Pemerintah Tetapkan Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2022, Cek Tanggalnya

Kebijakan cuti bersama akan dirinci lewat keputusan bersama.

Pemerintah Tetapkan Jadwal Cuti Bersama Lebaran 2022, Cek Tanggalnya
Presiden Jokowi memimpin Ratas mengenai Persiapan Menghadapi Idulfitri 1443 H/2022 M, Rabu (6/4), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (Dok. Setkab)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah telah menetapkan periode libur nasional hari raya Idulfitri 1443 Hijriah pada 2 dan 3 Mei 2022. Selain itu, pemerintah menetapkan jadwal cuti bersama Lebaran pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022.

“Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui Keputusan Bersama menteri-menteri terkait. Cuti bersama ini dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan orang tua, dengan keluarga, dan handai taulan di kampung halaman,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan pers, Rabu (6/4).

Jokowi meminta masyarakat tidak lengah selama musim libur lebaran di tengah situasi  pandemi belum usai. “Kita semua harus selalu waspada, bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” ucapnya.

Jumlah pemudik Lebaran capai 85 juta orang

Penumpang kereta api argo parahyangan tiba di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/3/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Jokowi  memperkirakan jumlah pemudik Lebaran 2022 mencapai 85 juta orang. Dari jumlah tersebut, pemudik dari wilayah Jabodetabek diprediksi 14 juta orang, yang mana 47 persen di antaranya menggunakan kendaraan pribadi.

"Pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman,” ucapnya.

Persiapan mudik harus ekstra

Ilustrasi : Mudik Lebaran 2022 telah dibolehkan oleh pemerintah. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Presiden meminta para menteri melakukan persiapan ekstra dalam menghadapi arus mudik tahun ini karena keinginan masyarakat untuk mudik pada tahun ini sangat tinggi.

Secara khusus, Jokowi telah menginstruksikan Polri dibantu TNI dan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan persiapan mudik agar bisa berlangsung dengan baik.

“Jangan sampai keliru mempersiapkan jalur mudik yang baik, dan bisa meminimalisir kemacetan dan penumpukan arus mudik maupun arus balik nantinya. Harus mulai dihitung betul. Ini bisa, kalau yang saya tangkap di bawah, ini semuanya ini mau mudik semua. Jadi, persiapannya juga harus ekstra,” ujarnya pada Sidang Kabinet Paripurna (5/4).

Kebijakan yang menempatkan empati kepada rakyat

Sidang Kabinet Paripurna, Selasa (5/4). (dok. Setpres)

Berkaitan dengan Idulfitri, Presiden mengingatkan para menterinya di kabinet untuk selalu menempatkan empati pada rakyat dalam setiap pengambilan kebijakan. “Sikap-sikap kita, kebijakan-kebijakan kita, pernyataan-pernyataan kita harus memiliki sense of crisis, harus sensitif terhadap kesulitan-kesulitan rakyat,” katanya.

Pemerintah perlu fokus pada hal ini, mengingat kondisi geopolitik dalam konflik Rusia-Ukraina dapat menimbulkan gejolak harga komoditas global, dan Indonesia bisa terkena dampaknya.

Angka inflasi di berbagai negara seperti di Amerika Serikat yang mencapai 7,9 persen, Uni Eropa 7,5 persen, hingga Turki di angka 54 persen, turut memberikan dampak lonjakan harga energi, termasuk bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan di dalam negeri.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi