Comscore Tracker
MARKET

Investasi yang Paling Menguntungkan dan Patut untuk Dicoba

Miliki pendapatan pasif untuk dijadikan tabungan.

Investasi yang Paling Menguntungkan dan Patut untuk Dicobailustrasi investasi (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

by Nadia Agatha Pramesthi

Dalam keadaan perekonomian saat ini, investasi dinilai semakin penting untuk dilakukan. Kadang ada pertanyaan mengenai investasi yang paling menguntungkan, aman, dan patut untuk dicoba.

Melalui artikel ini, pertanyaan tersebut akan dijawab. Ada beberapa investasi mulai dari risiko rendah hingga risiko tinggi yang bisa dilakukan.

Selain itu, investasi tersebut aman untuk dicoba apalagi untuk para investor pemula. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Investasi emas

Investasi emas risikonya cukup rendah karena tidak memiliki nilai penyusutan. Naik turunnya harga emas sendiri mengikuti pergerakan dolar Amerika.

Kelebihan lainnya dari investasi emas, yaitu memiliki likuiditas yang tinggi sehingga dapat dicairkan dengan cepat kapan saja, apalagi jika sedang membutuhkan dana.

Karena nilainya yang stabil bahkan cenderung mengalami pertambahan nilai dari waktu ke waktu, emas menjadi pilihan investasi yang paling menguntungkan.

2. Investasi reksadana

Investasi reksadana

Investasi reksadana memiliki rentang risiko dari rendah ke tinggi. Risiko ini bergantung pada pilihan Anda, apakah memilih investasi di pasar uang, pendapatan tetap, campuran, atau reksadana saham.

Dari antara pilihan tersebut, reksadana pasar uang memiliki risiko paling rendah, sedangkan pendapatan tetap dan saham memiliki risiko tinggi.

Reksadana campuran memiliki risiko yang tergantung pada aset utama. Kelebihan dari investasi reksadana adalah cocok untuk dilakukan pemula.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menganalisis performa dan menentukan jangka waktu investasi. Sisanya, Anda layaknya menabung di rekening tabungan konvensional.

3. Obligasi

ilustrasi : obligasi

Salah satu instrumen investasi lainnya yang cukup menguntungkan adalah obligasi atau surat utang.

Risiko investasi obligasi juga bisa dibilang lebih rendah daripada investasi saham. 

Sistemnya juga mudah untuk dipahami. Anda membeli obligasi, nantinya pihak yang mengeluarkan surat hutang ini akan membayarkan bunga dan pokok hutang kepada pemilik sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

Saving Bond Retail (SBR) menjadi salah satu surat berharga yang paling populer dan dirilis oleh pemerintah. 

Jenis obligasi yang diterbitkan pemerintah lainnya meliputi Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Sukuk Ritel (Sukri/SR), dan Sukuk Negara Tabungan (ST). Sedangkan berdasarkan imbalannya, obligasi dibedakan menjadi obligasi konvensional dan syariah.

4. Investasi saham

apa itu saham gorengan dan pergerakannya

Investasi yang paling menguntungkan lainnya adalah saham. High risk high return merupakan semboyan yang tepat untuk investasi jenis ini.

Dengan risiko yang tinggi, hasil yang didapatkan juga tinggi. Hanya saja, Anda memerlukan ketekunan dalam menganalisis pasar saham dan ketepatan dalam memilih saham.

Oleh karena itu, akan sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai saham sebelum berinvestasi. 

Pilihlah jenis jenis saham yang sudah memiliki fundamental bagus. Contoh perusahaan di Indonesia yang memiliki saham yang performanya cukup baik, meliputi Bank BCA, Telkom, Unilever dan Indofood.

5. Investasi properti dan tanah

Properti hunian di Tiongkok. Shutterstock/Fabio Nodari

Investasi jenis ini memerlukan modal yang besar. Walau begitu, keuntungan yang Anda dapatkan nantinya juga besar.

Kegiatan investasi properti berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, pengelolaan, penyewaan, dan penjualan real estate.

Karena harganya yang cenderung stabil dan berpotensi naik dari waktu ke waktu, banyak yang memilih investasi jenis ini.

Selain itu, investasi ini memiliki pajak yang rendah. Pun, layaknya emas, investasi properti tidak mudah goyah akan inflasi.

Manfaat yang didapatkan ketika melakukan investasi

cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah

Semakin banyak orang yang sadar akan investasi bukannya tanpa alasan. Salah satu alasanya, yaitu manfaat yang ditawarkan dari investasi itu sendiri.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari berinvestasi?

Manfaat investasi yang pertama yaitu menghindarkan dari inflasi. Inflasi pasti akan berdampak pada penurunan pada nilai mata uang.

Untuk menghindari dampak tersebut, Anda patut berinvestasi karena menghasilkan imbal hasil melebihi laju inflasi demi melindungi daya beli.

Manfaat investasi yang lain, yakni mampu membantu dalam mempersiapkan modal terkait kebutuhan di masa depan seperti pendidikan anak, dana pensiun, pernikahan dan kesehatan.

Investasi memang benar telah terbukti memberikan banyak manfaat. Meskipun manfaatnya belum bisa dirasakan saat itu juga, tetapi dengan mulai berinvestasi dari sekarang dapat menciptakan masa depan lebih terjamin. Itulah pembahasan singkat mengenai investasi yang paling menguntungkan.

Related Topics

Related Articles