Comscore Tracker
MARKET

Akuisisi Saham Rampung, Boy Thohir Resmi Jadi Pengendali TRIM

Boy Thohir rampungkan akusisi saham TRIM lewat tender offer.

Akuisisi Saham Rampung, Boy Thohir Resmi Jadi Pengendali TRIMIlustrasi Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Taipan Boy Thohir atau Garibaldi Thohir resmi jadi pengendali PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM); setelah merampungkan proses akuisisi saham TRIM melalui mekanisme penawaran tender wajib atau tender offer.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (11/5), penawaran tender wajib dilaksanakan atas 50,77 persen atau 3,61 miliar dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh di TRIM.

Periode penawaran berlangsung sejak 30 Maret hingga 28 April 2022, dan diselesaikan pada Senin (9/5). Selama masa itu, tak ada pemegang saham publik yang menjual sahamnya.

Kepemilikan saham TRIM

Ilustrasi Saham Online

Namun, sebelum masa penawaran, Boy Thohir telah menggenggam saham TRIM sebanyak 2,46 miliar atau sekitar 34,64 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam TRIM.

Boy memperoleh saham itu berdasarkan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Saham Bersyarat PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk pada 22 Desember 2021. Oleh karena itu, tidak ada perubahan dalam struktur permodalan TRIM baik sebelum maupaun setelah penawaran tender wajib berlangsung.

Selain Boy Thohir, sejumlah nama diketahui masih menjadi pemilik saham TRIM di antaranya: Philmon Samuel Tanuri (9,73 persen); lengan investasi Northstar Group, Advance Wealth Finance Ltd (14,59 persen); PT Union Sampoerna (8,30 persen); Stephanus Turangan (0,40 persen); David Agus (0,25 persen); Syafriandi Armand Saleh (0,24 persen); dan publik (41,59 persen).

Related Articles