Comscore Tracker
MARKET

Kopi Kenangan Akan Ekspansi Bisnis ke Malaysia, Apa Benar?

Kopi Kenangan konfirmasi kabar ekspansi tahun ini.

Kopi Kenangan Akan Ekspansi Bisnis ke Malaysia, Apa Benar?Salah Satu Outlet Kopi Kenangan. Shutterstock/Cemerlang Images

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE – Startup makanan minuman, Kopi Kenangan (PT Bumi Berkah Boga), dikabarkan masuk ke pasar internasional pada 2022. Unicorn food & baverage pertama di Asia Tenggara, dikabarkan akan melebarkan sayap ke Malaysia sebagai negara tujuan perdana.

“Betul, dikonfirmasi di tahun ini (ekspansi ke luar negeri),” ujar PR and Communications Kopi Kenangan, Ruth Davina kepada Fortune Indonesia, Rabu (15/6).

Akan tetapi, Ruth belum bisa membocorkan negara yang jadi tujuan ekspansi pertama Kopi Kenangan beserta rincian waktunya. 

Berdasarkan cuitan akun @ecommurz di Twitter, pemilik Kenangan Brands itu dikabarkan bakal memboyong produknya ke Malaysia pada kuartal ketiga 2022. Selain itu, perusahaan juga disebut akan memperkaya produk dengan menjajakan makanan cepat saji berupa burger.

Untuk saat ini, Kenangan Brands telah menaungi beberapa merek, yaitu: Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chiggo, Kenangan Manis, Kenangan Heritage, dan minuman siap konsumsi Kopi Kenangan ‘Hanya Untukmu’.

Menggunakan dana investasi terbaru

Sebelumnya, Kopi Kenangan telah mengantongi US$96 juta dalam pendanaan Seri C yang dipimpin oleh Tybourne Capital Management Hong Kong dan mendulang partisipasi investor existing seperti Horizons Ventures Li Ka-Shing, dan Eduardo Saverin dari B Capital.

Suntikan modal itu bakal dialokasikan untuk berekspansi di pasar dalam negeri dan internasional yang berfokus di Asia Tenggara. Pada 2022, Kopi Kenangan membidik membuka 100 gerai per kuartal.

“Kami memiliki misi menjadi merek konsumen paling dicintai di Asia Tenggara dan seabgai bagian dari visi lima tahun, kami tetap berkomitmen memperluas jangkauan dengan cepat ke ribuan toko di seluruh Asia Tenggara dan memperluas penawaran kami,” jelas CEO dan salah satu pendiri Kopi Kenangan, Edward Tirtanata dalam keterangan resmi beberapa waktu lalu.

Related Articles