Tajir Melintir, Ini 10 Orang Terkaya di Asia Tenggara pada 2024

Masih dipegang orang Indonesia.

Tajir Melintir, Ini 10 Orang Terkaya di Asia Tenggara pada 2024
Prajogo Pangestu (Dok. barito-pacific.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pengusaha asal Indonesia, Prajogo Pangestu, kini tidak lagi berada dalam daftar 25 Orang Terkaya dunia. Menurut Forbes Real Time Billionaires, dia bertengger pada peringkat ke-40 dengan kekayaan mencapai US$35,9 miliar pada Rabu (17/1).

Tahun sebelumnya, Prajogo menempati peringkat ke-24 secara global dan peringkat ke-4 di Asia. Berdasarkan data dari Forbes, Prajogo merupakan satu dari empat orang di seluruh dunia yang mengalami peningkatan kekayaan sangat signifikan sepanjang 2023.

Meskipun mengalami penurunan dalam peringkat kekayaannya, Prajogo tetap menduduki posisi teratas sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dalam daftar orang terkaya di Asia Tenggara, wirausaha Indonesia mendominasi peringkat teratas. Low Tuck Kwong, juga dari Indonesia, menempati posisi sebagai orang terkaya kedua di Asia Tenggara, sementara Hartono bersaudara berada pada posisi ketiga dan keempat. Berikut 10 orang terkaya di Asia Tenggara versi Forbes Real-Time Billionaires.

1. Prajogo Pangestu (Barito Pacific) - Indonesia

Prajogo Pangestu, dengan kekayaan mencapai US$35,9 miliar, adalah tokoh terkaya di Asia Tenggara. Pendiri Barito Pacific, sebuah perusahaan energi terkemuka, Prajogo telah berkontribusi besar terhadap sektor energi dan sumber daya alam di Indonesia.

Setelah perusahaan pertambangan batu baranya, Petrindo Jaya Kreasi, go public pada Maret 2023, Prajogo mencatatkan saham perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy, enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

2. Low Tuck Kwong (Bayan Resource) - Indonesia

Low Tuck Kwong, pemilik perusahaan batu bara Bayan Resources, menempati peringkat kedua dengan kekayaan sekitar US$27,9 miliar.

Dia juga mengendalikan perusahaan energi terbarukan Singapura Metis Energy—sebelumnya dikenal sebagai Manhattan Resources—dan memiliki saham di The Farrer Park Company, Samindo Resources, dan Voksel Electric.

Kekayaannya memang meningkat tajam pada 2023, dari sebelumnya US$3,7 miliar pada 2022, menjadi US$25,5 miliar.

3. R. Budi Hartono (Djarum) - Indonesia

R. Budi Hartono, dengan kekayaan US$36,5 miliar, dikenal sebagai salah satu tokoh di balik kesuksesan Djarum, perusahaan rokok terkemuka di Indonesia. Kontribusinya terhadap industri rokok telah menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan signifikan.

Dalam IPO terbesar kedua di Indonesia pada 2022, kakak beradik ini mendaftarkan Global Digital Niaga, pemilik e-commerce Blibli, dan mengumpulkan US$510 juta.

4. Michael Hartono (Djarum) - Indonesia

Michael Hartono, saudara kandung R. Budi Hartono, menempati peringkat keempat dengan kekayaan sekitar US$25,4 miliar. Bersama dengan saudaranya, dia telah membawa Djarum menjadi salah satu merek rokok terkemuka di Indonesia dan dunia.

5. Li Xiting (Mindray Bio-Medical Electronics) - Singapura

Li Xiting, pendiri Mindray Bio-Medical Electronics, adalah salah satu tokoh sukses Singapura dengan kekayaan mencapai US$14,1 miliar. Perusahaan teknologi medisnya telah memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan sektor kesehatan di kawasan tersebut.

6. Goh Cheng Liang (Nippon Paint Holdings) - Singapura

Goh Cheng Liang, dengan kekayaan sekitar US$12,8 miliar, adalah pendiri Nippon Paint Holdings. Kontribusinya terhadap industri cat tidak hanya terbatas pada Singapura, tetapi juga telah mencapai skala global, dan menjadikannya sebagai produsen cat dengan pendapatan terbesar keempat di dunia.

7. Charoen Sirivadhanabhakti (Thai Beverage) - Thailand

Charoen Sirivadhanabhakti, dengan kekayaan US$11,6 miliar, adalah tokoh terkaya di Thailand. Pemilik Thai Beverage, perusahaan minuman terkemuka, telah membantu mengangkat citra industri minuman Thailand secara internasional.

Aset terbesar lain pemilik raksasa minuman ini adalah Fraser & Neave perusahaan makanan dan minuman di Singapura.

8. Dhanin Chearavanont (Charoen Pokphand Group) - Thailand

Dhanin Chearavanont, dengan kekayaan sekitar US$11,3 miliar, adalah pemimpin di balik kesuksesan Charoen Pokphand Group. Perusahaannya beroperasi pada berbagai sektor termasuk pertanian, makanan ternak, dan telekomunikasi.

9. Sarath Ratanavadi (Gulf Energy Development) - Thailand

Sarath Ratanavadi, dengan kekayaan US$10,9 miliar, adalah tokoh terkaya ke-9 di Asia Tenggara. Sebagai pendiri Gulf Energy Development, dia telah memberikan kontribusi besar pada sektor kelistrikan di Thailand.

Dia membawa perusahaan itu melantai di bursa Thailand pada 2017 dan mengumpulkan lebih dari US$700 juta, yang merupakan IPO terbesar di negara itu dalam satu dekade.

10. Robert Kouk (Kouk Group) - Malaysia

Robert Kouk, dengan kekayaan mencapai US$10,3 miliar, adalah perwakilan dari Malaysia dalam daftar ini. Investasinya pada berbagai sektor, termasuk keuangan dan properti, telah memberikan dampak positif pada perekonomian Malaysia.

Dia merupakan pendiri jaringan Shangri-La Hotels and Resorts yang terkenal secara internasional di Singapura pada 1971.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Buka Rekening Bank Mandiri Online, Praktis dan Cepat!
4 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2024
Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru 2024, Siapa Saja?
Apa itu Monkey Business? Ini Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya
Hobi Melancong Usai Pandemi, Makau Lirik Potensi Wisatawan RI
Pebisnis RI Jadi Target Bruteforce Karena Literasi Digital Rendah