6 Tips Memilih Foto Profil LinkedIn Agar Tampak Profesional

Perekrut kerap lihat foto profil LinkedIn untuk menelaah.

6 Tips Memilih Foto Profil LinkedIn Agar Tampak Profesional
Logo LinkedIn. (Pixabay/chan mina)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNELinkedIn adalah media sosial yang berkaitan erat dengan karir para pekerja dan kalangan Profesional. Platform ini memiliki fitur untuk mencari dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan penggunanya. Namun, tahukah Anda bahwa foto Profil memiliki arti penting pada sebuah akun LinkedIn?

Bagi para perekrut, memeriksa profil di akun LinkedIn merupakan salah satu cara untuk bisa mencari tahu latar belakang karir Anda sebelumnya. Foto profil pun jadi sesuatu yang penting, karena karakter Anda akan tercermin dan menjadi dasar kuat bagi para perekrut untuk melabeli Anda, sebelum mereka bertemu Anda dalam tahap wawancara.

Oleh karena itu, memilih foto profil LinkedIn tidak bia sembarangan, dan harus diperhatikan demi memberikan kesan baik bagi para perekrut yang mengecek akun LinkedIn Anda. Berikut ini, melansir Glints, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips memilih foto profil LinkedIn yang berkesan lebih profesional.

1. Gunakan pakaian profesional

Kesan profesional yang paling jelas terlihat dari penampilan Anda, termasuk dari pakaian yang Anda kenakan. Usahakan untuk menggunakan foto yang menampilkan Anda dalam balutan pakaian profesional, misalnya jas putih, bila Anda seorang dokter; atau jas maupun kemeja rapih, bila Anda adalah seorang pengusaha.

Menurut The Balance Careers, Anda sebaiknya menghindari menggunakan foto dengan pakaian yang agak terbuka di bagian atas atau bawah. Anda bisa memilih pakaian yang lebih sopan dan berkesan profesional, seperti kemeja, jas, atau bahkan blazer.

2. Perhatikan ekspresi wajah

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah ekspresi Anda dalam foto. Wajah adalah pencerminan karakter yang jelas melekat pada fisik Anda. Untuk profil LinkedIn, Anda sebaiknya memilih foto yang menampilkan Anda dalam ekspresi bahagia.

Karena tujuan utama dari menampilkan foto di LinkedIn adalah agar terlihat profesional, dan wajah Bahagia menandakan Anda bahagia dengan profesi Anda.

Selain itu, memasang foto dengan ekspresi wajah yang terlihat bahagia juga membuat para perekrut menilai kamu sebagai seorang yang menyenangkan dan memancarkan karakter yang optimis.

3. Pilih latar foto yang sederhana

Latar belakang foto sebenarnya adalah pendukung sebuah foto, namun memiliki peran yang cukup penting untuk pembentukan penampilan Anda dan kesan bagi para perekrut yang melihat foto Anda.

Background adalah salah satu pendukung foto profil LinkedIn Anda agar terlihat lebih menarik dan berfokus pada Anda. Untuk itu, usahakan untuk memilih latar yang sederhana.

Sebaiknya hindari latar belakang yang terlihat rumit dan ramai, sehingga membuat perekrut justru lebih berfokus ke background ketimbang foto Anda. Berikutnya, usahakan tidak mengambil foto dengan pencahayaan yang buruk, karena hal itu akan membuat wajah Anda tidak terlihat jelas.

4. Hindari foto berdua atau lebih

Jauhi foto profil yang berisi dua orang atau lebih. Pasalnya, ini akan membingungkan perekrut untuk mengetahui wajahmu yang sebenarnya. Apalagi, LinkedIn bukan media sosial yang serupa dengan Facebook atau Instagram yang bebas menampilkan orang-orang lain yang berarti bagi Anda di dalam foto.

Sebisa mungkin, tetap pasang foto sendiri tanpa ada teman atau bahkan pasangan Anda di dalamnya karena LinkedIn adalah platform untuk bisnis dan profesional, bukan seperti media sosial lainnya.

5. Perhatikan ukuran foto

Pastikan foto Anda fit dan sesuai dengan ukuran profil yang tersedia dalam platform. Misalnya, ukuran file foto tidak lebih dari 8 MB, karena akan menyulitkan dalam proses pengunggahan.

Selain itu, ukuran standarnya sendiri adalah antara 400 (lebar) x 400 (tinggi) pixel dan 7680 (lebar) x 4320 (tinggi) pixel. Lalu, untuk jenis file-nya harus PNG atau JPG. LinkedIn tidak mendukung foto dengan format GIF.

6. Hindari penggunaan filter

Filter foto seringkali membuat wajah Anda tampil tidak natural dan kadang tak jelas. Penggunaan filter yang berlebihan akan membuat wajah Anda sulit untuk bisa dianalisis dan dikenali. Ingat, LinkedIn bukan media sosial seperti Instagram. Jadi, lebih baik memilih foto yang natural dengan pengeditan sewajarnya saja.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih foto untuk ditampilkan di LinkedIn Anda. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal