukan oleh developer. Biasanya, besaran DP bervariasi tergantung dari harga rumah yang ingin dibeli.

Memiliki rumah memang membutuhkan dana yang besar. Akan tetapi, bukan tidak mungkin hal ini bisa terwujud dengan menabung sedari sekarang. Berikut ini sejumlah tips menabung untuk DP rumah yang bisa Anda terapkan.

1. Menghitung pemasukan dan pengeluaran

Tips menabung untuk DP rumah pertama adalah menghitung pemasukan dan pengeluaran per bulan. Hal ini penting agar Anda bisa memperhitungkan anggaran menabung. Selain itu, Anda juga lebih bijak dalam melakukan manajemen finansial.

Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, Anda bisa memantau keuangan Anda dan mempertimbangkan pengeluaran di bulan selanjutnya.

2. Membuat rekening tabungan khusus

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat rekening tabungan khusus untuk DP rumah. Bertujuan agar dana tabungan untuk membeli rumah tidak bercampur dengan dana lainnya. 

Anda bisa membuat tabung di rekening bank digital maupun langsung ke kantor bank terdekat. Dengan begitu, dana yang tersimpan jadi lebih aman.

3. Berinvestasi

Tips selanjutnya adalah berinvestasi. Selain menabung, Anda juga bisa melakukan investasi untuk menambahkan pemasukan.

Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan pula risiko yang ditawarkan. Ada beberapa instrumen investasi dengan risiko ringan, seperti reksadana, obligasi, deposito, dan sebagainya.

4. Memotong biaya tagihan yang tidak perlu

Tips menabung untuk DP rumah selanjutnya adalah memotong biaya tagihan yang tidak diperlukan. Dalam hal ini Anda bisa mengecek pengeluaran tagihan Anda yang sekiranya bisa dihilangkan, seperti tagihan layanan TV kabel, biaya berlangganan Youtube dan sebagainya.

5. Mencari penghasilan tambahan

Jika dirasa dana yang ditabung kurang Anda bisa menambah pemasukan tambahan dengan bekerja sebagai freelancer atau part time. Anda juga bisa membatasi atau meminimalisir pengeluaran berlebih.

6. Hitung inflasi

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhitungkan adalah inflasi. Sebagai contoh, sebuah rumah dijual seharga Rp800 juta. Asumsikan harga rumah per tahun akan naik 10 persen. Jadi, rumah yang Anda incar akan naik Rp808 juta di tahun kedua.

7. Mencari rumah sesuai kebutuhan

Hal yang tak kalah pentingnya adalah mencari rumah sesuai kebutuhan, apakah Anda ingin rumah yang besar, bertingkat, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi DP yang perlu Anda persiapkan.

Itulah tadi sejumlah tips menabung untuk DP rumah. Cukup mudah bukan? Mari persiapkan dana Anda dari sekarang!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya
Ketahui Apa Bedanya Imigrasi dan Bea Cukai, Jangan Keliru!