FINANCE

Cara Ajukan KUR BRI Secara Online, Ini Syarat dan Ketentuannya

Pahami syarat untuk majukan KUR BRI online.

Cara Ajukan KUR BRI Secara Online, Ini Syarat dan Ketentuannyailustrasi Bank BRI (dok.BRI.com)

by Suheriadi

23 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Modal usaha merupakan bagian paling penting saat Anda ingin menjadi seorang wirausahawan. Salah satu cara untuk mendapat modal adalah dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

KUR merupakan salah satu progam pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan. Program KUR secara resmi diluncurkan pada 5 November 2007 dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha sekaligus pemberdayaan UMKM. 

Salah satu lembaga keuangan yang memberikan fasilitas KUR adalah BRI. Karena itu, penting bagi Anda mengetahui syarat, ketentuan, dan cara mengajukan KUR di BRI secara online sebagai modal usaha. Simak pembahasannya di bawah ini. 

Syarat ajukan KUR BRI online

Agen Brilink/ Dok BRI

Untuk mengajukan KUR BRI secara online sebenanya sangat mudah. Anda cukup membuka lama Kur.bri.id. Namun Anda perlu memperhatikan syarat-syarat berikut ini agar pinjaman Anda dapat disetujui oleh pihak BRI. 

- Perorangan atau individu. 
- Punya usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. 
- Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya. 
- Bisa juga usaha yang dijalankan ride hailing misalnya Gojek dan Grab. 
- Calon nasabah tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit. - Menyiapkan persyaratan administrasi meliputi identitas diri berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha. 
- Untuk surat izin usaha bisa juga berupa surat keterangan yang diterbitkan platform e-commerce atau ride hailing.

Syarat-syarat tersebut harus Anda penuhi sebelum mengajukan pinjaman KUR. Setelah lengkap, Anda bisa segera mengajukan pinjaman dengan plafond sesuai kebutuhan.

Cara ajukan KUR BRI online

Kantor Pusat Bank BRI. Doc BRI