Faktor Pemicu Penurunan Angka Kemiskinan

Kemiskinan adalah situasi serba kurang yang tak terhindar.

Faktor Pemicu Penurunan Angka Kemiskinan
Ilustrasi kemiskinan. (Shutterstock/WorldStockStudio)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kemiskinan masih jadi momok semua negara berkembang, dan menjadi penghalang untuk mencapai status negara maju. Setiap negara pasti memiliki perhitungan tingkat angka kemiskinan, dengan harapan  bagaimana angka tersebut bisa terus menurun.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), mendefinisikan kemiskinan sebagai situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya. Dalam kondisi ini, seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya akibat kemampuan yang dimiliki ataupun terdesak keadaan.

Ada sejumlah sebab terjadinya kemiskinan, seperti rendahnya kualitas sumber daya manusia, struktur sosial, sampai dengan terbatasnya akses dan situasi keamanan negara. Namun, semua sepakat soal bagaimana angka kemiskinan bisa terus turun. Melansir youngontop.com, berikut sejumlah faktor yang bisa menurunkan angka kemiskinan.

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan rata-rata penduduk. Selain itu, peluang untuk berbisnis dan berinvestasi pun semakin terbuka.

Situasi ini bisa mengurangi tingkat kemiskinan. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sangat penting untuk mengurangi kemiskinan.

Peningkatan kualitas pendidikan

Salah satu sebab terjadinya kemiskinan adalah kualitas sumber daya manusia. Oleh sebab itu peningkatakan kualitas individu diperlukan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan penduduk di seuatu negara, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Investasi pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan individu, sehingga meningkatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik. Dengan begitu, peningkatan kualitas pendidikan bisa menjadi tahapan penting untuk mengurangi kemiskinan.

Akses layanan kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu faktor yang harus terpenuhi demi kualitas kehidupan penduduk di sebuah negara. Akses yang lebih baik ke layanan kesehatan mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Dengan kualitas hidup yang terjamin, masyarakat bisa lebih sejahtera dan bisa bekerja secara optimal, sehingga angka kemiskinan berkurang. Akses yang memadai ke layanan kesehatan bisa mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat.

Pengembangan infrastruktur

Pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan sistem transportasi yang baik dapat membuka akses ke daerah-daerah terpencil, menciptakan peluang ekonomi baru, dan meningkatkan konektivitas regional.

Dengan infrastruktur yang lengkap, pembangunan pun bisa lebih lancar, lapangan pekerjaan terbuka luas, dan kemiskinan bisa semakin berkurang. Pada sisi lain, infrastruktur juga akan meningkatkan peluang-peluang besar dalam pertumbuhan ekonomi di sebuah negara.

Perlindungan sosial yang efektif

Tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk memperbaiki kualitas ekonomi. Kada, jenis kemiskinan mutlak pun terjadi, termasuk kemajuan diri yang terhambat oleh struktur ekonomi, politik, kultur, bahkan nilai-nilai keluarga.

Program perlindungan sosial seperti jaminan sosial, tunjangan pengangguran, dan bantuan sosial lainnya dapat memberikan jaring pengaman bagi mereka yang rentan terhadap kemiskinan. Perlindungan sosial yang efektif dapat membantu mengurangi angka kemiskinan.

Kesetaraan gender

Memastikan kesetaraan gender dalam pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi politik dapat meningkatkan akses perempuan terhadap sumber daya dan peluang ekonomi, sehingga mengurangi kemiskinan. Kesetaraan gender berperan penting dalam mengurangi kemiskinan.

Industrialisasi dan diversifikasi ekonomi

Mengembangkan sektor industri dan diversifikasi ekonomi dapat menciptakan lapangan kerja baru dan peluang ekonomi yang lebih luas, yang pada gilirannya dapat mengurangi kemiskinan. Industrialisasi dan diversifikasi ekonomi dapat berkontribusi  menurunkan angka kemiskinan.

Akses ke sumber daya alam

Akses yang adil dan berkelanjutan terhadap sumber daya alam seperti tanah, air, dan energi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bergantung pada sektor pertanian dan sumber daya alam. Akses yang adil terhadap sumber daya alam dapat membantu mengurangi kemiskinan.

Demikianlah beberapa faktor yang bisa memicu penurunan angka kemiskinan di sebuah wilayah atau negara. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya