Israel Serang Situs Iran, Tidak Ada Korban Jiwa

Investor yang khawatir, mulai beralih ke aset safe haven.

Israel Serang Situs Iran, Tidak Ada Korban Jiwa
Iran. Shutterstock_vanchai tan

Fortune Recap

  • Israel menyerang wilayah Iran, memicu eskalasi konflik di Timur Tengah
  • Kekhawatiran penyebaran perang Israel-Gaza ke seluruh wilayah
  • Saham Asia dan imbal hasil obligasi merosot, investor beralih ke aset safe haven
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Israel dikabarkan menyerang salah satu wilayah di Iran, pada Jumat pagi (19/4) menyebabkan eskalasi konflik di Timur Tengah kian memanas. Kantor berita Iran, Fars melaporkan tiga ledakan terdengar di dekat pangkalan militer di pusat kota Isfahan. 

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada serangan rudal dan ledakan tersebut disebabkan oleh aktivasi sistem pertahanan udara Iran.

Sedangkan, televisi pemerintah Iran melaporkan ledakan di Isfahan terjadi, ketika pertahanan udara diaktifkan dan penerbangan di beberapa wilayah termasuk Teheran dan Isfahan ditangguhkan. Wilayah udara dibuka kembali sekitar empat setengah jam setelah kejadian dan tidak ada laporan korban jiwa.

Stasiun penyiaran pemerintah melaporkan bahwa pada “sekitar pukul 12.30 GMT” tiga drone terlihat di langit Isfahan, pertahanan udara diaktifkan dan mereka “menghancurkan drone-drone tersebut di langit.”

ABC News  juga sebelumnya melaporkan, mengutip seorang pejabat senior AS, bahwa Israel telah meluncurkan rudal di sebuah lokasi di Iran. 

Israel telah menyatakan akan membalas serangan Iran pada akhir pekan, yang melibatkan ratusan drone, dan rudal, sebagai tanggapan atas dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah yang menewaskan dua jenderal senior. Sebagian besar drone dan rudal Iran ditembak jatuh sebelum mencapai wilayah Israel.

Kekhawatiran Perang Meluas

Para analis dan pengamat telah menyatakan, kekhawatiran mengenai risiko penyebaran perang Israel-Gaza ke seluruh wilayah. Presiden Iran Ebrahim Raisi telah memperingatkan Israel sebelum serangan hari Jumat bahwa Teheran akan memberikan “respon keras” terhadap setiap serangan di wilayahnya.

Iran mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada Kamis (18/4) bahwa Israel “harus dipaksa untuk menghentikan aksimiliter lebih lanjut yang bertentangan dengan kepentingan kami” ketika Sekretaris Jenderal PBB memperingatkan bahwa Timur Tengah berada dalam “momen yang paling berbahaya.”

Investor khawatir

Saham-saham Asia dan imbal hasil obligasi merosot pada perdagangan Jumat sementara mata uang safe-haven, emas dan minyak mentah melonjak. Minyak mentah berjangka Brent naik 2 persen menjadi US$88,86 per barel, dolar menguat secara luas, emas naik 1 persen dan kontrak berjangka S&P 500 turun 1 persen.

Sementara itu, Direktur PT Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Suaibi mengatakan, eskalasi konflik Israel-Iran dapat memicu investor beralih ke aset Safe Haven. 

“Serangan ini mengagetkan  investor sehingga safe haven akan dijadikan lindung nilai, indeks dolar AS kembali menguat kemungkinan ke 108, harga emas yang saat ini sudah terbang, kemungkinan mencapai level tertinggi US$2.500 per ons,” katanya. 

Selain itu, Harga Minyak dunia juga kemungkinan melonjak menuju US$90 per barel. Demikian pula rupiah yang melemah hampir 108 poin pagi ini. “Ini mengindikasikan bahwa perang Timur Tengah ini luar biasa," katanya. 

Ia berharap, Iran tidak melakukan serangan balasan agar stabilitas ekonomi global tetap terjaga. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya