Daftar Saham Teknologi yang Terdaftar di BEI, Sudah Koleksi?

Menawarkan prospek menjanjikan

Daftar Saham Teknologi yang Terdaftar di BEI, Sudah Koleksi?
Ilustrasi saham (pexels/alphatradezone)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Investasi saham masih menjadi primadona banyak orang untuk menambah pundi-pundi rupiah. Keuntungan yang cukup kompetitif menjadikannya sebagai investasi yang cukup menarik. Di antara banyaknya jenis sektor saham, sektor teknologi cukup banyak difavoritkan di kalangan investor.

Di era modern ini, perusahaan yang bergerak di bidang teknologi memiliki potensi yang menjanjikan. Ada banyak sekali aktivitas masyarakat yang menggunakan teknologi sehingga profit yang didapatkan juga besar di masa mendatang. Potensi inilah yang menarik para investor untuk berinvestasi pada beberapa perusahaan teknologi. 

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Saham Teknologi, simak daftar saham teknologi yang terdaftar di BEI berikut ini sebagai pilihan investasi Anda!

1. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

PT GoTo Gojek Tokopedia masuk ke dalam daftar saham teknologi yang terdaftar di BEI yang pertama. Sejak Gojek dan Tokopedia resmi bergabung menjadi satu perusahaan pada tahun 2021, GoTo semakin melebarkan sayapnya pada sektor teknologi di Indonesia. 

Dilansir dari laman Bursa Efek Indonesia, jumlah saham GoTo terbaru mencapai angka 1,2 triliun. Dengan angka tersebut, GoTo masuk ke dalam emiten yang memiliki jumlah saham terbesar di antara perusahaan lain.

2. PT Global Digital Niaga Tbk (BELI)

Sejak didirikan tahun 2011, PT Global Digital Niaga menjadi perusahaan yang banyak bergerak di pengembangan aplikasi e-commerce, Blibli. 

Sepanjang karirnya, perusahaan ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi. Pada 2021, Blibli menjadi niaga-el pertama yang sudah terintegrasi dengan bank digital di Indonesia. 

Dengan prestasi dan potensinya tersebut, PT Global Digital Niaga Tbk berhasil memiliki jumlah saham sebesar 120 miliar.

3. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA)

Sebagai perusahaan All-Commerce, PT Bukalapak.com Tbk menjadi salah satu perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Bersama dengan misinya untuk menciptakan ekonomi yang adil, perusahaan ini berfokus pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui teknologi. 

Dengan melayani pasar online dan offline, perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 110 juta pengguna dengan 15 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia. Lewat berbagai inovasi yang diciptakan oleh PT Bukalapak.com Tbk, tercatat jumlah saham perusahaannya mencapai angka 103 miliar.

4. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK)

Memulai bisnisnya di industri peralatan komputer di tahun 1983, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk telah berkembang menjadi perusahaan yang bergengsi di sektor media.

Didirikan oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja, grup bisnis ini juga menaungi beberapa saluran pertelevisian nasional seperti Indosiar dan SCTV

Pada tahun 2022, perusahaan ini dipercaya sebagai saluran penayangan resmi untuk pergelaran pertandingan sepak bola terbesar di dunia. Penayangan tersebut disiarkan di saluran televisi nasional dan live streaming Vidio. 

Dengan fokus mengembangkan bisnisnya di sektor teknologi, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk mengantongi jumlah saham sebesar 61 miliar.

5. PT WIR ASIA Tbk (WIRG)

PT WIR ASIA Tbk merupakan perseroan yang berfokus pada pengembangan teknologi realitas di lebih dari 20 negara termasuk Indonesia. Dengan kata lain, perusahaan ini dikenal sebagai salah satu penguasa metaverse di Asia Tenggara. 

Kontribusinya dalam pengembangan teknologi masa depan menjadikan PT WIR ASIA masuk ke dalam daftar saham teknologi yang terdaftar di BEI. Dengan potensinya yang besar di bidang teknologi, jumlah sahamnya sukses mencapai angka sekitar 11 miliar.

6. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL)

Dengan pengalaman empat dekade di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), PT Metrodata Electronics Tbk terus berinovasi dengan menjawab tantangan zaman. Berbicara tentang jumlah sahamnya, perusahaan ini memiliki total jumlah saham sebanyak 12 miliar.

Angka tersebut bukan sebuah kejutan besar lagi. Pasalnya, perusahaan ini sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan bidang teknologi informasi sejak tahun 1975. Hingga sekarang, perusahaan ini sudah memiliki tujuh anak perusahaan.

7. PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS)

Dirintis sejak tahun 2013 di Yogyakarta, PT Global Sukses Solusi Tbk mencatatkan namanya sebagai emiten teknologi yang terbaik di Indonesia. Perseroan ini menyediakan solusi perangkat lunak ERP untuk industri manufaktur. 

Lewat inovasinya tersebut, perusahaan ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi skala nasional maupun internasional. Berkat prestasinya tersebut, PT Global Sukses Solusi Tbk berhasil meraih jumlah saham sebesar 983 juta.

8. PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO)

Perseroan dengan kode AXIO ini merupakan salah satu emiten teknologi yang bergerak di bidang perdagangan komputer dan perlengkapannya. Tak hanya itu, perseroan ini juga menjalankan usaha service perangkat komputer. 

Untuk menjaga kepercayaan publik, perseroan ini juga memiliki sertifikat International Organization for Standardization (ISO) dan telah meraih beragam penghargaan bergengsi di bidang teknologi. 

Masuk ke dalam emiten teknologi dengan saham yang cukup besar, perusahaan ini memiliki jumlah saham sekitar 5 miliar.

9. PT Pelita Teknologi Global Tbk (CHIP)

Industri teknologi memang memiliki potensi yang sangat besar di era modern ini. Tak heran, beberapa perusahaan teknologi berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Salah satunya PT Pelita Teknologi Global Tbk. Berdiri sejak 2017, perusahaan ini berfokus pada jasa teknologi informasi dan Smart Card. 

Dengan pertumbuhan bisnis yang cukup pesat, perusahaan ini memiliki jumlah saham sekitar 806 juta.

10. PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO)

PT Tourindo Guide Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan rintisan yang resmi melantai Papan Akselerasi Bursa Efek indonesia pada tahun 2020. Dengan begitu, perusahaan ini memasukan namanya di daftar saham teknologi yang terdaftar di BEI.

Berbeda dengan emiten teknologi lainnya, perseroan ini berfokus pada pengembangan teknologi di bidang pariwisata. Lewat produk Pigijo, perusahaan ini mendorong potensi pariwisata di Indonesia. 

Memiliki tujuan menjadi marketplace desa wisata terbesar di Indonesia, perusahaan ini memiliki total jumlah saham sebanyak 772 juta.

Itulah beberapa daftar saham teknologi yang terdaftar di BEI yang bisa Anda masukan ke dalam portofolio. Sebelum melakukan investasi, pastikan untuk melakukan riset dan evaluasi secara teliti agar tujuan investasi bisa tercapai.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI