MARKET

Kenali Perbedaan Divestasi dan Investasi, Jangan Keliru!

Investor wajib tahu

Kenali Perbedaan Divestasi dan Investasi, Jangan Keliru!Ilustrasi divestasi (unsplash/gabrielle henderson)
13 May 2024

Fortune Recap

  • Pengertian divestasi

    Divestasi adalah pengurangan jenis aset finansial atau barang yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Divestasi merupakan kebalikan dari investasi yang bertujuan untuk menambah aset.

  • Tujuan divestasi

    Divestasi digunakan untuk mengurangi beban kerugian, memperoleh profit jangka panjang, dan normalisasi aset agar bisnis utama bisa lebih optimal.

  • Metode divestasi

    Metode divestasi meliputi direct selling, spin-off, dan carve-off. Perbedaan divestasi dan investasi terletak pada kegiatan, tujuan, dan motivasinya.

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Istilah investasi pasti sudah tidak asing lagi bagi para investor dan masyarakat umum. Namun, ada istilah lain yang mungkin cukup asing bagi orang awam, yaitu Divestasi. Di kalangan investor, istilah tersebut bukan sesuatu yang baru.

Berbeda dengan investasi, divestasi merupakan kebalikan dari investasi yang sudah banyak diketahui masyarakat umum. Pada dasarnya, investasi dan divestasi merupakan dua hal berbeda dalam dunia ekonomi dan keuangan.

Lantas, apa perbedaan divestasi dan investasi? Berikut informasi terkait divestasi hingga perbedaannya yang wajib diketahui.

Related Topics