Comscore Tracker
LUXURY

Ronaldo dan Messi Satu Frame di Kampanye Terbaru Louis Vuitton

Foto dua rival abadi sepak bola ini senilai Rp67 miliar.

Ronaldo dan Messi Satu Frame di Kampanye Terbaru Louis VuittonDok. Annie Leibovitz/Louis Vuitton via Hypebeast

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Pertama kali dalam sejarah dua legenda sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, terlihat dalam bersama dalam satu frame foto. Potret dua megabintang ini heboh sejak Minggu, 20 November 2022. Pasalnya keduanya adalah rival abadi dan kerap dibanding-bandingkan, justru terlihat kompak mengunggah foto bermain catur.

Melansir Independent, foto tersebut merupakan kampanye jelang Piala Dunia Qatar 2022 yang digagas oleh jenama fesyen kenamaan dunia, Louis Vuitton. Fotografer Amerika berusia 73 tahun bernama Annie Leibovitz bertugas mengabadikan pertandingan catur antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tersebut.

LV menggambarkan kolaborasi ini sebagai “Victory is a State of Mind." Mereka menambahkan, "Selain tradisi panjang membuat koper untuk piala olahraga paling didambakan di dunia, Maison merayakan dua pemain sepak bola paling berbakat saat ini," tulis Instagram @louisvuitton. 

Kampanye ini tidak hanya merayakan tradisi rumah mode yang sudah lama membuat koper, tetapi juga kedua legenda sepak bola saat Piala Dunia Qatar 2022 dimulai.  Untuk diketahui, Louis Vuitton telah menjadi koper resmi untuk trofi Piala Dunia FIFA sejak tahun 2010. Merek mewah ini telah dipilih sebagai koper resmi lagi untuk turnamen 2022, yang akan diadakan di Qatar.

Louis Vuitton bakar duit kurang lebih Rp67 miliar

Kendati terkesan sederhana, peluncuran foto ini dirasa pas dengan momen Piala Dunia 2022 yang sedang berlangsung. Kedua maestro si kulit bundar saling beradu strategi di permainan catur, seperti yang akan mereka lakukan dalam Piala Dunia 2022.

Meskipun viral, di balik teknik kampanye itu Louis Vuitton ternyata mengambil gambar keduanya secara terpisah. Sebuah video behind the scene menunjukkan jika Ronaldo dan Messi dipotret dalam kesempatan berbeda untuk gambar tersebut. Dalam rekaman video, tampak Messi dan Ronaldo tiba di lokasi syuting dan berpose di papan catur seorang diri. Potret keduanya kemudian digabung.

Lalu, berapa total yang dikeluarkan Louis Vuitton untuk mendapatkan hasil foto dua rival olahraga terbesar ini? 

Untuk mendapatkan foto main catur antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Louis Vuitton mengeluarkan bujet kurang lebih Rp67 miliar. Diketahui jika Ronaldo dan Messi sama-sama memasang tarif yang mahal untuk paid promote di akun media sosial mereka.

Satu postingan Instagram Ronaldo dihargai US$2.397.000 alias Rp37,4 miliar. Sementara postingan Messi dihargai US$1.777.000 atau sekitar Rp27,7 miliar. 

Tak hanya itu, rumah mode Prancis ini mengeluarkan biaya tak sedikit untuk jepretan sang fotografer, Annie Leibovitz. Louis Vuitton mengeluarkan Rp2 miliar per satu potret.

Siapa Annie Leibovitz?

Annie Leibovitz adalah salah satu fotografer terbaik Amerika yang banyak memotret selebritas dunia. Melansir britannica.com, beberapa selebritas dan atlet olahraga yang pernah difoto oleh Annie adalah Demi Moore, Whoopi Goldberg, Carl Lewis, Michael Johnson, Luciano Pavarotti, Elmore Leonard, dan sebagainya.

Perempuan yang lahir di Waterbury, Connecticut, Amerika Serikat pada 2 Oktober 1949 memiliki nama lengkap Anna-Lou Leibovitz. Ia merupakan putri dari pasangan Sam, seorang letnan angkatan udara, dan Marilyn Leibovitz, seorang instruktur tari modern. Pada awalnya dia mempelajari seni lukis di Institut Seni San Fransisco hingga akhirnya menyukai fotografi.

Annie mengawali karier pada tahun 1970 di majalah Rolling Stone dan menjadi fotografer kepala pada tahun 1973. Selama 10 tahun bekerja untuk Rolling Stone, dia telah memotret 142 sampul majalah tersebut. Pada tahun 1983, dia pindah bekerja untuk majalah Vanity Fair dan tahun 1998, dia berpindah ke majalah Vogue.

Selama berkarier di Rolling Stone, Leibovitz mengembangkan teknik fotografinya yang unik yang banyak menggunakan warna-warna primer yang berani dan pose yang unik. Hasil foto Leibovitz membuat majalah Rolling Stone jadi buruan kolektor. Salah satu hasil karyanya adalah foto fenomenal anggota The Beatles, John Lennon yang berfoto polos bersama isterinya Yoko Ono yang berpakaian lengkap. Menurut portal The Money, Annie Leibovitz adalah fotografer terkaya di dunia dengan warisan sebesar $440 juta. 

Related Articles