RI-Korsel Perdalam Kerja Sama Kesehatan hingga Transformasi Digital

Investasi Korsel yang sudah berjalan industri mobil listrik

RI-Korsel Perdalam Kerja Sama Kesehatan hingga Transformasi Digital
Presiden Jokowi saat bertemu Park Byeong Seug, Ketua Majelis Nasional Republik Korea di BICC, Badung (20/3). (Dok. BPMI Setpres/Laily Rachev)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia dan Korea Selatan akan memperkuat kerja sama di berbagai bidang, mulai dari kesehatan, transformasi digital, keuangan digital hingga kerja sama dalam mengatasi disrupsi pada rantai pasok global. 

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo saat bertemu  Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Park Byeong Seug di Bali, Minggu (20/3).

Jokowi menyampaikan, salah satu komitmen investasi Korea Selatan yang sudah berjalan adalah industri mobil listrik dan ekosistemnya.

“Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5, menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel,” ujarnya.

Ia pun berterima kasih atas dukungan Korea Selatan pada presidensi Indonesia di forum G20.

“Sehingga forum Parlemen-20 (P-20) juga dapat memberikan dukungan terhadap tiga prioritas presidensi Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan dunia, transisi energi, dan transformasi digital,” ucapnya.

Korsel siap dorong negara maju dukung negara berkembang

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung. (ANTARAFOTO/Aprilio Akbar)

Sebelumnya, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Park Tae-Sung, mengatakan Korsel siap mendorong negara-negara maju di G20 untuk membantu berbagai negara berkembang menghadapi tiga isu prioritas yang diusung Indonesia dalam presidensi G20 ini.

Melansir Antara (20/3), Park menyampaikan bahwa negara maju dapat membantu negara berkembang delam mengatasi pandemi Covid-19, mendorong percepatan ekonomi hijau, dan mengatasi ketimpangan digital.

Ia berharap, presidensi Indonesia di G20 dapat membuahkan hasil nyata dengan dampak yang bermakna dan berkelanjutan.

Korsel siap dukung isu transformasi digital

Bendera Korea Selatan. (Pixabay/chickenonline)

Park mengatakan bahwa salah satu isu penting yang bisa didukung oleh Korea Selatan dalam menjembatani kepentingan negara maju dan negara berkembang adalah masalah transformasi digital.

Menurutnya, transformasi digital adalah proses menuju dan membangun sebuah inovasi ekonomi yang berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi. “Ada beberapa yang dapat mendorong dalam mewujudkan transformasi digital, yaitu sejtor artificial intelligence (AI), big data, 5G, dan industri 4.0,” ujar Park.

Negara-negara G20, kata Park, harus memperhatikan pihak-pihak yang terisolasi akibat ketimpangan digital. Hal ini adalah salah satu pokok penting dalam proses transformasi digital yang dirioritaskan dalam presidensi Indonesia di G20.

Inklusivitas sistem dalam transformasi digital

Ilustrasi ekonomi digital. (Pixabay/Geralt)

Dalam pembahasan isu transformasi digital di forum G20, Park mengatakan diperlukan sistem inklusivitas digital yang baik dan kokoh untuk mengatasi persoalan pengangguran atau penciptaan lapangan kerja. Hal ini juga dapat menangangi masalah yang dihadapi usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta kelompok rentan.

Untuk itu, pemerintah Korea Selatan menegaskan kesiapannya mendukung presidensi G20 Indonesia tahun ini. “Korea Selatan adalah negara maju di bidang transformasi digital. Kami bisa berbagi pengalaman kami dengan negara-negara yang membutuhkan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama,” ucapnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan