MARKET

Cara Membaca Candlestick untuk Trader Pemula, Simak Selengkapnya!

Jenis grafik yang banyak digunakan dan mudah untuk dibaca.

Cara Membaca Candlestick untuk Trader Pemula, Simak Selengkapnya!ilustrasi candlestick (unsplash.com/ Dylan Calluy)

by Surti Risanti

24 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Apabila Anda masih baru terjun dalam dunia investasi dan mencari cara membaca candlestick, artikel ini tampaknya bisa membantu Anda.

Seperti yang diketahui, candlestick adalah sebuah grafik yang digunakan oleh para trader untuk menganalisa harga saham. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis grafik yang yang menginformasikan terkait pergerakan saham. Mulai dari candlestick, bar chart, hingga line chart. 

Simak penjelasan berikut mengenai jenis grafik untuk memantau pergerakan saham, kelebihan dari candlestick, serta cara membaca candlestick.

Jenis-jenis grafik yang digunakan di pasar saham

grafik pasar sahamilustrasi grafik pasar saham (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Terdapat tiga jenis grafik yang digunakan oleh para investor untuk memantau pergerakan harga saham, antara lain sebagai berikut:

Candlestick

Candlestick pertama kali digunakan oleh pedagang Jepang untuk mencatat harga dari beberapa periode, sehingga grafik dari candlestick biasanya menggambarkan pergerakan harga saham untuk periode waktu tertentu.

Melalui candlestick, Anda bisa memprediksi harga saham untuk masa mendatang. Candlestick sendiri banyak digunakan oleh orang-orang di negara lain saat melakukan trading.

Line Chart

Line chart adalah grafik yang menyajikan data mengenai harga penutupan saham saat itu. Akan tetapi, data yang diberikan biasanya tidak terlalu lengkap. Maka dari itu, sebaiknya ditambahkan informasi dari grafis lainnya.

Bar Chart

Bar chart merupakan grafik bar yang menyajikan data harga saham dengan lengkap, yakni mulai dari harga pembukaan saham, harga penutupan, harga terendah, serta tertinggi pada masa tertentu.

Dikarenakan data yang disajikan begitu lengkap, hal ini akan sangat membantu Anda untuk melakukan analisis. Akan tetapi, kelemahan bar chart ini adalah Anda harus mengorbankan kenyamanan saat membacanya.

Cara membaca candlestick untuk trader pemula

candlestick adalah jenis grafik membaca pergerakan harga sahamilustrasi candlestick (pexels.com/AlphaTradeZone)