MARKET

IHSG Berpeluang Menguat, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Pelaku pasar menanti data pertumbuhan ekonomi.

IHSG Berpeluang Menguat, Intip Rekomendasi Saham Hari Iniilustrasi pasar saham (unsplash.com/tech daily)

by Pingit Aria Mutiara Fajrin

05 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Mengawali pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (Ihsg) diproyeksi lanjut menguat. Hari ini, pasar akan menanti data pertumbuhan ekonomi yang akan dirilis Badan Pusat Statistik(BPS).

Sekedar mengingatkan, IHSG ditutup menguat 0,52% atau 37,09 poin ke 7.238,78 di perdagangan Jumat (2/2).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, IHSG pada Senin (5/2) berpeluang menguat dengan rentang support 7.180 dan resistance 7.248. Penguatan IHSG didorong oleh sentimien rilis data Gross Domestic Product (GDP). "Senin akan ada rilis data GDP Indonesia yang menurut konsensus akan berada di angka 5% Year on Year (YoY)," kata Herditya, Senin (5/2).

Sementara itu, Research Analyst Phintraco Sekuritas Nurwachidah memperkirakan, IHSG bergerak dalam rentang support 7.175 dan resistance 7.330 pada Senin (5/2). "Sentimen yang mempengaruhi IHSG akan didominasi dari dalam negeri. Seperti BPS yang telah dijadwalkan merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2023 di Senin (5/2)," kata Nur. 

Proyeksi pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan kembali ke atas 5% YoY di kuartal IV-2023, sehingga pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 berada di atas 5 persen.

Dari eksternal, investor mengantisipasi rilis data ISM Services PMI di Amerika Serikat (AS) yang juga akan dirilis hari ini, dengan proyeksi di level 52. Perkiraaan itu lebih rendah dari realisasi data ISM Services sebelumnya yang sebesar 55,2 pada Desember 2023. 

"Tingginya proyeksi PMI, mengindikasikan masih terdapat keyakinan terhadap ekspansi perekonomian sektor jasa di AS di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi serta geopolitik," kata Nur.

Selain itu, investor juga menanti rilis data Caixin Composite PMI dan Caixin Services PMI yang akan rilis di hari yang sama.

Nur merekomendasikan untuk mencermati saham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Blue Bird Tbk (BIRD), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Indosat Tbk (ISAT) pada perdagangan hari ini.

Related Topics