8 Merek Mewah yang Mendominasi Tren Quite Luxury

Anggun, sederhana, tapi tetap elegan dan mewah.

8 Merek Mewah yang Mendominasi Tren Quite Luxury
Kampanye Max mara untuk Musim Gugur Musim Dingin 2023/Dok. Max Mara
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Quite Luxury muncul sebagai tren mode dominan. Tren ini menekankan elegansi minimalis dibandingkan branding yang mencolok. Dengan kata lain, para jenama yang berada pada tren quite luxury merujuk pada strategi kemewahan yang halus. Beberapa yang menjadi penanda, yakni desain yang sederhana, penggunaan bahan berkualitas tinggi, dan perhatian terhadap detail.

Berbeda dengan kemewahan yang mencolok atau berfokus pada logo, gaya mode ini menitikberatkan pada keanggunan dan kesan kesederhanaan yang tidak terpengaruh oleh perubahan zaman. Merek seperti Toteme, The Row, dan Bottega Veneta menjadi simbol dari estetika ini, serta mendapatkan dukungan dari selebritas dan kemudian menciptakan tren.

Quite luxury digadang menjadi arah masa depan dalam dunia mode. Dengan tren yang terus berubah dengan cepat, sulit untuk memprediksi di mana arah mode akan bergerak, bahkan hanya dalam satu tahun ke depan. Akan tetapi, saat ini, gaya quite luxury sedang diminati para penggemar fesyen. Tak hanya itu, tren mode yang tenang dengan memadukan estetika minimalis tapi tetap mewah ini juga diminati selebritis kelas dunia.

Ada beberapa merek yang telah menarik perhatian tidak hanya karena desainnya yang indah, tetapi karena fakta bahwa brand ini tidak memerlukan "logo besar" untuk menonjolkan merek mereka. Melansir timesnownews.com, berikut delapan merek mewah yang mendominasi tren quite luxury saat ini.

1. Toteme

Dok. Toteme

Berasal dari Swedia, Toteme telah mendapatkan daya tarik yang signifikan di platform digital. Terkenal dengan ansambel netralnya yang kontemporer tetapi tak lekang oleh waktu, label ini telah menemukan penggemarnya di kalangan selebritas terkenal seperti Kendall Jenner dan Selena Gomez.

Berbasis di Stockholm, label yang didirikan oleh Elin Kling dan Karl Lindman pada tahun 2014 ini mengeksplorasi daya tarik seragam modern melalui isyarat desain yang berbeda dan pengerjaan yang cermat. Setiap koleksinya ditandai dengan siluet yang unik, potongan yang sempurna, dan penggunaan bahan yang berkualitas tinggi.

Koleksi Toteme terinspirasi oleh kehidupan dan kebutuhan perempuan. Ambisinya adalah menentukan aturan berpakaian dan pakaian yang mendukung tujuan mereka.

2. The Row

Dok. The row

Didirikan oleh Mary Kate dan Ashley Olsen pada 2006, The Row menjadi lambang quite luxury di industri fesyen. Dengan sengaja tidak memasang label yang terlihat, merek ini telah menarik perhatian tokoh terkenal seperti Kendall Jenner dan Zoë Kravitz, berkat desainnya yang canggih dan minimalis.

The Row telah melahap pasar-pasar mewah, meluncurkan koleksi pakaian pria dan koleksi untuk anak-anak. Merek ini memiliki tiga toko ritel utama yan berlokasi di London, New York dan Los Angeles. Selain itu, koleksi The Row dijual di lebih dari 100 toko mitra. The Row juga diibaratkan sebagai Uniqlo milik perempuan kelas atas dan menjadi daya tarik tersendiri di segmen ini.

3. Max Mara

Dok. Max Mara

Jenama fesyen asal Italia ini dibangun oleh Achille Maramotti pada tahun 1951. Max Mara telah lama diidentikkan dengan pakaian luar (outer) mewah, terutama mantel ikoniknya seperti mantel wrap dan teddy.

Anggota kerajaan seperti Kate Middleton dan Meghan Markle juga merupakan penggemar besar desain klasik tetapi kontemporer dari merek ini. Tak hanya menjadi simbol quite luxury, MaxMara terkenal dengan produk pakaian jadi yang bergaya simpel, tidak terlalu berwarna-warni dan bercorak sehingga bisa dipakai untuk sehari-hari.

4. Khaite

Dok. Khaite

Khaite menjadi perbincangan di dunia maya ketika Katie Holmes mengenakan set kardigan dan bra mereka yang sekarang menjadi ikonik. Sejak itu, pakaian dasar berkelas dari merek ini telah mendapatkan penggemar setia di kalangan selebritas, dengan tokoh-tokoh ternama seperti Sofia Richie dan Jennifer Lawrence turut mengadopsi gaya elegannya.

Berdiri sejak tahun 2016 dan dipimpin oleh direktur kreatif Catherine Holstein dengan basis di New York, Khaite terus berkembang setiap musimnya. Merek ini dibangun di atas dasar produk-produk yang kokoh namun halus, diidentifikasi melalui penggunaan bahan yang luar biasa, pengerjaan yang sangat indah, serta detail yang halus tetapi mencolok.

Filosofinya cukup menarik, dalam laman resminya dikatakan Khaite merupakan suatu pandangan terhadap dunia. Terbentuk dari pertemuan-pertemuan yang memberikan bentukan, sentuhan budaya, dan hasrat-hasrat yang tersembunyi, pandangan ini diwujudkan melalui pakaian dan aksesori wanita yang memancarkan kepercayaan diri dalam kontrast. Setiap karya membawa keseimbangan baru antara elemen-elemen yang bertentangan—maskulin dan feminin, kekuatan dan kelembutan, struktur dan keluwesan—sekaligus mengekspresikan sensualitas dan kemudahan yang unik.

5. Brunello Cucinelli

Dok. Brunello Cucinelli

Brunello Cucinelli menarik para selebritas yang mencari kemewahan yang minimalis. Koleksinya digunakan oleh Jennifer Lopez dan Ben Affleck memilih sweater cashmere yang terkesan elegan dari merek ini.

Meskipun strategi pemasannya berkesan low key, merek fashion favorit 'old money' yang dirikan pada 1978 di Italia ini dikenal sebagai King of Cashmere.

Sang desainer, Brunello Cucinelli dikenal karena kemampuannya merancang sweater dari bahan cashmere yang tidak hanya nyaman digunakan tetapi juga modis dan memberikan kesan kemewahan.

6. Loro Piana

Dok. Loro Piana

Seperti halnya Brunello Cucinelli, Loro Piana juga termasuk fashion brand mewah yang menjadi favorit kalangan old money asal Italia.Loro Piana dikenal dengan produk kasmir berkualitas tinggi mereka.

Pakaian dari Loro Piana dihargai tinggi karena menggunakan bahan terbaik dan langka yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti kasmir unik dari kambing Cina di daerah Utara dan Mongolia.

Loro Piana telah memikat selebritas dan penonton televisi dengan produk dasarnya yang sederhana, bahkan mencuri perhatian di acara seperti "Succession." Bintang-bintang seperti Gigi Hadid telah lebih lanjut mempopulerkan koleksi tas kecil dari merek ini, dan menekankan daya tarik merek tersebut.

7. Bottega Veneta

Dok. bottega veneta

Bottega Veneta merupakan brand Italia yang terkenal dengan produk-produknya yang bermutu tinggi dan memiliki desain yang elegan. Merek ini didirikan di Vicenza, Italia pada tahun 1966, dan telah menjadi salah satu pionir di industri mode global.

Desain klasik dari Bottega Veneta, terutama Mini Jodie Leather Hobo Bag dan Drop Earrings-nya, sangat populer di kalangan penggemar mode dan selebritas. Barang-Barang Mewah minimalis dari merek ini selalu menjadi trend setter. 

Sejumlah selebritas ternama menggunakan koleksi jenama ini, seperti Salma Hayek, Lena Lademann, dan Evangelie Smyrniotaki. Terbaru, RM BTS berhasil menuai prestasi kembai dengan didapuk sebagai Global Ambassador selebritas pertama Bottega Venetta. 

8. Ralph Lauren

Dok. Ralph Lauren

Siapa tak kenal Ralph Lauren, salah satu merek pakaian paling ikonik di dunia. Merek fesyen mewah ini menjadi favorit selebritas dunia dan dipuji karena pakaian rajutnya yang modis dan desain khas Amerika. Jenama mewah ini dirintis oleh Ralph Lauren yang memiliki nama asli Ralph Rueben Lifschitz.

Pria berdarah Yahudi yang lahir New York pada 14 Oktober 1939 ini terkenal dengan kepiawaiannya di industri mode. Ralph Lauren juga dikenal sebagai seorang pengusaha sukses dengan berbagai label busana yang dimilikinya, termasuk yang paling terkenal, yaitu Polo Ralph Lauren.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Perbedaan Kelebihan Jaminan Untuk Meminjam Uang di Pegadaian
7 Perusahaan Makanan Terbesar di Indonesia, Pimpin Industri!
Perluas Basis Nasabah, Maybank Rilis Kartu Kredit Manchester United
Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa Aplikasi dengan Mudah
Gandeng Garuda Indonesia, Allianz Utama Luncurkan Asuransi Perjalanan
Jokowi Sebut Kekurangan Air Perlambat Pertumbuhan Ekonomi hingga 6%