Comscore Tracker
FINANCE

Carding Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Mencegahnya

Waspadai modus kejahatan carding, ketahui cara mencegahnya.

Carding Adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Mencegahnyailustrasi kartu kredit (pexels.com/dokumen instimewa)

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE Carding adalah salah satu modus kejahatan di dunia perbankan dan harus diwaspadai. Kalau menjadi korbannya, data kartu kredit Anda bisa dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Ada banyak sekali cara yang digunakan oleh pencuri untuk membobol kartu kredit Anda.  Lalu, apa sebetulnya pengertian carding? Dan apa saja jenis carding yang wajib Anda ketahui?

Dalam artikel ini akan dibahas apa itu carding, contoh kasus carding Indonesia, hingga tips mencegah carding yang dirangkum dari laman OCBC NISP. 

Apa itu carding?

Carding adalah salah satu bentuk penipuan, dimana penipu akan mencuri nomor kartu kredit Anda dan memanfaatkannya untuk membeli gift card prabayar. Nantinya, kartu gift tersebut dijual kembali dengan tujuan mendapatkan uang.

Menurut IFFC (Internet Fraud Complaint Centre), carding adalah tindakan ilegal atas penggunaan kartu kredit untuk memperoleh uang. Adapun, pencuri dapat dengan mudah mendapatkan nomor kartu kredit dalam situs web berbahaya.

Singkatnya, carding artinya modus tindakan kejahatan dalam transaksi menggunakan kartu kredit seseorang. Setelah mengetahui nomor kartu kredit calon korban, kemudian pelaku dapat berbelanja online melalui kartu kredit curian tersebut.

Adapun, carding adalah pencurian nomor kartu kredit dari situs ilegal maupun jaringan spammer. Nantinya, semua informasi identitas data kartu tersebut akan disalahgunakan oleh pelaku kejahatan carding (carder).

Jenis-jenis carding

Umumnya, para carder mendapatkan nomor kartu kredit melalui obrolan singkat via internet. Ada beberapa contoh kasus carding kartu kredit yang perlu Anda waspadai. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Misuse of Card Data
Dalam jenis ini, cara carding adalah penyalahgunaan kartu yang tidak disadari oleh pemilik kartu. Biasanya, pelaku menggunakan kartu sangat berhati-hati hingga mencapai nominal sangat besar.

2. Wiretapping
Pada wiretapping, cara carding adalah bentuk penyadapan transaksi kartu kredit melalui jaringan komunikasi. Seorang pencuri dapat memperoleh banyak informasi pribadi hingga menimbulkan kerugian besar bagi korban.

3. Counterfeiting
Pada bentuk counterfeiting, proses carding adalah kegiatan pemalsuan kartu kredit hingga terlihat sangat mirip seperti aslinya. Biasanya, carding kartu kredit ini dilakukan oleh pelaku yang mempunyai koneksi luas serta keahlian khusus tertentu.

4. Phishing
Sementara pada kasus phishing, cara kerja carding adalah proses penipuan kepada pemilik kartu melalui e-mail untuk memperoleh berbagai informasi pribadi. Umumnya, carder akan menggunakan dua sistem dalam menipu korban. Di antaranya, mengirimkan virus ke sistem PC dan memberikan link website palsu.

Cara kerja carding

Ada banyak cara carding yang dapat dilakukan oleh seorang pelaku kejahatan (carder) demi memperoleh informasi nomor kartu kredit korban. Salah satu tindakan carding adalah phishing, pelaku mendapatkan data diri melalui pembelian kartu curian, baik di black market maupun deep web.

Setelah mengantongi sejumlah informasi penting dari pemilik kartu, carder akan menguji nomor kartu terlebih dahulu untuk melihat apakah keaktifan kartu tersebut. Biasanya, dalam hal ini tujuan carding adalah melakukan berbagai transaksi kecil pada situs e-commerce.

Umumnya, cara carder menutupi jejak carding adalah menggunakan nomor kartu kredit untuk transaksi gift card prabayar atas pembelian beberapa barang. Misalnya, televisi, laptop, atau barang lainnya yang dapat diperjualbelikan kembali.

Bagaimana kartu kredit bisa terkena carding?

Pada dasarnya terdapat bermacam metode yang menyebabkan kartu kredit hingga kebobolan atau terkena carding. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Malware

Malware merupakan sebuah perangkat lunak sangat berbahaya. Program ini akan membantu carder dalam mendapatkan akses masuk ke akun seseorang. Kemudian,mereka dapat memantau perangkat yang sedang Anda gunakan, lalu mengumpulkan informasi penting termasuk nomor kartu kredit dan password.

2. Phishing

Biasanya, pelaku akan berpura-pura menjadi lembaga terpercaya, seperti bank. Carder memberitahu seolah-olah terjadi gangguan pada akun Anda dan membutuhkan beberapa informasi pribadi untuk keperluan pemulihan, padahal tersebut digunakan dalam carding.

3. Forum Carding

Forum carding adalah situs web tidak resmi yang dijadikan sebagai tempat para penjahat kartu kredit untuk membeli serta menjual nomor kartu kredit hasil curian.

4. Skimming Kartu Kredit

Metode skimming merupakan penggunaan perangkat kecil yang sulit untuk dapat dikenali oleh pemilik kartu. Adapun alat tersebut dipasang carder di atas pembaca pada kartu kredit asli dan mencuri beberapa informasi penting di dalamnya.

Tips mencegah carding

Salah satu upaya untuk mencegah kasus carding adalah selalu menjaga kerahasiaan kartu Anda tetap aman, baik saat melakukan transaksi online maupun offline. Berikut ini beberapa tips menghindari carding.

1. Perhatikan Cara Menggesek Kartu Saat Transaksi
Langkah penting untuk mencegah carding adalah memperhatikan petugas yang sedang menggesek kartu Anda menggunakan mesin EDC. Pastikan kartu hanya digesek satu kali saja dan tidak boleh terdapat penggesekan ganda, terlebih pada dua mesin berbeda.

2. Pilih Situs Belanja Online Terpercaya
Pilih situs belanja online terpercaya yang memberikan sistem keamanan ganda kepada pengguna kartu kredit. Misalnya, fasilitas one time password (OTP) agar proses transaksi online dapat lebih tenang.

3. Rahasiakan Data Pribadi atau Kartu Kredit
Jagalah kerahasiaan nomor kartu kredit Anda beserta Card Verification Value (CVV) yang terletak di bagian belakang kartu. Jangan pernah memberikan nomor tersebut kepada orang lain, bahkan anggota keluarga sekalipun.

4. Gunakan Internet Pribadi
Hindari melakukan transaksi menggunakan internet publik saat mengakses situs belanja online yang terhubung dengan kartu kredit. Hal ini dikarenakan wifi pada tempat umum tersebut belum terjamin sistem keamanannya.

Demikian penjelasan mengenai apa itu carding, cara kerja hingga tips mencegahnya. Carding adalah salah satu modus penipuan yang wajib Anda waspadai, khususnya bagi pengguna kartu transaksi. Semoga bermanfaat untuk Anda agar tidak terkena modus kejahatan carding.

Related Articles