5 Tips Memilih Akomodasi Staycation yang Nyaman

Perlu dilakukan demi kenyamanan staycation Anda.

5 Tips Memilih Akomodasi Staycation yang Nyaman
Shutterstock/Boyloso
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pariwisata mulai bergeliat setelah pandemi mereda. Hal ini juga diikuti dengan kegiatan menginap atau Staycation di Akomodasi yang menarik dan unik.

Menurut laman resmi Traveloka, staycation bisa diartikan sebagai liburan dengan tinggal atau menetap di suatu tempat. Hal ini biasanya dilakukan dengan tinggal di satu akomodasi tanpa melakukan perjalanan ke luar akomodasi tersebut, baik di hotel, apartemen, atau villa.

Staycation biasanya lebih menyenangkan bersama keluarga, teman, atau bahkan sendiri. Oleh karena itu, kenyamanan, fasilitas, pelayanan, dan nilai dari akomodasi menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Menurut Traveloka, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih akomodasi terbaik untuk staycation, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulasnya.

1. Pilih lokasi yang paling strategis

Lokasi adalah faktor penting, mengingat kelengkapan seperti kuliner, tempat wisata, atau pusat belanja, bisa memudahkan staycation Anda. Biasanya saat staycation, Anda mungkin akan mengeksplorasi beberapa tempat wisata yang berada di dekat hotel Anda menginap.

Meski begitu, jika Anda ingin menikmati suasana yang sepi, kamu bisa memilih lokasi yang agak jauh dari keramaian.

2. Cek fasilitas yang tersedia

Tips berikutnya adalah mengecek fasilitas yang tersedia di penginapan, terlebih jika Anda memutuskan untuk bersantai-santai saja di hotel tanpa pergi ke mana-mana.

Fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, layanan spa, sampai yang mendasar seperti internet bisa membantu Anda melakukan berbagai kegiatan saat sedang staycation.

3. Perhatikan ulasan di aplikasi

Untuk membantu Anda mengetahui kualitas dari akomodasi staycation yang dituju, cek review lokasi tersebut di aplikasi sangat mungkin untuk dilakukan, apalagi dengan teknologi yang kian berkembang. Kadang apa yang tampak di foto tak secantik aslinya. Begitu juga, saat kamu hendak memilih hotel.

Cek pendapat dan komentar dari para tamu yang telah menginap sebagai bahan pertimbangan Anda. Jika memang ulasan dari hotel tersebut cukup meyakinkan, jangan sungkan-sungkan untuk langsung memesan hotel tersebut.

4. Pertimbangkan biaya

Alokasi budget adalah hal yang tak kalah penting dalam menentukan destinasi hotel untuk staycation. Ada baiknya Anda menentukan budget maksimal yang ingin Anda  keluarkan untuk memesan hotel, atau berbagai promo yang menarik, karena akan sangat berguna bagi Anda dalam menikmati staycation.

Jangan lupa juga untuk memesannya dari jauh-jauh hari. Selain jadi lebih murah, hotel di akhir pekan biasanya lebih cepat penuh.

5. Bawa perlengkapan secukupnya

Jangan samakan staycation dengan liburan ke luar kota atau luar negeri. Jadi, Anda tak butuh membawa perlengkapan yang berlebihan.

Saat staycation, sebagian besar waktu akan Anda habiskan di hotel, sehingga mungkin Anda hanya butuh baju ganti dan perlengkapan gawai. Meski begitu, perlu diingat untuk memastikan kelengkapan di fasilitas akomodasi staycation Anda, agar liburan bisa lebih santai dan menyenangkan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa memilih akomodasi staycation yang terbaik bagi kenikmatan liburan. Meski terlihat repot di awal, namun hal ini perlu dipertimbangkan karena akan menentukan kenyamanan Anda saat staycation.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI