Rekomendasi Kota yang Jadi Destinasi Liburan Imlek Menarik

Kota-kota ini memiliki rangkaian acara Imlek yang unik.

Rekomendasi Kota yang Jadi Destinasi Liburan Imlek Menarik
Naga kayu. (Pixabay/Sandy Müller)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa Liburan Tahun Baru Imlek 2024 hampir tiba. Bukan hanya masyarakat keturunan Cina saja yang merayakan, masyarakat umum pun menikmati keceriaan dan semarak dari salah satu hari besar nasional ini, salah satunya dengan berkunjung ke berbagai destinasi kota unik dan menarik.

Sejumlah daerah di Indonesia pun seakan berlomba menggelar perayaan Tahun Baru Imlek dengan ciri khasnya masing-masing, untuk menarik para wisatawan datang berkunjung. Dengan demikian, perekonomian daerah bisa meningkat dan produk ekonomi kreatif lokal pun bisa dipromosikan kepada para wisatawan.

Oleh karena itu, mwnjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2024, sebaiknya Anda mulai mengatur waktu dan tujuan untuk berkunjung ke daerah yang memiliki tradisi unik. Menukil dari laman resmi Kemenparekraf, berikut ini beberapa destinasi menarik untuk dikunjungi selama musim liburan Tahun Baru Imlek 2024.

Singkawang

Kemeriahan Imlek di Singkawang. (dok. kemenparekraf)

Salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan perayaan Tahun Baru Imlek adalah Singkawang, Kalimantan Barat. Kota ini dihuni oleh etnis keturunan Cina yang cukup mayoritas. Maka tak heran jika Kota Singkawang kerap dijuluki sebagai Kota Seribu Kelenteng, yang selalu ramai saat Tahun Baru Imlek.

Dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, Kota Singkawang selalu menggelar festival-festival budaya dengan sangat meriah.

Acara yang dapat disaksikan, mulai dari pawai lampion, pentas kesenian budaya Cina, kampung Cina, ritual cuci jalan, hingga parade Tatung–yang paling menarik dan ditunggu–yang memperlihatkan kesaktiannya saat ‘dirasuki’ roh leluhur.

Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang. (semarangkota.go.id)

Bukan hanya di Kalaimantan, perayaan Tahun Baru Imlek juga cukup ramai di beberapa kota di Pulau Jawa, salah satunya adalah Semarang, Jawa Tengah.

Setiap tahunnya, perayaan Imlek di Semarang tersebar di beberapa titik, mulai dari klenteng Sam Poo Kong, hingga Pasar Imlek Semawis.

Para 2024, klenteng Sam Poo Kong kembali menggelar festival Imlek yang akan berlangsung pada 7-11 Februari 2024. Adapun rangkaian acara yang akan ditampilkan, antara lain atraksi barongsai, pertunjukan musik dan tari, serta bazaar produk ekonomi kreatif lokal.

Rangkaian perayaan Imlek 2024 di Pasar Semawis, yang berpusat di Gang Baru dan Gang Warung juga menarik untuk disaksikan. Wilayah tersebut akan dihiasi pernak-pernik khas Imlek, jajanan kuliner khas Semarang, hingga pagelaran Wayang Potehi.

Solo

Perayaan Grebeg Sudiro di Solo. (dok. Kemenparekraf)

Selain Semarang, kota lain di Jawa Tengah yang menarik dijadikan destinasi Tahun Baru Imlek 2024 adalah Solo. Pusat perayaan Imlek di kota ini terletak di sekitar Pasar Gede, yang memang berdekatan engan klenteng Tien Kok Sie.

Untuk Tahun Baru Imlek 2024, rencananya Kota Solo akan menggelar festival selama satu bulan penuh, mulai 26 Januari-25 Februari 2024. Acara yang terangkai pun cukup beragam, mulai dari pesta lampion di sekitar Pasar Gede, ritual Pao Oen, Grebeg Sudiro, dan ditutup dengan festival Cap Go Meh.

Palembang

Pulau Kemaro, Palembang. (IDNTImes/Istimewa)

Beralih ke Pulau Sumatra, kota yang cukup menarik dikunjungi di masa Tahun Baru Imlek 2024 adalah Palembang, Sumatra Selatan. Perayaan Imlek di Palembang digelar di Pulau Kemaro yang berada di tengah-tengah Sungai Musi, yang jadi lokasi dari Pagoda Hok Ceng Bio dan Klenteng Hok Tjing Rio.

Puncak perayaan Imlek di Pulau Kemaro biasanya digelar saat Cap Go Meh–15 hari setelah tahun baru Imlek–dengan menggelar pertunjukan barongsai, drama tradisional Tiongkok, Wayang Potehi, pertunjukan alat musik tradisional khas Tiongkok, sampai wisata kuliner.

Selatpanjang

Tradisi Cian Cui di Selatpanjang, Riau. (ANTARA FOTO/ Rahmat Santoso)

Kota lain di pulau Sumatra yang kental dengan budaya etnis Cina adalah Kota Selatpanjang, Riau. Menjelang perayaan Tahun Baru setiap sudut kota akan dihiasi ornamen warna-warni khas imlek. Menariknya, di Selatpanjang juga ada tradisi Cian Cui atau tradisi perang air, di mana para warga akan berkeliling dengan becak motor sambil menembakkan pistol air pada orang di sekitarnya.

Jakarta

potret gapura Pantjoran PIK (instagram.com/pantjoranpik)

Kota terakhir yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata di masa liburan Tahun Baru Imlek adalah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Ada banyak pusat perayaan Imlek di Jakarta, di antaranya kawasan Pecenongan, Petak Sembilan Glodok, Taman Budaya Tionghoa (TMII), Old Shanghai (Kelapa Gading), serta kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Di berbagai destinasi ini, Anda bisa menyaksikan banyak sekali kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek, mulai dari hiasan ornament khas Imlek, acara-acara seperti atraksi Barongsai, sampai gerai-gerai yang menjajakan berbagai jenis kuliner khas Tahun Baru Imlek.

Demikianlah beberapa kota yang bisa Anda kunjungi di masa liburan Tahun Baru Imlek 2024. Gong Xi Fa Cai!

Related Topics

ImlekLiburan

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya