MARKET

Laba Cerestar Indonesia Tergerus Harga Bahan Baku Gandum Global

Beban pokok pendapatan naik signifikan dan menekan laba.

Laba Cerestar Indonesia Tergerus Harga Bahan Baku Gandum GlobalPabrik Cerestar Indonesia.
16 November 2023

Jakarta, FORTUNE - Produsen tepung olahan gandum PT Cerestar Indonesia Tbk, (TRGU) membukukan pertumbuhan pendapatan yang signifikan pada periode sembilan bulan pertama 2023. Pada periode ini, perseroan mencatatkan pendapatan Rp3,9 triliun atau tumbuh 54,1 persen secara tahunan.

Namun demikian, beban pokok pendapatan yang juga ikut meningkat signifikan menjadi Rp3,7 triliun, dibandingkan periode sama tahun lalu mencapai Rp2,3 triliun.

Akibatnya, laba bersih TRGU pada periode ini turun 93,5 persen tersisa Rp4,7 miliar. Pada periode sama tahun lalu perusahaan mengantongi laba Rp72,4 miliar.

“Kondisi pasar tepung terigu yang sedang penuh tantangan, karena penurunan harga yang cukup signifikan akibat dari turunnya harga bahan baku gandum di pasar dunia telah turut menekan perolehan laba perseroan,” kata Presiden Direktur TRGU, Indra Irawan dalam keterangannya, Kamis (16/11).

Sementara itu, kenaikan suku bunga juga turut membuat beban keuangan meningkat 35 persen menjadi Rp109 miliar. Hal ini juga menjadi tambahan penyebab terhadap turunnya laba bersih.

Tetapi, di tengah kondisi yang penuh tantangan, TRGU berhasil meningkatkan efisiensi hingga bisa menurunkan total biaya operasional 12,3 persen secara tahunan menjadi Rp86,4 miliar.

Pakan ternak mulai jadi pemasukan baru perusahaan

Related Topics

    © 2024 Fortune Media IP Limited. All rights reserved. Reproduction in whole or part without written permission is prohibited.