Beberapa Hal Penting Saat Traveling Pertama Kali ke India

Perlu diingat, demi kenyamanan dan keamanan saat traveling.

Beberapa Hal Penting Saat Traveling Pertama Kali ke India
Taj Mahal, india. (Pixabay/Dave Parkinson)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – India tak hanya dikenal sebagai negara dengan penduduk terbesar kedua di dunia, namun juga salah satu tujuan traveling dan pusat ekonomi kreatif dunia. Sebut saja Taj Mahal, Bollywood, atau kota-kota besar dunia seperti New Delhi dan Mumbai yang jadi pusat pertumbuhan ekonomi global.

India juga dikenal dengan budayanya yang cukup kental. Namun, pola hidup yang mungkin berbeda dengan Anda sebagai bangsa Indonesia, kadang membuat repot untuk menyesuaikannya saat Anda traveling ke India.

Meski memiliki penduduk yang padat, namun banyak hal menakjubkan yang ditawarkan India sebagai sebuah destinasi wisata. Apalagi, biaya hidup yang tidak mahal menjadi daya tarik tersendiri bagi para pejalan.

Berikut ini, dengan mengutip dari berbagai sumber, Fortune Indonesia akan mengutip beberapa hal yang penting untuk dilakukan, bila Anda traveling ke India. Hal ini penting, demi kenyamanan dan keamanan Anda selama perjalanan.

Rencanakan perjalanan Anda sebaik mungkin

Ilustrasi transportasi di India. (Pixabay/ha11ok)

Menurut laman superlive.id, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan merencanakan perjalanan dengan baik, terlebih jika Anda pergi bertepatan dengan musim tertentu.

Secara umum, India hanya memiliki dua musim, yakni musim panas dan musim dingin. Saat musim dingin, suhu di India terbilang masih bersahabat karena suhunya berkisar antara 16-30 derajat celcius. Namun, saat musim panas, suhunya bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celsius.

Selain itu, berkunjung ke India saat musim liburan sekolah di pertengahan tahun, akan memberi risiko keramaian yang mungkin membuat Anda tak nyaman dengan perjalanan.

Oleh sebab itu, lakukan perencanaan yang termasuk pemesanan tiket dan visa jauh-jauh hari dari keberangkatan Anda. Hal ini juga termasuk penjadwalan tempat-tempat yang akan dikunjungi, penginapan, dan rencana transportasi yang digunakan.

Perhatikan keamanan

Ilustrasi masyarakat India. (Pixabay/Ricardo Santanna)

Meski sudah jadi salah satu destinasi penting pariwisata dunia, namun India juga dikenal berisiko tinggi dalam hal keamanan. Di beberapa tempat wisata copet bertebaran dan mengancam keamanan Anda sebagai wisatawan.

Mengutip IDNTimes, ada aturan tidak tertulis di India: jangan berjalan-jalan di jalanan sepi sendirian. Jika Anda punya rombongan perjalanan, utamakan untuk selalu bersama-sama. Pencopetan biasa terjadi di India. Untuk itu selalu waspada, terutama saat di tempat-tempat ramai dengan level keamanan yang cukup rendah.

Siapkan uang tunai

Ilustrasi masyarakat India. (Pixabay/meravlux)

Meski ekonomi India tumbuh cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan, namun Sebagian besar warung atau toko-toko di India belum menerima sistem pembayaran non-tunai.

Jadi, demi kelancaran perjalanan Anda, tetap sediakan uang tunai lokal. Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk menjaga keamanan kartu non-tunai Anda dari kasus pencurian data yang banyak terjadi di India.

Jaga sopan-santun

Menara Mesjid Delhi Jama. (Pixabay/confused_me)

Untuk negara dengan tradisi ketat seperti India, penting bagi Anda untuk terus menjaga sopan-santun, demi keamanan diri, sekaligus penghormatan Anda kepada warga lokal.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah berpakaian sopan saat berkunjung ke tempat-tempat umum, apalagi rumah ibadah. Selain itu saat berkunjung ke rumah penduduk, upayakan untuk bisa melepaskan sepatu di depan pintu masuk.

 Utamakan kebersihan

Ilustrasi: bendara India. (Dok.123RF)

Mengutip finansialku.com, mungkin bagi orang Indonesia, masakan India yang terkenal kuat dengan penggunaan rempah-rempah dan bumbu akan asing di lidah.

Selain membutuhkanw aktu beradaptasi dengan cita rasa lokal, tetap perhatikan kesehatan dan kebersihan tempat Anda membeli kudapan. 

Demikianlah beberapa hal yang penting untuk diingat bila Anda pertama kali melakukan traveling ke India. Semoga bermanfaat.

Related Topics

TravelingIndia

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya