10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes pada Januari 2024

Pemuncaknya masih Elon Musk.

10 Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes pada Januari 2024
Elon musk (Antaranews.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Tujuh dari sepuluh orang terkaya di dunia mengalami peningkatan kekayaan bersihnya selama Desember 2023.

Menurut data terbaru dari Forbes, kekayaan kolektif mereka melonjak sebesar US$30 miliar setara dibandingkan dengan kenaikan bulan November 2023. Kebanyakan dari mereka memiliki kekayaan bersih yang berasal dari harga saham usaha yang mereka dirikan.

Secara keseluruhan, 10 orang terkaya di dunia tersebut jika hartanya digabungkan mencapai US$1,47 triliun.

Elon Musk masih menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$251 miliar. Selain CEO pembuat mobil listrik Tesla, Musk juga memiliki saham di perusahaan roket swasta SpaceX dan perusahaan media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Lantas siapa saja yang menempati jajaran 10 orang terkaya di Bumi.

Berikut daftarnya yang dikutip dari laman Forbes pada Rabu (3/1).

1. Elon Musk

Elon adalah CEO Tesla dan SpaceX serta pemilik media sosial X (sebelumnya Twitter), yang telah mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya dunia. Kekayaannya mencapai US$251,3 miliar.

Dia terus mengukir jejak suksesnya dalam industri mobil listrik, perusahaan antariksa, dan media sosial. Setelah peringkatnya pada Forbes turun, dia kembali menjadi orang terkaya di dunia pada 8 Juni 2023 dan menduduki posisi nomor satu pada 2023.

2. Bernard Arnault

Bernard, CEO LVMH, membangun perusahaan industri barang mewah dengan merek-merek terkenal seperti Louis Vuitton dan Christian Dior.

Awalnya dia adalah salah satu pemimpin perusahaan terkaya di dunia, dan memiliki kekayaan bersih US$200,7 miliar.

Kelima anaknya bekerja di beberapa bagian konglomerasi LVMH. Pada Januari 2023, dia menunjuk putrinya, Delphine, untuk mengoperasikan Dior, merek terbesar kedua pada grup tersebut.

3. Jeff Bezos

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, yang sebelumnya menjabat sebagai orang terkaya di dunia, kini menduduki posisi ketiga dengan kekayaan US$168,4 miliar

Meskipun tidak lagi menjadi CEO Amazon, dia terus berkembang melalui Blue Origin, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbangan antariksa. Melalui Bezoz Expeditions, Jeff telah berinvestasi pada berbagai perusahaan seperti Airbnb dan perusahaan perangkat lunak Workday.

Jeff menyalip Bill Gates untuk menjadi orang terkaya dunia pada Juli 2017. Saat itu, dia dan Bill saling bertukar posisi menjadi orang nomor satu dan nomor dua terkaya dunia. Terakhir, Jeff menjadi orang terkaya versi Forbes pada 2018 dan 2021. 

4. Larry Ellison

Larry Ellison, pendiri Oracle, memiliki kekayaan bersih US$135.3 miliar. Selama bertahun-tahun Oracle telah melakukan serangkaian akuisisi besar, termasuk membeli Sun Microsystems pada 2010 seharga US$7,4 miliar.

Saat saham Oracle naik, Larry sempat menduduki peringkat ketiga dalam daftar orang terkaya dunia.

Namun, Ellison kembali jatuh pada urutan keempat karena kekayaanya turun sebesar USD11,2 miliar pada Desember 2023 akibat terkoreksinya saham Oracle sebesar 10 persen.

5. Mark Zuckerberg

CEO Meta Platforms (sebelumnya Facebook), Mark Zuckerberg, menduduki peringkat kelima dan memiliki kekayaan bersih US$125,3 miliar.

Selama Desember, kekayaannya meningkat US$9,4 miliar, sementara saham Meta naik 9 persen.

6. Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates, mempertahankan posisi keenam dengan kekayaan US$119.6 miliar. Meskipun tidak lagi menjadi orang terkaya nomor satu di dunia sejak 1995, Bill terus berkontribusi dalam dunia teknologi.

Saat ini, dia memiliki investasi pada puluhan perusahaan, termasuk perusahaan pembuangan limbah Republic Services dan pembuat peralatan pertanian Deere & Co., dan merupakan salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS.

Forbes pertama kali mendaftarkan Gates sebagai miliarder pada 1987. Dia adalah orang terkaya dunia pada 1995 hingga 2017, kecuali pada 2008, dan pada 2010 hingga 2013.

7. Warren Buffet

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett, merupakan salah satu investor ulung sepanjang masa yang menempati peringkat ketujuh dengan kekayaan US$118.6 miliar.

Warren dikenal sebagai investor paling dermawan lantaran pada pertengahan Juni lalu menyumbangkan saham Berkshire Hathaway miliknya senilai US$4,6 miliar. 

Selama Desember 2023, kekayaannya turun sekitar $700 juta, di tengah sedikit penurunan harga saham Berkshire Hathaway.

8. Larry Page

Pendiri Google, Larry Page, kembali ke daftar 10 orang terkaya setelah harga saham Alphabet melonjak 15 persen. Kini, kekayaan bersihnya mencapai US$117,2 miliar.

Larry juga berperan sebagai investor pendiri pada perusahaan pertambangan asteroid Planetary Resources, yang diakuisisi oleh perusahaan blockchain ConsenSys pada 2018.

9.Sergey Brin

Sergey Brin merupakan salah satu pendiri Google. Dia mendirikan Google bersama Larry Page pada 1998 setelah keduanya bertemu di Universitas Stanford saat berupaya mendapatkan gelar lanjutan dalam bidang ilmu komputer.

Sergey menduduki peringkat kesembilan dengan kekayaan US$112.4 miliar.

Kekayaannya meningkat selama Desember 2023 di tengah lonjakan harga saham Alphabet yang hampir mencapai 6 persen. Meskipun mengundurkan diri dari jabatan presiden Alphabet, Brin tetap menjadi pemegang saham pengendali.

10. Steve Ballmer

Steve Ballmer, mantan CEO Microsoft, memiliki kekayaan bersih US$112,2 miliar.

Ketika pensiun dari Microsoft, dia membeli, Los Angeles Clippers, seharga US$2 miliar—rekor tertinggi pembelian tim NBA pada saat itu. 

Kekayaannya turun sekitar US$600 juta akibat penurunan harga saham Microsoft kurang lebih 1 persen selama sebulan terakhir.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?
Ekspektasi Fed Pangkas FFR Menguat, IHSG Berpotensi Rebound