Comscore Tracker
MARKET

Cara Membeli NFT yang Perlu Anda Ketahui

NFT mempunyai sifat yang unik dan tidak bisa dijiplak.

Cara Membeli NFT yang Perlu Anda KetahuiIlustrasi koleksi NFT olahraga. Shutterstock/Maurice NORBERT

by Tubagus Imam Satrio

Jakarta, FORTUNE - NFT menjadi salah satu topik yang sedang ramai diperbincangkan di era digital. Terlebih lagi setelah kisah Ghozali yang berhasil menjual fotonya hingga mencapai nilai fantastis viral dan banyak diberitakan di media sosial maupun media massa. Bagi yang penasaran bagaimana cara membeli NFT, ikuti penjelasan berikut ini!

Popularitas NFT sebagai aset digital

Masyarakat yang tadinya awam dengan istilah NFT kini sudah semakin familiar dengan non-fungible token yang merupakan salah satu bukti kepemilikan aset digital. NFT ibarat koleksi seperti layaknya barang berbentuk fisiknya, hanya saja produk NFT tersedia dalam bentuk digital. 

Banyak koleksi yang bisa diperjualbelikan di marketplace NFT. Mulai dari foto, video, kartu trading, musik, ilustrasi, serta item virtual lainnya. Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa ada orang yang rela menggelontorkan dana besar untuk mendapatkan produk yang bahkan bentuk fisiknya pun tidak terlihat. 

Namun, bagi sebagian orang, bisa mendapatkan bukti kepemilikan eksklusif atas suatu aset digital tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi NFT sifatnya unik dan tidak bisa dijiplak maupun ditiru oleh siapa pun. Produk NFT yang sudah dibeli nantinya juga bisa dijual kembali dengan harga lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan. 

Cara membeli NFT

Pada dasarnya, cara membeli NFT sangatlah mudah seperti halnya ketika berbelanja online melalui marketplace. Pembelian NFT bisa dilakukan di beberapa platform belanja online seperti Rarible, OpenSea, NFT Gateway, dan lainnya. Transaksi pembelian bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis mata uang. 

Bagi yang masih bingung cara membeli dan mendapatkan produk NFT yang diinginkan, maka bisa mengikuti cara berikut ini untuk melakukan transaksi pembelian di marketplace. 

1. Membuat Crypto Wallet

Hal pertama yang harus dilakukan agar bisa membeli NFT adalah membuat crypto wallet terlebih dahulu. Anda harus melakukan registrasi dan jika sudah berhasil maka harus menghubungkannya ke platform marketplace khusus NFT yang Anda pilih, contohnya OpenSea. 

Setiap platform untuk melakukan transaksi jual beli NFT, biasanya memiliki dompet khusus. Namun, tak perlu khawatir karena biasanya sudah kompatibel dengan sistem yang digunakan. Contohnya OpenSea yang sudah kompatibel dengan dompet kripto seperti Bitski, MetaMask, WalletConnect, Fortmatic, dan lain sebagainya. 

2. Mencari Koleksi Produk yang Diinginkan

Setelah berhasil menghubungkan dompet kripto dengan akun di marketplace khusus NFT, maka Anda sudah mulai bisa mencari-cari objek atau produk NFT yang diinginkan. Ada banyak sekali NFT yang dijual di marketplace tersebut yang tidak lain adalah karya para pengguna yang terjun di bidang ini. 

Cara melihat koleksi NFT pun cukup mudah. Anda cukup mengeklik atau tap menu Explore lalu cari gambar atau objek yang muncul. Jika ada yang menarik dan muncul keinginan untuk membeli maka produk tersebut bisa dipilih. 

Agar lebih mudah dalam melakukan pencarian objek atau produk yang diinginkan, maka Anda bisa memanfaatkan fitur Filter yang tersedia. Atur opsi yang dapat membantu untuk menyeleksi objek sesuai keinginan dan kebutuhan yang ingin dicari. 

Ada beberapa kategori dengan harga tertentu yang ditawarkan. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna juga bisa dengan lebih mudah menyeleksi berbagai jenis karya baik yang sedang dilelang maupun karya seni terbaru. 

3. Transaksi Pembelian

Setelah menemukan dan merasa klik dengan satu objek di NFT, maka Anda sudah bisa melakukan pembelian baik melalui sistem lelang maupun fixed price. Pilih produk sesuai keinginan dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pembelian, yaitu:

  • Tap Buy Now untuk sistem fixed price
  • Ikuti sesuai tahapan yang diminta oleh sistem
  • Produk NFT bisa langsung didapatkan oleh pembeli setelah melakukan pembayaran dengan menggunakan mata uang crypto
  • Tap tombol Make an Offer untuk melakukan negosiasi jika harganya dinilai terlalu mahal sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah

Langkah-langkah di atas merupakan cara pembelian untuk tipe fixed price. Anda juga bisa memilih opsi sistem pelelangan dengan mengajukan bidding sesuai harga yang bersedia dibayarkan untuk produk NFT tersebut. 

Jika membeli dengan sistem lelang, maka Anda harus bersaing dengan peserta lelang lainnya. Tentu akan menjadi sebuah keberuntungan jika ternyata bidding milik sendiri yang berhasil memenangkannya. 

Dalam sistem pelelangan, biasanya ada bid minimum yang disertakan. Anda bisa tap tombol Place Bid untuk ikut serta dalam lelang dan mengajukan bidding baru sesuai kemampuan. 

Jika sudah mantap memilih sistem pembelian apa yang akan digunakan, maka Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diminta oleh sistem sampai akhir. Setelah itu, NFT favorit yang diinginkan pun bisa dimiliki. Anda bisa melihat NFT yang telah dibeli melalui menu In Wallet pada profil. 

Tips memilih produk NFT

Agar NFT yang Anda beli bisa menghasilkan cuan dan tidak cuma untuk koleksi semata, maka ikuti tips yang tepat dalam memilih produk NFT. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu objek, maka pastikan sudah melakukan riset terlebih dahulu. 

Ada 6 indikator yang bisa dijadikan dasar dalam memilih aset NFT dan mengetahui apakah objek tersebut berharga atau tidak. Indikator tersebut terdiri dari nilai guna, kelangkaan, ukuran komunitas, asal-usul aset NFT, dan selera pribadi. 

Jangan lupa untuk memanfaatkan tools yang ada untuk membantu melakukan analisis sehingga bisa mengetahui dengan mudah indikator di atas. Semakin mahal harganya, biasanya akan memiliki nilai jual yang bagus di masa depan. 

Cara membeli NFT pada dasarnya sangatlah mudah. Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memiliki dompet crypto terlebih dahulu sebagai mata uang untuk melakukan pembayaran.

Related Topics

Related Articles