5 Rekomendasi Saham Jangka Pendek untuk Investasi, Apa Saja?

Bisa menjadi investasi jangka pendek

5 Rekomendasi Saham Jangka Pendek untuk Investasi, Apa Saja?
ilustrasi saham (unsplash.com/Austin Distel)

Fortune Recap

  • Investasi saham dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dengan sejumlah saham menunjukkan potensi untuk investasi jangka pendek.
  • Rekomendasi saham jangka pendek antara lain United Tractors (UNTR), Bayan Resources Tbk (BYAN), Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA).
  • Potensi kinerja keuangan yang baik, peningkatan volume penjualan, ekspansi perusahaan, serta performa positif menjadi faktor-faktor yang mendukung rekomendasi tersebut.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Investasi saham memang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tidak hanya sebagai investasi jangka panjang, saham juga dapat dipakai untuk investasi jangka pendek. Sejumlah saham jangka pendek juga cukup potensial bagi Anda yang ingin berinvestasi di pasar modal.

Terlebih beberapa saham memperlihatkan penguatan yang cukup signifikan. Pada 5 April 2024, nilai kapitalisasi pasar IHSG bergerak ke arah positif di angka Rp2.928. Dengan begitu, sejumlah saham memiliki potensi untuk dijadikan saham jangka pendek.

Bagi Anda yang tertarik, berikut beberapa Rekomendasi Saham jangka pendek yang bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan.

1. United Tractors (UNTR)

United Tractors atau dikenal dengan kode emiten UNTR menjadi salah satu saham yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi saham jangka pendek. 

Masih berada di bawah naungan Astra International, United Tractor termasuk perusahaan terkemuka di Indonesia. Bahkan, perusahaan ini menjadi salah satu pemain utama di industri dalam negeri di bisnis mesin konstruksi, kontraktor penambangan, pertambangan, industri konstruksi dan energi.

Sepanjang tahun 2023, United Tractor memperlihatkan kinerja keuangan yang baik. Pasalnya, perseroan ini berhasil mendapat pendapatan bersih sebesar Rp128,6 triliun dengan jumlah aset Rp154 triliun.

Pada bulan April 2024, United Tractor berhasil mencatatkan namanya di Top Leaders Daily Movers dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp94 triliun.

2. Bayan Resources Tbk (BYAN)

Di sektor pertambangan dan kontraktor batu bara, Anda bisa mempertimbangkan Bayan Resources Tbk untuk investasi jangka pendek. Anda bisa mencoba berinvestasi dalam jangka waktu satu tahun pada perusahaan ini.

Perusahaan ini memang dikenal sebagai salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. Emiten migas ini berhasil membukukan kenaikan volume penjualannya sebesar 18 persen pada tahun 2023.

Lewat peningkatan tersebut, perseroan masuk ke peringkat ketiga dalam produksi dan penjualan batu bara di Indonesia.

Perusahaan dengan kode emiten BYAN ini juga mengamankan namanya di jajaran Top Market Cap di awal April sebesar 5,37 persen. Untuk harga sahamnya, perusahaan ini sukses mencapai angka Rp19.050 di penutupan sebelumnya per tanggal 12 April 2024.

3. Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)

Rekomendasi saham jangka pendek berikutnya, yaitu Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Perseroan ini merupakan emiten saham yang memimpin pasar saham di industri retail. 

Mitra Adiperkasa Tbk berhasil menorehkan lonjakan laba bersih sebesar Rp33,3 triliun per tanggal 31 Desember 2023. Angka tersebut memperlihatkan peningkatan dari tahun sebelumnya Rp26,9 triliun.

Kinerja saham MAPI pada tahun 2024 memang masih dihadapkan tantangan dan juga peluang. Meskipun demikian, saham MAPI diprediksi meningkat akibat ekspansi yang dilakukan perusahaan ini.

Pembukaan toko dan merek baru efektif meningkat produktivitasnya di industri retail Indonesia. Maka dari itu, saham MAPI juga menjadi salah satu pilihan untuk target investasi pendek yang menarik untuk diversifikasi portofolio.

4. PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN)

PT Barito Renewables Energy Tbk merupakan salah satu saham Top Movers pada April 2024. Perusahaan ini merupakan bagian dari Barito Pacific yang berfokus dengan menyediakan energi yang lebih bersih dan emisi lebih rendah.

Berdasarkan data Jakarta Composite Index Movers, BREN memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp926 triliun. Dengan angka tersebut, BREN berhasil meraih posisi teratas dengan Market Caps terbesar.

Sepanjang satu bulan terakhir, PT Barito Renewables Energy memperlihatkan kinerja yang positif di angka Rp6.925 atau peningkatan sebesar 12,60 persen di tanggal 5 April 2024 pukul 16.14 WIB.

5. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Investasi jangka pendek bisa menguntungkan asal bisa melihat peluang dan memanfaatkan momentum. Untuk menutup rekomendasi saham jangka pendek, terdapat emiten saham perbankan yang menarik dijadikan investasi jangka pendek. 

Pada awal 2024 ini, CIMB Niaga memperlihatkan lonjakan kinerja saham yang cukup potensial. Untuk harga sahamnya, BNGA berada di angka Rp2.100 per tanggal 5 April 2024 pukul 16.12 WIB.

Performa keuangannya di tahun 2023 juga progresif dengan nilai Consolidated Net Profit meningkat 18,4 persen. Pinjaman dari nasabah juga mengalami peningkatan 3,8 persen.

Itu dia beberapa rekomendasi saham jangka pendek yang bisa Anda pertimbangkan untuk pilihan investasi. Perlu diingat, informasi yang dimuat dalam artikel bukan anjuran untuk membeli. Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu bahan pertimbangkan sebelum menentukan arah investasi. Segala keputusan investasi tetap berada di tangan Anda sebagai investor.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda sebagai salah satu bahan referensi!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal