7 yang Dihindari Milyuner Seperti Bill Gates Saat Mengelola Keuangan

Bill Gates terkenal sebagai miliader dengan hidup sederhana.

7 yang Dihindari Milyuner Seperti Bill Gates Saat Mengelola Keuangan
Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis yang terkenal karena mendirikan perusahaan Microsoft Corporation yang sangat terkenal. (Dok. Microsoft)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi sebagian orang, melakukan gaya hidup hemat mungkin sulit diterapkan. Namun, tahukah Anda kalau konglomerat atau miliarder dunia konsisten melakukan hal tersebut sekalipun kekayaannya mereka terus meningkat. 

Bill Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia yang menjalani konsep hidup hemat. Ia kerap berbelanja selektif menjadi karakteristik yang menentukan baginya.

Salah satu pendiri Microsoft ini terus menginspirasi banyak orang untuk mencari solusi baru untuk masalah dunia. Kendati hidup hemat, Bill Gates tak melupakan aksi sosial dengan menggunakan uangnya untuk aksi filantropi.

Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, dia dan istrinya, Melinda, telah menyumbangkan miliaran dolar untuk mendukung berbagai inisiatif global untuk mengatasi masalah sosial dan kemanusiaan, seperti kesehatan global, pendidikan, dan mengurangi kemiskinan. Mereka melihat kekayaan mereka sebagai alat untuk menciptakan dampak sosial yang positif dan membantu mereka yang membutuhkan.

Mengutip dari GoBankingrates, berikut ini adalah tujuh hal yang dihindari Bill Gates saat membelanjakan uang.

Konsep kekayaan Bill Gates

Bill Gates telah lama menjauhkan diri dari upaya mengumpulkan kekayaan. Ia pun berkomitmen untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan filantropi, menyatakan niatnya untuk turun dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia, menurut laporan CNN Business.

Perspektif Gates mengenai kekayaan bukan tentang menimbun, melainkan memberi kembali, sebagai sebuah prinsip yang dia pegang teguh.

Tidak berlebih dalam pengeluaran

Gates sangat teliti dalam pengeluarannya dan berhati-hati dibandingkan membelanjakannya secara berlebihan. 

Kebijakan uniknya dalam hal uang dan pengeluaran mencerminkan filosofi moderasi dan kehati-hatian, bahkan dengan status miliardernya. 

Majalah Snapreads merinci bahwa, sejak tahun 1998, Gates telah menunjukkan tanda-tanda menerapkan hidup hemat dalam pengelolaan keuangan.

Tidak memberikan barang mewah untuk anak

Percaya pada nilai pendidikan dan amal, Gates kerap menekankan investasi di bidang-bidang tertentu dibandingkan memberikan barang mewah untuk untuk anak-anaknya. 

Menurut Majalah Snapreads, Gates pernah mengungkapkan bahwa memberikan anak banyak uang bukanlah ide terbaik.

Pandangan Bill Gates terhadap makanan mewah

Gates pernah berkomentar mengenai ketahanan pangan lebih penting dibandingkan dengan makanan mewah yang dikonsumsi orang mampu. Berdasarkan laporan CNBC, dia mempertanyakan seberapa banyak makanan yang bisa dimakan oleh seseorang, melainkan telah tercukupkan tanpa harus mengonsumsi makanan mewah.

Yacht dan Lamborghini

Gates dikenal tidak memiliki barang-barang ultra-mewah seperti kapal pesiar dan Lamborghini, seperti yang dirinci oleh Luxury Launches. Padahal dengan kekayaan yang dimiliki membeli barang tersebut tentu mudah.

Menurut Observer, hal itu tidak menghentikan Gates untuk mengadakan pesta ulang tahunnya yang ke-66 di kapal superyacht sewaan pada 2021, dengan didampingi Jeff Bezos dari Amazon. 

Dia juga bangga menjadi pemilik Porsche 959, jadi tidak bisa dikatakan bahwa dia tidak mengeluarkan uang sedikit pun.

Tampilan sederhana

Gates tidak tertarik memamerkan kekayaannya pada perhiasan mencolok atau jam tangan mewah. Dia bahkan dengan bangga berbagi bahwa dia mengenakan arloji Casio seharga US$10 pada sebuah acara di tahun 2014. Pakaiannya juga sederhana, mencerminkan pendekatan keseluruhannya terhadap kehidupan dan kekayaan.

Tak ingin buang uang hanya untuk pergi ke Mars

Gates pernah menyatakan keraguannya terhadap ambisi Elon Musk untuk mejelajah Mars, dan mempertanyakan apakah hal itu merupakan penggunaan uang yang baik. 

Dia percaya bahwa mendanai pengembangan vaksin adalah penggunaan uang tunai yang lebih baik dibandingkan menempatkan manusia di planet merah.

 “Sebenarnya biayanya cukup mahal untuk pergi ke Mars,” katanya kepada CNBC. “Anda dapat membeli vaksin campak dan menyelamatkan nyawa dengan seribu dolar untuk setiap nyawa yang diselamatkan. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya