8 Cara Menghindari Tubuh Lemas Akibat Kerja Lembur

Ingat, kesehatan lebih prioritas dari pekerjaan!

8 Cara Menghindari Tubuh Lemas Akibat Kerja Lembur
Ilustrasi lemas karena kerja lembur. (Pixabay/Mohamed Hassan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kerja lembur mungkin biasa dialami sebagian pekerja.  Namun, hal ini bisa membuat badan Anda lemas dan kebugaran berkurang.

Menurut klikdokter, seseorang dikatakan kerja lembur atau overtime bila bekerja lebih dari 40 jam per minggu atau lebih dari 8 jam tiap shift. Anda perlu memerhatikan kesehatan Anda dengan memastikan badan tak lemas akibat kerja lembur.

Untuk itu, perhatikan hal berikut untuk mencegah tubuh lemas dan kesehatan berkurang, sebagaimana dilansir dari klikdokter.

1. Minum air yang cukup

Air merupakan kebutuhan dan berperan penting bagi kebugaran tubuh. Metabolisme tubuh Anda sangat bergantung pada air, mengingat 70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Dengan meminum air yang cukup, racun di dalam tubuh akan dievakuasi keluar tubuh dan menjaga agar tubuh tetap fit.

Kerja lembur membuat tubuh Anda mendapatkan sedikit waktu istirahat dan rawan lemas. Namun, dengan mengonsumsi air 2-3 liter per hari, tubuh akan selalu terhidrasi dengan baik, sehingga bebas dari lemas.

2. Jaga pola makan

Selain minum, asupan makan juga menjadi hal penting lain yang perlu Anda perhatikan, terlebih jika Anda mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk bekerja lembur. Orang yang bekerja lembur sering kali memiliki pola makan yang tidak teratur, dan kurang memperhatikan kandungan gizi di dalam makanannya.

Meskipun sedang lembur, Anda harus tetap menjaga pola makan tetap teratur. Makanlah tiga kali sehari dengan makan makanan bergizi seimbang.

3. Memilih camilan sehat

Sepanjang kerja lembur, jaga keseimbangan gizi dan cadangan tenaga dengan camilan sehat. Bila Anda lembur pada malam hari, namun menghindari makan besar karena gula atau karbohidrat tinggi, camilan sehat seperti buah atau yoghurt pun bisa jadi pilihan. Anda dapat mengonsumsi camilan dua kali sehari di antara dua jadwal makan utama.

4. Istirahat cukup

Saat kerja lembur, sudah pasti Anda akan kehilangan Sebagian waktu yang Anda butuh untuk berisitirahat. Karena itu, sempatkan beristirahat sejenak selama 15-20 menit untuk menjaga performa fisik dan mental yang prima dalam bekerja.

Selain itu, beberapa langkah ini mungkin bisa Anda lakukan demi mendapatkan proporsi istirahat yang cukup:

  1. Hindari membawa pekerjaan hingga ke rumah.
  2. Usahakan mendapatkan tidur malam selama 7-8 jam per hari.
  3. Lakukan sleep hygiene, seperti berdoa sebelum tidur, mematikan lampu kamar, dan tidak melihat layar gawai sesaat sebelum tidur.

5. Beraktivitas fisik secara teratur

Aktivitas fisik, seperti peregangan ringan, sampai pilihan menggunakan tangga ketimbang lift atau eskalator, bisa mengatasi badan lemas akibat lembur.

Hal ini Anda butuhkan agat tubuh berasa lebih santai dan membuat Anda menjadi berpikiran jernih dan energik dalam setiap tindakan.

6. Konsumsi suplemen pendamping

Bila diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang berisi multivitamin dan mineral saat bekerja lembur untuk mencegah badan lemas. Namun, sebaiknya Anda perlu mengonsultasikan dulu vitamin apa yang tepat bagi tubuh, bersama dokter langganan Anda.

7. Konsumsi kafein

Kandungan manfaat dalam kopi dan beberapa minuman berkafein lain tidak hanya membuat Anda terjaga. Sedikit asupan kopi ataupun teh dapat membantu Anda lebih fokus, energik, dan meningkatkan performa kerja.

Namun, yang harus diperhatikan adalah takaran ideal konsumsi kopi, yaitu 2-3 gelas per hari. Dengan takaran ideal ini, kandungan antioksidan pada kopi juga dapat bekerja secara optimal untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Badan lemas pun dapat dicegah.

8. Beristirahat akhir pekan

Bila Anda lembur di hari kerja, maka Anda perlu memaksimalkan waktu libur akhir pekan dengan istirahat. Anda harus menyadari bahwa tubuh berhak mendapat waktu untuk istirahat sejenak. Selain melepas penat, istirahat juga membantu Anda terhindar dari efek kerja lembur, seperti badan lemas.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu