LUXURY

5 Stik Golf Termahal di Dunia, Berminat Tambah Koleksi?

Ada yang berbalut emas hingga yang antik berharga miliaran

5 Stik Golf Termahal di Dunia, Berminat Tambah Koleksi?Ilustrasi Stick Golf. Shutterstock/Eastimages

by Desy Yuliastuti

02 November 2021

Jakarta, FORTUNE - Sejarah golf dimulai dengan asal usul yang kurang jelas, tetapi banyak tulisan menjelaskan bahwa permainan golf berasal dari Skotlandia dan ditemukan sekitar tahun 1100-an. 

Melansir laman Historic UK, golf awalnya adalah bentuk pertahanan diri melawan invasi "Auld Enemy" dengan memukul kerikil menggunakan tongkat kayu. Sejarah itu kemudian ditentang Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou. 

Profesor Ling Hongling menyebutkan bahwa permainan mirip golf telah dimainkan di Tiongkok pada era Dinasti Tang Selatan sekitar 500 tahun sebelum golf disebut-sebut untuk pertama kali di Skotlandia.

Bukti mutakhir ditunjukkan lewat Catatan Dōngxuān yang ditulis Wei Tai dari Dinasti Song (960–1279) mengandung penjelasan tentang permainan bernama chuiwan, lengkap dengan gambar-gambar tentang permainan tersebut.

Orang Dinasti Song memperagakannya dengan 10 jenis tongkat, di antaranya tongkat yang disebut cuanbang, pubang, dan shaobang. Tongkat permainan berhiaskan giok dan emas, sehingga waktu itu golf mungkin cuma permainan orang kaya. Dalam arsip Tiongkok ditulis tentang pejabat Dinasti Tang Selatan yang mengajari putrinya cara menggali lubang di tanah dan memasukkan bola ke dalamnya.

Klub golf tertua di dunia, Royal and Ancient Golf Club of St Andrews kemudian membantah dan  tidak sepakat dengan klaim sang profesor. Menurut mereka, permainan serupa golf memang sudah ada sejak lama. Namun, permainan golf dengan 18 lubang berasal dari Skotlandia. Peraturan tertulis pertama yang mengatur permainan golf juga berasal dari sana. Seiring waktu, permainan golf modern menyebar ke Inggris, dan kemudian ke seluruh dunia.

Terlepas dari pro kontra tersebut peralatan golf sejatinya hanya stik dan bola. Akan tetapi, tipe-tipe stik sangatlah banyak, bergantung fungsi yang berbeda-beda tiap kondisi. Pada dasarnya ada tiga jenis stik golf, yaitu Wood yang dirancang untuk membuat pukulan jarak jauh; Iron yang menghasilkan pukulan panjang—tetapi tak sepanjang pukulan menggunakan stik wood, dan Putter untuk tahapan akhir dan membuat bola masuk ke hole

Meskipun ada banyak sekali pilihan saat memilih stik golf, tapi detailnya membuat semua perbedaan. Termasuk bahan yang digunakan, berat, sudut, konstruksi, dan jumlah uang yang Anda investasikan di dalamnya. Berikut daftar 5 stik golf termahal di dunia dikutip dari luxatic.com.

5. Long Nose Scraped Golf Club – Rp1,2 miliar

Long Nose scraped Golf Club/mostfamouslist.com

Long Nose Scraped Golf Club, berasal dari abad ke-18. Meskipun terbilang tua, tetapi kondisinya masih sangat baik. Stik fenomenal ini dijual pada 2007 melalui lelang. Harganya cukup mengejutkan untuk sebuah stik golf tua, yakni US$91.000 atau kisaran Rp1,2 miliar.

4. Golden Putter First Lady Special Edition - Rp2,1 miliar

Golden Putter First Lady Special Edition/themilliardaire.com

Related Topics