MARKET

Pengertian Pasar Bebas, Tujuan, Fungsi, dan Manfaatnya

Penjual dan pembeli bebas berbisnis tanpa ada intervensi.

Pengertian Pasar Bebas, Tujuan, Fungsi, dan ManfaatnyaIlustrasi Kapitalisasi Pasar. (Pixabay/Gerd Altmann)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Indonesia menerapkan pasar bebas, walaupun tidak secara menyeluruh. Pemerintah tidak melepas begitu saja semua komoditas ke pasar. Salah satu contohnya adalah harga listrik yang ditentukan oleh subsidi pemerintah.

Berbicara tentang pasar bebas, maka akan terkait penerapan prinsip ekonomi berdasarkan adanya hukum permintaan dan penawaran. Setiap keputusan dan aksi individu yang erat dengan jasa, barang, maupun uang, akan bersifat sukarela.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pasar bebas adalah pasar tempat para penjual dan pembeli bebas memutuskan masalah perdagangan dan bisnisnya. Segala bentuk kebijakan tidak memiliki patokan atau paksaan dari pihak lain, termasuk pemerintah.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang seluk-beluk pasar bebas, berikut rangkumannya sebagaimana bersumber dari laman accurate.id.

Tujuan pasar bebas

Berikut ini adalah beberapa tujuan diadakannya pasar bebas.

  1. Meningkatkan pendapatan Negara
    Pasar bebas akan meningkatkan potensi perluasan pasar perdagangan sebuah negara. Dengan cakupan yang semakin luas, maka pendapatan negara pun berpotensi meningkat.
  2. Meningkatkan perekonomian Negara
    Pendapatan negara yang meningkat, sudah tentu akan menaikkan tingkat perekonomian sebuah negara. Pasar bebas adalah sebuah peluang bagi sebuah negara untuk memenangi pasar internasional.
  3. Memperluas pasar
    Sistem perdagangan yang lebih terbuka ke banyak negara mampu memperluas konsumen pada suatu produk. Bahkan, produk dari barang atau jasa memiliki potensi untuk bisa lebih laku di negara lain daripada di negara asalnya.
  4. Menciptakan Transfer of Technology
    Pasar bebas akan menjadikan dunia seolah tanpa batas. Oleh karena itu, teknologi di negara-negara yang sudah maju berpeluang untuk dirasakan juga oleh negara lain yang belum memiliki teknologi maju.
  5. Memenuhi kebutuhan dalam negeri
    Dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri, sebuah negara tidak selalu mendapatkan semuanya dari dalam negeri. Ada kalanya kebutuhan tersebut ada di luar negeri, dan adanya pasar bebas akan memudahkan proses pemenuhan kebutuhan ini.

Fungsi pasar bebas

Selain memiliki tujuan, perdagangan bebas juga memiliki sejumlah fungsi sebagai berikut.

  1. Fungsi utama perdagangan bebas adalah memberikan kebebasan pada masyarakat untuk bisa melakukan aktivitas ekonomi, khususnya dalam melakukan aktivitas ekspor dan impor barang.
  2. Memberikan informasi terkait harga dan kuantitas permintaan barang yang akan berdampak pada stabilitas harga barang.
  3. Perdagangan di pasar bebas juga dinilai mampu melahirkan tingkat penggunaan barang yang meningkat dengan diiringi faktor produksi yang makin efisien.

Manfaat pasar bebas

Beberapa manfaat yang didapat dari sistem perdagangan di pasar bebas, antara lain:

  1. Setiap orang lebih bebas mempunyai kekayaan dan mengolah sumber dayanya masing-masing.
  2. Tingkat kreativitas setiap masyarakat lebih berkembang.
  3. Setiap produsen akan lebih dituntut untuk membuat produk yang berkualitas dalam persaingan yang ketat.
  4. Para pengusaha akan jadi lebih efektif dan efisien, karena mereka akan bergerak atas dasar prinsip ekonomi masing-masing.

Related Articles