Comscore Tracker
LUXURY

Inilah Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022, Ada Garuda Indonesia?

Qatar Airways peringkat pertama versi AirlineRatings.com.

Inilah Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022, Ada Garuda Indonesia?Qatar Airways, Airbus A380. Shutterstock/M101Studio

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE  -Selama dua tahun pandemi Covid-19, maskapai penerbangan mengalami penurunan drastis angka perjalanan dan pembatalan jadwal. Namun, di tengah kacaunya industri penerbangan, para perusahaan itu tetap mengutamakan pelayanan dan keselamatan. Lembaga pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com, merilis daftar maskapai penerbangan terbaik dunia. 

Dalam proses pemeringkatan, AirlineRatings.com menilai 385 maskapai penerbangan di seluruh dunia dengan berbagai kriteria untuk menentukan deretan maskapai teraman. Di antara indikator penilaiannya adalah faktor kecelakaan dan catatan insiden, inisiatif keselamatan, usia armada, protokol kesehatan Covid-19, serta inovasi operasional pihak maskapai.

Posisi pertama ditempati oleh Qatar Airways yang selama dua tahun berturut-turut mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik. Urutan kedua ditempati Air New Zealand, menyusul Etihad Airways di posisi ketiga.

Selain itu, Qatar Airways juga menyabet penghargaan Excellence in Long Haul - Middle East/Africa (penerbangan Jarak Jauh Terbaik di Timur Tengah/Afrika) dan Best Business Class award (Penghargaan Kelas Bisnis Terbaik). 

"Keputusan Qatar Airways tetap mengudara selama pandemi membuatnya bisa menjadi maskapai internasional terbesar di dunia dan membukukan keuntungan besar. Satu-satunya maskapai yang melakukan itu," ujar pemimpin redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas, kepada CNN, dikutip Rabu (27/7).

Komitmen pada penerbangan

Kru penerbangan melakukan aktifitas bongkar muat kargo di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (3/11/2021). ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/foc.

AirlineRatings.com menilai maskapai yang berbasis di Doha, Qatar, tersebut dianggap lebih unggul dari beberapa kriteria. Qatar Airways dipuji atas inovasi, produk, dan kepemimpinan dalam industri, serta komitmennya untuk menjaga rute penerbangan jarak jauh selama pandemi berlangsung.

“Tuntutan al-Baker (CEO Qatar Airways, Akbar al-Baker) untuk kesempurnaan telah menyebabkan banyak peningkatan dalam pesawat dan pelancong di seluruh dunia menjadi lebih baik," ujar Geoffrey.

Qatar Airways juga menjadi maskapai pertama yang telah menjalani audit keselamatan IATA, yang sepenuhnya diaudit dan mematuhi Covid-19 oleh AirlineRatings dan Skytrax. Selain itu, Qatar Airways juga menjadi maskapai pertama yang memberlakukan Covid Safe Travel Pass dari IATA.

Group Chief Executive Officer Qatar Airways, Akbar Al Baker, mengatakan menang dalam penghargaan tersebut adalah bentuk dukungan terhadap apa yang selama ini diperjuangkan oleh maskapainya, yakni berkomitmen penuh memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya.

"Tujuan kami adalah memberikan yang terbaik. Mendapatkan predikat maskapai terbaik tahun ini, maskapai terbaik di Timur Tengah, dan kelas bisnis terbaik menunjukkan bahwa kami terus memimpin industri penerbangan saat para penumpang kembali terbang," ujarnya, seperti dikutip AirlineRatings.com.

Daftar 20 Maskapai terbaik dunia

Berikut daftar maskapai terbaik dunia tahun 2022 versi AirlineRatings.com.

1. Qatar Airways

2. Air New Zealand

3. Etihad Airways

4. Korean Air

5. Singapore Airlines

6. Qantas

7. Virgin Australia

8. EVA Air

9. Turkish Airlines

10. All Nippon Airways

11. Cathay Pacific Airways

12. Virgin Atlantic

13. Japan Air Lines

14. JetBlue

15. Finnair

16. Emirates

17. Hawaiian

18. Air France/KLM

19. Alaska Airlines

20. British Airways

Related Articles